BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

(complicated) single di usia 30-an

2456719

Comments

  • @young_dentist dikau tidak sendirian...
  • Hey aLL... Case tersebut jg persis seperti yg saya alami. Mungkin bebannya lebih ringan saat kita sudah tdk ada orang tua. Tp kalau kedua org tua mash ada (sprt saya), rasanya jauh lebih berat. Mau pulang kampung buat nengokin beliau pun, rasanya takut... Meski rasa kangen ini besar banget. Di usia saya yg 29 thun, pekerjaan sudah ada, meski mungkin blm bisa dibilang sukses.

    Bahkan... Bulan depan, akan ada pertemuan keluarga besar... HufTtt... Pengen nangis rasanya!!! Akhirnya, alasan utk karir dan ingin kuliah lagi, jd andalan... Tp lama2 alasan tersebut akan terasa sangat 'klise'

    Meski berat... Tetap semangat yah buat smua.
  • @LastBreath dan alasan mau-lanjut-kuliah-lagi pun akan kandas dgn jawaban: kan bisa sambil berkeluarga kuliahnya.. :)

    Smangat Mas buat pertemuan keluarga besarnya.
  • Saya juga udah 30, ditanya nikah kapan?
    Udah capek ditanyain... akhirnya ortu ngenalin dengan cewek. Ortu gak maksa, entahlah kenapa saya ringan mengatakan iya. Lamaran sudah dilaksanakan. Tinggal tunggu nikahannya aja.
    Doakan saja biar lancar. Ada teman lesbi bilang ma saya. Kalo cuma buat status ngapain saya nikah dengan org lain. Mending nikah ma dia aja.
    Saya cuma bilang. Ini yg saya inginkan.. punya keluarga sendiri..


  • @anohito : aminnn... Semoga bisa tetap semangat :)

    @rajatega : terkadang saya jg terpikir, nunggu utk dijodohin aja
  • @lastbreath saya memang tdk ada ortu lagi, tapi kakak2 saya sangat care begitu juga dengan sodara ibu/bapak.
    semua sepupu yg seumuran sudah menikah. yup betul banget pertemuan keluarga itu yg selalu saya hindari sebab sudah pasti pertanyaan itu akan ditanyakan.




  • @young_dentist : pengen bgt tdk hadir di acara tersebut. Tp sprt nya tdk mungkin, ortu saya yg sudah 2 tahun tdk ketemu bakal dateng k jkt (mereka tinggal di jawa tengah). Tp ketakutan ini besar banget, bahkan sampai sulit tidur kalau memikirkannya.

    Sempat terpikir utk come out, tp ketakutan akan akibat nya.... Kalian tau sendiri lah. Krn orang tua saya, dan keluarga besar hampir smua masih berfikir konvensional. Apa lagi bapak adalah guru agama. How pity i am guys...
  • aku punya 3 orang teman dekat yg akhirnya mereka come out
    teman pertama : (ortu sudah gak ada) come out ke abang dan kakaknya yg cewek, ---> ditonjok sama abangnya...tapi lama kelamaan bisa menerima

    teman kedua : come out sama ibunya (bapaknya sudah meninggal).... tebak guys. ibunya bilang " mama yg ngelahirin kamu, sejak kamu remaja mama sudah ada perasaan seperti itu...ternyata firasat seorang ibu itu memang benar... bagaimana pun kamu anakku, kamu darah dagingku, ya sudah lah....

    teman ketiga : come out sama ortunya, bahkan sekarang BF nya dikenalin, keluarganya menerima dengan tangan terbuka.
    tinggal bareng sama BF nya sudah skeitar 3 tahunan.

    tepi semuanya yg diatas sudah mapan ya...

    kalau gw ??? nggak deh... gw gak sanggup come out, kakak gw yg paling atas (yg paling dekat sama gw) memiliki riwayat penyakit jantung dan hypertensi..aduh gak lah.. bisa gak tidur mereka...heheheeh

    yah saat ini aku jalani aja apa yg ada..
    kalau toh ada yg nanya, aku jawab 'doakan aja"
    toh yg namanya doa kan baik..siapa tahu di dengar Tuhan.
  • beberapa tahun kemarin sempat berpikiran pasti bakal menikah. gay relationship ga bakal bertahan lama. toh cewe juga makhluk yg indah
    tp setelah beberapa kali pacaran dan stuck pada pacar terakhir, pikiran mulai berubah. ini bukan sekedar masalah being single or get married, tp lebih ke kebahagiaan siapa yg kamu pilih
    seperti kata pacarku yg terakhir. kamu hidup ga bisa bahagiain semua orang. and that's the fact

    jadi pertanyaanny kebahagiaan siapa yg abang pilih?
    akhir kata semangat bang >:D<
  • Bro-bro mau CO a tdk orang sekitar bisa ngerasa, menduga, dan ngeliat gelagat kok, sooo gak penting amat itu, nyantai aja.

    Buat saja pilihan : mau kawin ama ce, mau hidup sendiri or sama partner co...itu saja alternatipnya

    Begitu sudah milih jalani dgn konsekuen, hadapi resikonya dan be happy...it is your own choice..

    Jalani saja dengan berbuat baik dan menolong, positive thinking, kerja yang bener, happy, smile, pokoke yg positive lah..

    So please dont be complicated or make your self complicated.


  • @bobby_boy dan @goyescas thx advice nya ya bro....
  • membaca komen2 diatas kayaknya apa yang kita hadapi hampir sama, yaitu pertanyaan kapan nikah, apalagi usia sudah tidak muda lagi. saya sendiri sudah sudah 30+, dan pettanyaan kapan menikah sudah ada sejak saya usia 25 tahun, ketika kakek saya masih hidup.

    dulu ada beberapa alasan yang selalu saya sampaikan misalnya masih mau ambil kuliah lagi, sampai akhirnya paman bilang sudahlah jangan sekolah melulu, sekarang saatnya menikah.

    kalau saat ini jawaban yang saya sampaikan ketika menjawab kapan menikah adalah saya harus menikahkan adik dulu, biar ketika saya menikah tidak ada beban, maklum sy sebagai anak cowok paling tua mempunyai kewajiban utk menikahkan adik2 saya yg cowok juga, sementara kakak2 saya semuanya perempuan.

    retetan pertanyaan kapan menikah itu juga selalu datang ketika lebaran, baik dari keluarga maupun tetangga, hingga akhirnya lebaran bukan saat2 yang paling ditunggu lagi, karena ternyata jenuh juga menghadapi lingkungan.

  • Thread yang menarik. Aku lebih suka TS buat nikah aja secepat mungkin. Hidup ini cair. Semesta mengalir. Dia akan negur siapapun yang ga ikutin tempo alirannya. Kamu akan ditegur suatu saat nanti. Bakal ada tanda-tanda dari Tuhan, petunjuk. Dan kamu akan membaca itu sebagai firasat, intuisi. Mana yang lebih baik? Keputusan apa yang bakal kamu ambil alih? Satu yang kupercaya, konsep baik-buruk itu harus segera ditinggalkan. Kamu, aku, perlu cara berpikir yang revolusioner. Ga ada yang "lebih baik", apalagi yang namanya "lebih buruk". Kalau menikah dirasa lebih baik, akan selalu ada keburukan di dalamnya. Jika dipikir lebih buruk, selalu banyak kebaikan di dalam sana.
    Aku yakin, kamu bakal menikah di masa depan. Punya anak bungsu dan pangais yang rupawan, cerdas, saleh. Istri yang pas sebagai sosok ibu bagi anak-anakmu. Terlepas dari kamu ragu akan calon pengantinmu, tapi kamu akan bahagia. Percayalah, seperti aku mempercayainya. Cepat atau lambat. Tapi, tidakkah kamu mau mengalami kebahagiaan itu cepat-cepat?
  • Ada teman yg sudah menikah umur 39, kasih beberapa saran (moga gak lupa). Intinya penerimaan diri sebelum memutuskan menikah atau nggak. Itu yg paling penting.
  • edited January 2014
    menikah krg lebih sama kyk milih jurusan kuliah. ada org yg udah yakin mau ambil jurusan nya demi mengejar cita2nya, ada yg karena saran/permintaan ortu atau pengaruh org disekelilingnya, dan ada jg yg bingung mo ambil jurusan apa tapi pd akhirnya milih yang mungkin berguna bagi dia di masa yg akan datang atau kemungkinan jurusan yg kemungkinan dia merasa paling ahli/mudah dibanding jurusan lain. pada akhirnya ketika udh nyebur, mending basah sekalian lalu sekalian renang aja trs belajar ngapung lalu belajar gaya2 dalam berenang.

    kata temen gw menikah itu selain butuh pasangan, butuh usaha juga. usaha nyari pasangan, usaha saling mengenal, usaha saling menerima. dan sedikit paksaan/dorongan ntah dr diri sendiri atau org sekitar. krn bisa jadi lo berpendapat kl lo blm siap, dan berkembang jadi ga akan pernah siap pd akhirnya. ya hrs sedikit didorong/dipaksa, spy kl udh nyebur lsg belajar berenang.

    krg lebih situasi gw sama ky TS. pd akhirnya gw berusaha mendorong diri gw buat bljr berenang tp blm brani nyebur jg smp skrg.
    dan sambil selalu berdoa pas gw memilih jurusan gw ga milih untuk yg double degree. hehehe
Sign In or Register to comment.