BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Arch's note

1246789

Comments

  • There will come a day when you can sleep all night long...

    and that’s today .! fuck yeah...
    akhir nya gw ngelewatin satu lagi siklus maya dimana gw ngerjain sesuatu yang sebenernya gw masih ragu, apakah ini jalan gw? Sampe sekarang gw masih mikir, apa 2 tahun lagi setelah gw di wisuda dan lulus dari sini gw bisa jadi seorang arsitek, atau Cuma lulusan sekolah arsitek yang kerja di bidang lain. Gw mau berkarya dengan idealisme gw, tapi apa gw bisa hidup dengan itu?

    Tapi ya sudahlah, bakal panjang kalau bahas itu, lagian ini hari bahagia..! gw sama irwan sepakat kalau hari ini itu hari lebaran kita. Hari dimana kita kembali suci dari tugas tugas PA yang mengotori to –do list gw, ckkckc tadi nya gw mau pake baju gamis ke studio, biar bener bener kerasa lebarannya gitu. Ok jadi tadi itu pengumpulan tugas PA3 gw, dan walaupun udah dicicil tetep aja gw tetep ngerasa ada aja yang kurang dari tugas gw. Itu alesannya gw lama ga nulis, karena sekali nulis gw butuh seenggak nya 1 jam, dan beberapa hari kebelakang 1 jam itu bisa sangat berharga buat di pake istirahat.

    Jadi tugas gw gimana? Lumayan lah, produk yang diminta lengkap walau eksekusi cat air nya gatot ( siall gw benci cat air). Temen temen sekelompok gw juga rata rata beres karena kerjanya emang rata rata cepet dan waktu opzet tugas sekarang lumayan lama. Dan tadi itu ada awkward moment pas pak asdos gatel pengen nyoba set cat air gw di gambar perspektif gw dan hasil nya ternyata ga lebih baik dari gw... lucu liat dia kaya yang bersalah udah ngerusak gambar perspektif gw.

    Ck. Kepala mulai pusing, kayanya efek paracetamol udah mulai kerasa, ini nih yang jelek, masa tiap gw beres opzet harus tepar. Sebenernya udah mulai kerasa gejalanya dari kemaren, pedahal metode gadang nya udha gw rubah, tapi tetep aja rusak ini badan.

    Pedahal gw lagi semangat nulis, tapi kayanya harus istirahat dulu, waktunya tidur tampan..! ayo liat jam berapa besok gw bangun.

    Sampai ketemu kapan kapan gusma di masa depan
  • Libur telah tiba.... libur telah tiba...! huraay..! huraay ..!

    Secara teknis bukan beneran libur, tapi yang penting gw bebas dari tugas PA untuk sementara yeahh..
    Sekarang badan gw udah baikan , kayanya kemaren emang Cuma kecapean, tidur semaleman badan gw udah seger lagi, ckck bener bener kembali fitrah.

    Jadi kegiatan hari ini Cuma kuliah ek-ban, terus masuk kelas pra mod, tapi Cuma masuk kelas, ga belajar karena dosen nya ga ada, ini ke 4 kali nya kuliah pra mod ga ada, binggung gw nanti uts mau isi apaan. Oh iya apa gw udah bilang kalau kuliah pra mod kelas A sama B digabung? Ya terus?ga penting juga hhahaha, tapi FYI Gw itu kelas B, si fajri kelas A, jadi ya gitu..
    Gw sih biasa aja, ga kesenengan kok,atau sumringah, atau melayang layang atau apalah, beneran biasa aja... tapi bisa liat dia di kondisi kita yang sekarang itu sesuatu lah.. ya walaupun sama sekali ga ada obrolan kaya dulu lagi.

    Ok cukup tentang fajri, trit ini tentang gw, jadi isi nya harus gw banget.oh iya Dan tentang arsitektur juga, hampir lupa sama tujuan awal trit ini ...

    Jadi beres kuliah gw ke perpus cari buku buku konstruksi baja buat tugas SK, gw ketemu artur disana. Jarang jarang gw ketemu artur di perpus, biasanya peredaran dia Cuma di gedung arsi, kalau engga base tempat biasanya anak arsi makan. Gw nyapa dia, dia nyapa juga, udah itu aja ga ada obrolan lebih lanjut. Liat dia baca buku sendiri di perpus ga tau kenapa kaya gw ngeliat diri gw sendiri, si misterius gusma.... itu yang beberapa temen gw bilang kalau ketemu di jalan. Gw anggap itu sebagai pujian karena gw merasa panggilan itu keren, tapi gw sepenuhnya sadar itu tuh jelek. Karena dulu pas ospek gw sering di doktrin kalau nanti udah kerja percuma lu punya skill kalau ga punya network , makanya sampe sekarang gw takut itu terjadi sama gw, lulus tepat waktu tapi nganggur... tidakkkkk..

    Gw sempet curhat sama si abdul tentang penyakit males-bersosialisi gw ini. tiap gw curhat sebenernya ga pernah ada solusi, isi nya itu itu aja masih berputar di alesan kenapa gw lebih suka kemana mana sendiri. Dan alesan gw salalu “ngerjain tugas”, well mungkin itu ga sepenuh nya salah tapi ada alasan lain juga.
    Kalau ada yang bilang orang kaya kita itu cenderung menutup diri mungkin ada bener nya. Di kasus gw sih gitu, alasannya? Untuk apa gw ber susah susah mengakrabkan diri dengan lingkungan gw kalau suatu saat mereka tau keadaan gw mereka bakal menjauh. Dari sana gw mulai nge biasa in ngerjain sesuatu sendiri tanpa tergantung orang lain, itu lah cara gw hidup, itulah cara orang seperti kita seharusnya hidup menurut gw. Dari pada harus mengalah sama pikiran sempit orang orang nanti, gw lebih memilih hidup berdiri dengan kaki gw sendiri, ngerjain sesuatu dengan tangan gw sendiri dan berfikir dengan kepala gw sendiri. Gw bilang gini bukan berarti gw berencana come out ke lingkungan gw dan mendeklarasikan ke seluruh dunia kalau gw itu sakit,hell no..! buat apaan juga? Ga ada untung nya. Tapi suatu saat mereka pasti sadar juga, selintingan walaupun Cuma bercanda udah sering gw denger kalau lagi kumpul keluarga besar, “ gusma mana pacar nya..?” bagi gw itu pertanyaan retoris, mau gw punya pacar atau enggak apa itu urusan kalian? Peduli apa kalian? Jaah mendadak emosi.

    Disana lah gw mulai ngejauhin diri dari lingkungan, sekedar kenal sama orang cukup bagi gw. Temen atau sahabat? Kaya nya yang kaya gitu ga ada. Kalau di buat ilustrasi, gw ini berjalan sendiri dengan sebuah diagram lingkaran berlapis lapis yang ngikutin gw. Gw berjalan kembali ke tempat asal kita, manusia. Lingkaran di sekeliling gw itu semacam pelindung, dimana setiap orang yang berusaha ngedektin gw mereka harus menembus semua lapisan yang ada, dan gw ga pernah ngebiarin itu. Gw ga pernah ngebiarin orang terlalu dekat sama gw dan ngehancurin pelindung gw ini. di kehidupan nyata itu yang gw lakuin, mereka cukup kenal gw di kampus, lagian gw lebih seneng dikenal karena kemampuan gw bukan karena siapa gw sebenernya.

    Cukup tentang celotehan yang agak serius..

    Sampai mana tadi? Oh iya beres dari perpus gw balik ke kost an, beresin kamar yang udah kaya tempat foto copy an, kertas dimana mana. Yang ga perlu gw buang, kertas yang masih bagus gw simpen, itung itung hemat. Oh iya tentang berhemat, itu salah satu resolusi gw bulan ini. minggu kemaren itu gw agak boros, beli kertas, cat air, marker dll. Ga tau kenapa setiap ke toko buku jiwa belanja gw keluar, rasanya mau beli semua yang ada pedahal belum tentu kepake, contoh nya marker yang gw beli tapi kemaren pas opzet ga terlalu guna.

    Jadi beres bersih bersih gw jumatan, terus beli cireng, tau cireng ga? Itu loh jajanan dari aci yang di goreng kalau kata gw rasanya kaya karet di kasih bumbu,kenyel kenyel ga jelas, tapi berhubung gw lagi laper jadi gw makan aja, abis lagi..

    Terus sisa hari ini? sampe gw nulis ini gw Cuma males males an tidur sambil browsing dari hp. Ck gw itu kalau ga ada tugas bisa sangat tidak produktif, 4 site yang sering gw buka:
    kaskus forum jkt48, iya gw suka adek adek idol ini, tapi ga sampe freak. Terakhir gw cek alfa tadi pas beli nasi goreng cd flying get belum ada.
    BF, hahahha markas besar ini mah, sebenernya gw banyak an SR, paling sering baca baca room, style, sama story sama ngintip boyz gallery tapi ga komen
    Detik forum, yang suka maen ke deef ngerti lah
    FB, sekedar ngecek stat orang, ga terlalu penting sih


    Sekian catatan hari ini, mungkin beberapa hari ke depan gw bakal sering nyepam dengan tulsian gw yang ga jelas isi nya ini, tolong di wajari in karena status gw saat ini pengangguran nunggu tugas ..

    Ok sampai ketemu lagi gusma di masa depan
  • We were once a friend right? so how did we ... End up this way..
  • Create like a god, command as a king, and work as a slave



    Baru bangun tidur siang, ckkck udah mulai ilang orientasi waktu. Ketika malam udah jadi siang dan siang .... ya tetep siang..., tidur tengah malem dan bangun pagi pagi buta buat ngerjain tugas.
    Ya walaupun beberapa hari kemaren udah sempet ngerasaain tidur 8 jam...
    Sekarang harus balik lagi ke kenyataan...
    Tugas tugas tugas...
    Senin depan udah uts, ga kerasa udah mau tingkat 3. Udah setengah jalan disini. Harus cepet cepet lulus biat ga repotin orang tua lagi. uts sekarang agak ga enak, kalau semester semester sebulumnya uts itu biasanya 2 minggu, itu juga jadwal nya seling per 2 hari, jadi bisa santai. Kalau sekarang Cuma 1 minggu dan itu tuh full tiap hari ada yang di uts in, sigh..

    Oh iya hasil tugas PA yang rumah profesi-cafe udah keluar. Hasil nya lumayan buat jadi mood booster beberapa hari ini, tugas yang sekarang harus lebih baik. Asdos nya ganti kalau kemarin asdos nya masih muda, akhir 20 kayanya, yang nekat nyoba cat air itu loh. Tapi sebenernya Orang nya baik dan ga terlalu ngekang sama masalah struktur, jadi bisa lebih fokus ke design. Dia banyak ngasih masukan, yang gw inget sih dia bilang kalau harusnya kita ( kelompok gw ) bisa lebih nikmatin masa kuliah, kalau udah kerja, dan kerjaan ga beres bukan Cuma masalah nilai D yang di dapet, tapi “ caci maki” katanya.

    Ya, gw sih udah mulai nikmatin siklus ini, gw jadi inget obrolan gw sama adi, temennya si irwan. Dia itu angkatan tua sebenernya, 2010. Dulu sempet masuk sipil univ lain, ya univ yang cenderung lebih di kenal dari pada univ gw ini lah. tapi akhirnya pindah kesini karena katanya lebih suka gambar dari pada ngitung. Tapi sekarang kuliah nya ga terlalu lancar, tahun lalu di cus kuliah PA1 jadi sekarang ga bisa ambil PA3 bareng angkatanya.
    Waktu itu gw lagi bikin draft PA, tiba tiba dia masuk kamar gw, awalnya sih gosip gosip cengcengin gw gitu, tapi ujung ujung nya curhat.
    Adi: udah sampe mana gus?
    Gw: ini, ini, ini, itu. Sama ini belum di revisi
    Adi: oh.. ( sambil liat liat gambar gw )
    Adi: lu enak ya gus..
    Gw: apaan?
    Adi: udah niat
    Gw: apanya?
    Adi: nugas nya, kayak ga ada beban, kalau gw masih males males an
    Gw: ga juga, kadang kadang gw juga males
    Adi: tapi mening lah daripada gw. Tuh gambar nya niat amat.
    Gw: ( mulai ilang fokus nge gambar ) gw juga awalnya ngerasa salah masuk ini jurusan, gw sama sekali ga ada modal kesini, modal nekat doang. Iya gw suka ngegambar, tapi itu juga anime, bukan gambar teknik gini, mana ada dulu pas sma gw iseng iseng gambar gambar denah, tampak, potongan...
    Adi: tapi sekarang udah suka?
    Gw: lumayan lah, gw ga mau setengah setengah kalau udah milih sesuatu.
    Adi: trus kenapa niat amat bikin desain nya?
    Gw: (gw ga tau ekspresi gw gimana waktu itu, tapi gw bener bener jawab dari hati paling dalem ) ngegambar itu asik di, tapi ciptain sesuatu itu lebih dari itu. Lu ngegambar Cuma bikin benda 2d, yang mungkin ga pernah bisa lu sentuh, tapi kalau jadi arsitek, lu bisa ciptain sesuatu yang suatu saat bisa lu liat langsung, bisa lu sentuh, bisa lu rasakan. Perasaan luar biasa itu biasanya muncul tiap gw mau design sesuatu, ya mungkin masih jauh.. tapi gw selalu mikir kalau misal nya suatu saat design gw ini bakal di bangun, itu bakal jadi sesuatu berharga buat gw.
    ( gw berhenti sebentar, kalau udah di pancing gini gw jadi suka ngasih semacam petuah...azzzz)
    Gw juga tau design gw masih acak acak an, tapi tiap gw nge design gw mau nya selalu yang terbaik buat desgin gw, karena ini “ciptaan” gw, jadi ini harus keren lah, kasar nya gitu.
    Adi: ( diem sebentar) tapi masalahnya gw masih suka males males an, harus di rukiyah dulu gitu.
    Gw: lu coba aja nikmatin dulu, kalau udah dapet feel nya bakal lebih ringan nugas nya
    Adi: ...............
    Gw : jangan nangis woy.!
    Adi: .. jadi gimana?
    Gw: apaan?
    Adi: si saras itu... udah lah jangan galau terus..
    Gw: anjir mulai gosip lagi..
    Adi: tapi lu suka kan.? Cie..
    Gw: ( si saras ini temen sekelompok gw pas pa, semacam original team mate gw dari awal kuliah sampe sekarang sekelompok, ga tau dari mana si adi sama si irwan mulai gosipin gw sama dia) iya iya gimana lu aja.
    Adi: tenang gus, nanti gw sama irwan bantu lah.
    Gw: ckck gaya amat bantu gw, tuh bantu diri sendiri dulu aja, sama sama jones gitu hahaha
    Adi: udah lah, ga usah bohongin perasaan sendiri
    Gw: iya iya gimana lu aja, atur atur
    Adi: jadi mau nih?
    Gw: pergi sana, tuh temenin temen lu nge gossip di kamar nya, udah kayak ibu ibu aja..
    Adi: hahahhaha cie saras..

    Itu anak berdua kalau udah gosipin orang parah nya ngalahin ibu ibu komplek, gw sih santai aja kalau Cuma gossip nya di kost an, biarin lah mereka ngobrolin asumsi asumsi liar mereka, toh ga ada yang denger. yang agak kesel itu kalau udah sok sok cengcengin gw di kampus, apalagi pas ada orang nya, fuck lah.
    Minggu minggu kemaren gw di gosipin sama si saras, puncak nya pas si saras jadian sama si sobri. Gw inget pas malem tahun baru ada acara bakar bakar di kampus, si irwan tuh mulut nya udah ga bisa dijaga, gw kan orang nya emang ga terlalu suka ngobrol ga jelas, lebih suka mojok sendiri sambil maen game atau browsingan. Si irwan nyangkanya gw lagi galau in si saras, dan tebak apa? dia ngomong keras keras sampe semua orang disana denger, sok sok an ngehibur gw gitu, anak anak yang lain juga malah ikutan, pup banget lah itu anak.

    Gossip sama si saras beres, sekarang dia gosipin gw sama temen kelompok baru gw si sifa, gw emang sekelas sama dia, jadi wajar lah akrab, dia juga tipe robot kaya gw, bedanya kalau dia bisa full ga tidur semaleman. Anaknya juga lucu kalau lagi ngobrol, sama sama anak kost juga, jadi sering curhat. Sial nya itu dibikin bahan gosip sama si irwan, kebetulan si irwan ini emang dulu sekelompok sama si sifa, jadi gossip sekarang lebih parah..

    Kayaknya emang harus kebiasa sama gosip mereka, apalagi si irwan, kayaknya dia ga bakal cepet cepet pindah kost an. Terakhir di tanya kapan mau pindah kost an, dia malah ngajak beli kulkas.. azzz banget lah. Ngapain juga beli kulkas? Mau jualan es balok di kampus?


    Haaah, udah segitu aja, si anton mau ke kost an minta ajarin flashbang. Gw juga laper mau cari makan dulu. Sampai ketemu kapan kapan gusma di masa depan
  • Gw emang bukan orang yang paling rajin ibadah, malah kadang gw cenderung jadi agnostic. Tapi sekarang denger ada temen yang kena musibah, ya walaupun bukan temen deket. Rasanya aneh. Gw binggung mau berdoa tapi ga tau bakal di denger apa engga..

    ya pokok nya semoga dia baik baik aja
  • Hari ini ada yang berbeda...

    Gw ke kampus pake kemeja...

    Terus apa yang spesial? Fyi gw ini paling males pake yang namanya kemeja, selain panas keliatanya kaku aja. Tapi ga tau kenapa walupun males, tiap pake kemeja gw ngerasa tingkat kegantengan gw bertambah.. (ckckck... ganteng katanya) . mungkin karena pangling aja, jarang jarang kan gw rapih. Biasanya pake kemeja kalau mau presentasi PA doang, dan itu tuh se semester Cuma sekali. Mungkin karena dasar nya gw orang nya cuek, ga sih... ga cuek banget juga, dulu.... dulu.... banget waktu jaman sma, gw masih sempet rapih rapih in penampilan. Tapi sekarang gw sadar, gw masih hidup tuh walaupun ga mandi ke kampus, atau pake baju yang sama berhari hari. Tuntutan tugas sebenernya, lagian kalau mandi habis gadang biasanya gw sakit, jadi mendingan ga mandi sekalian, udah ganteng dari sana nya ini hahahah.

    Ok, balik ke per kemeja an. Jadi ceritanya gw hari ini jadi relawan pengawas uts, bukan relawan juga sebenernya soal nya dapet gaji, kecil sih tapi lumayan buat jajan. Nah namanya pengawas kan ga mungkin kucel kayak mahasiswa yang di awasin nya, jadi ya mau ga mau gw harus agak rapihan sedikit. Ini pertama kali nya gw jadi pengawas, jadi masih agak lemot pas ngawas, ga tau harus ngapain aja. Gw ngawas di jurusan t.sipil, ckck tau kan sipil kaya gimana? Isinya hampir cwo semua, masih mening sih dari pada mesin. Kelas yang gw awas in kecil, Cuma ada 12 orang. Jadi gw bisa puas puas in liat liat anak baru nya hahahha. Ada yang lumayan beberapa tapi gw lupa namanya, ngapain juga gw inget inget, ga bakal ketemu lagi ini.

    Ngawas Cuma 2 jam, habis itu balik ke gd. Arsi. Diem di selasar sambil ngadem makan es krim. Saut saut gw denger temen yang duduk disebelah gw lagi ngobrolin topik yang lagi nge trend belakangan ini di angkatan gw, bukan.... bukan tentang diani yang jadi headline majalah kemaren, oh iya kalau jadi gw mau ngejenguk dia nanti malem.

    jadi mereka lagi ngobrol tentang per maho an, wew..terima kasih pak B, berkat bapak sekarang isu itu naik lagi. Si pak B ini dosen teori arsitek gw, yang orang bandung, khusus nya yang anak arsi di bandung harusnya tau, itu tuh arsitek yang udah berumur tapi masih pake skiny jeans, yang tiap mau bicara benerin poni lempar nya. Bukannya gw benci atau gimana, kita sama kok pak, sama sama suka cwo, tapi percaya sama saya pak, bakal banyak yang lebih respek sama bapak kalau itu mulut di jaga, iya iya... seantero indonesia tau bapak arsitek hebat, tapi koar koar depan mahasiswa dikelas sambil ngasih pernyataan pernyataan offensive ke mahasiswi..? ckkck itu ga bakal bikin bapak kelihatan lebih hebat . jadi inget si saras, 2 minggu lalu dia di bully habis habis an sama pak B ini..

    oh iya kalau ternyata bapak member sini, maaf ya pak.... saya Cuma menyampaikan pikiran beberapa teman saya....

    ok cukup tentang pak skiny jeans, jadi apa yang temen temen gw obrolin tadi? Yah masih seputar ciri ciri Plu secara general. Standar sterotype homo banget lah, yang pake anting sebelah, yang mukanya putih tapi belang sama bagian kulit lainnya, yang emang udah agak klemer klemer mah skip aja...
    sebenernya gw agak kaget denger mereka cukup tau banyak tentang dunia gw, sampe tahu pattaya segala, salah satu malah sampe pernah nonton love of siam...

    ya tapi itu tadi, ciri ciri yang mereka sebut bener bener general, gw aja ikut hahha hihihi pas ngobrolin itu karena emang gw ga ngerasa kaya yang mereka sebut. Mungkin karena yang tadi gw bilang, gw orang nya agak amburadul penampakannya, apalagi kalau lagi opzet... jadi sampe sekarang ga ada yang nanya aneh aneh masahalh orientasi gw, palingan si anto yang kadang kadang bercanda manggil gw homo gara gara sampe sekarang masih nge jomblo, ralat: single.
    Sebenernya gw agak kebantu juga sama mulut ember nya si irwan, kan itu anak hobi gossip in gw sama sembarang cwe yang keliatan Lagi berdua sama gw, jadi gw ga harus repot repot bikin semacam kamuflase.

    Bukannya gw yang straight looks banget, gw Cuma berusaha jadi abege cwo kebanyakan, kalau ada yang ngobrolin kontes kontes nyanyi sama gw, mungkin gw Cuma bengong. Tapi kalau ngobrolin anime anime an dan semua jejepangan kayanya gw bsia ngedadak agak agresif dalam obrolan. mungkin ada yang bakal mikir gw munafik atau ga jadi diri sendiri atau apalah...

    Well actually i am totally being myself... homo ga harus selalu kaya host dasyat itu kan? Prinsip gw sih ga apa apa cwo suka sama cwo asal ga lupa kalau kita terlahir sebagai putra adam, seenggaknya harus bisa jaga wibawa biar orang lain ga ngerendahin, sekalian harus bisa jaga diri dan orang orang disekitar yang kita sayangi. Kalau inget dulu, gw masuk ukm taekowndo salah satu nya karena gw mau bisa ngelindungin si fajri kalau dia kenapa kenapa, iya.... gw mau bisa ngelindungin orang yang berharga buat gw...*fak malah curhat.

    Tapi itu bener bener murni pemikiran gw, mungkin sedikit terdengar nge judge. Tapi gw sama sekali ga ada niat ke situ.

    Cukup catatan gw hari ini, jari gw udah menolak ngetik lebih panjang gara gara udah overheat di pake nyalin catatan fisbang beratus ratus halaman kemaren malem ditambah nulis angka angka ga jelas pas uts nya...

    S*it baru inget flashdisk gw ketinggalan di tempat nge print tadi pagi.
  • “God can only be known through his work”
    Kutipan dari philip johnson , sebenarnya gw juga ga tau philip johnson itu siapa, mungkin arsitek juga, eh.. kalau ga salah dia emang arsitek Cuma gw lupa yang mana tapi yang jelas cukup terkenal. Kutipan itu gw baca waktu ngerjain tugas t.arsitektur tadi subuh. Analogi kutipan tadi bisa di pake buat arsitek juga, tinggal ganti kata “god” jadi “architecht” yang nanti artinya jadi arsitek itu Cuma bisa dikenal dari karyanya. Emang bener juga, kita itu bukan artis yang bisa dengan enak nya bikin sensasi biar dikenal, Cuma lewat karya kita bisa dikenal.

    Oke jadi hari ini hari kedua gw ngawas sekaligus hari terakhir. ternyata ngawas enak juga, nanti uas gw daftar lagi ah. Banyak manfaat gw ngawas 2 hari ini, salah satu nya membuka mata gw kalau ternyata ada berbagai macam orang di kampus gw ini ( Baca: Cuci Mata) Lol. Bersyukur gw ditugasin di sipil, bisa liat liat barang baru. Bukannya gw kegatelan atau gimana, gw kan cwo normal atas ketidak normal an, ckckc paradoks. Wajar aja kan? Kaya cwo lurus yang mata nya kemana kamana pas di mall, atau pas di kolam renang umum, dsb. Oh iya gw kebagian ngawas kelas yang kemaren gw awas, ketemu junior junior yang lumayan kemaren itu, sekarang gw inget namanya tapi males di apa apa in juga. Yang satu muka nya mirip temen smp-sma gw, tipe muka lemot gitu. Yang satu nya lagi kayanya tipe anak gaul bandung, yang ini kemaren kaya nya stress banget ngisi soal nya ga bisa diem duduk nya, tapi tadi lumayan lancar.

    Tadi juga gw uts t. Arsitektur. Ga nyangka juga si pak.B datang, soalnya si adit yang KM kelas T.arsitektur bilang ke gw kalau si pak.B ini ga tau hari ini UTS t.arsitektur. dan kayanya modus nya sama kaya gw, ngecengin mahasiswa...
    Sekarang maennya udah bukan di kelas gw doang lagi, udah seangkatan di screening sama dia. Tadi ada beberapa yang pas uts di tanya tanya, bahkan ada yang sampe ditanyain alamat fb nya...

    Oke skip ngomongin pak.B nanti kena karma, nilai uts gw tiba tiba jelek.

    Jadi berhubung besok uts pra modern yang isi nya sejarah arsitektur dari mulai jaman batu sampe sebelum arsitektur modern gw mau bikin artikel disini tentang periode periode arsitektur, sekalian bikin resume buat ngapalin juga. Gw udah pernah bilang kalau gw suka sejarah kan? Sejarah itu asik, apalagi kalau sejarah tentang sesuatu yang kita suka.

    Lagian ini trit kayanya 80% dari page page yang ada Cuma cerita kegiatan gw sehari hari. Pedahal niat awal nya gw mau berbagi tentang per arsitekturan.

    Jadi kenapa sejarah arsitektur itu menarik? Khususnya bagi yang dari kalangan non-arsitek. Buat yang suka nonton film, mungkin pernah terkagum kagum liat background tempat film itu. Ambil contoh lord of the rings, tau kan lord of the rings? Yang “my preciousss.. my preciousss ..” itu loh. Seting tempat LOTR itu sebenernya bukan fiksi, tapi emang ada. Kalau yang rumah rumah hobit jelas itu ambil dari arsitektur medievel atau lebih dikenal dengan istilah abad pertengahan, kalau abad pertengahan kayanya udah pada tau, abad pertengahan itu identik sama dongeng dongeng jaman dulu kaya robin hood, tangled, shreek sama shingeki no kyojin a.k.a attack on titan ( yang ini mah bukan dongeng..). yang suka nonton spongbob tau kan ada episode dimana si spongbob sama patrick ditendang dari stadion sama kuda dan time leaping ke abad pertengahan. Nah kurang lebih jaman medievel tuh yang kaya gitu, ada naga, penyihir, kastil, dll.

    Cukup tentang abad pertengahan, balik lagi ke LOTR. Kalau emang freak sama film ini pasti udah khatam banget sequel terakhir dimana kota minish tirith diserang sama si saruman dan pasukan gajah nya. Nah kota minash tirith ini sebenernya emang ada, walaupun ga persis kaya diflm nya. Gw lupa bagian mana, tapi dosen gw minggu kemaren sempet bahas tentang minash tirith ( gaul beud tau LOTR, pedahal udah berumur). Tapi jujur gw ga nangkep apa kata dosen gw itu, gw cuman denger minash tirith-minash tirith doang gara gara duduk dibelakang dan kelas nya penuh.

    Tapi selain LOTR, arsitektur pra modern diangkat jadi setting dibanyak film lainnya. Pernah nonton mummy? Nah mesir itu masuk pra modern juga, tapi selain mesir, di film mummy gw lupa yang mana kalau ga salah mummy 2, ada arsitektur mesitopomia, fak susah banget nulis nya. Nanti gw bahas lebih tentang mesitopomia ini.

    Jadi intinya arsitektur pra modern alias arsitektur jaman dulu itu menarik, karena kekuatan dan keindahanya udah terbukti lewat ratusan tahun yang udah dilewati. Taman babylonia, spinx, eiffel, kuil pantheon, familia sagrada, dan banyak bangunan arsitektural lainnya yang sekarang bagi gw tingkat nya bukan sekedar bangunan tapi udah bener bener menjadi suatu karya seni sekaligus saksi bisu dari apa yang pernah terjadi di dunia ini . bukan gw ga suka sama bangunan jaman sekarang, tapi coba bayangin cerita cerita yang ada dibalik setiap pilar di kuil pantheon, atau goresan goresan yang berisi sejarah di colloseum roma, itu tuh sesuatu banget.

    Oke, cukup pemanasan nya. Sekarang gw bener bener on fire banget buat nulis..
  • Arsitektur Cina

    Gw mulai tur sejarah dari arsitektur cina.
    Peradaban di cina mulai dari abad 2000 sm, dimulai dari sebuah sungai yang gw lupa namanya ( gw sangat sangat lemah di bahasa mandarin, faktanya gw gak pernah belajar bahasa mandarin)

    Dari sungai itulah muncul peradaban....
    Cina waktu itu udah bisa dibilang maju, bisa diliat dari sistem pemerintahannya yang udah terstruktur, walaupun masih konservatif tapi jabatan, kekuasaan, dan wewenang setiap pejabat udah jelas. Udah dikenal juga sistem PNS, jadi jaman itu udah ada yang namanya ujian cpns. Sifat pemerintahannya juga demokratis

    Kalau untuk kepercayaan yang paling terkenal mungkin ajaran bawaan sidharta gautama yaitu budha. Ada juga kepercayaan ke luluhur nenek moyang . dan satu lagi yang gw inget itu taoisme, kalau yang ini lebih ke spiritual nya misal nya ramalan nasib, kertas jimat, dll.

    Tiba tiba inget film vampir cina yang dulu ada tiap hari sabtu siang bolong....

    Filosofi yang paling terkenal kayanya dualisme yin dan yang sama feng shui.

    kalau yang ini tiba tiba inget avatar aang...

    Skip skip skip...

    Langusung ke prinsip arsitektur nya.
    Ciri ciri arsitektur cina itu kira kira:

    Mengutamakan posisi gerak sama orientasi manusia. Jangan jangan dulu udah ada buku ernst neurfrt.

    Ada yang dikenal sebagai arsitektur tu’mu, jadi dianggapa rsitektur yang tidak abadi makanya pakai material material kayu. Di arsitektur tu’mu ini bangunan biasa sama bangunan peribadahan di sejajarin.
    Permainan lantai, leveling lantai nya macem macem.
    Penyusunan posisi courtyard a.k.a taman
    Fungsi bangunan yang paling di spesialkan ada 2, istana sama kuil. Bangunan nya biasanya simetris, dan punya sumbu axial. Fasade nya dekoratif banyak ornamen nya, selain fasade di atap juga ada ornamen nya (ikan, naga, singa, dll)
    Warna itu lambang kekuatan sama kekuasaan, yang paling hebat pokonya warna merah
    Cukup matematis juga, ada angka sial dan angka baik.

    Selain kuil sama istana ada beberapa bangunan lainnya misal nya gerbang, tapi bukan gerbang yang kaya gerbang rumah gitu. Gerbang nya gede, kaya gerbang waktu mau ke kuil. Fungsi nya buat peringatan arwah pahlawan, leluhur, dll.
    Selain gerbang ada pagoda juga, fungsi nya dipercaya sebagai rumah dewa. Ciri ciri nya ada sumbu veritkal, denah nya bulat kalau enggak sumbu banyak, ada kalkulasi matematis nya tapi biasanya 9 lantai.
    Jangan lupa sama yang paling terkenal: tembok cina.
    Tembok ini fungsinya buat nahan bangsa bar bar, jadi jangan pikir mereka itu Cuma iseng iseng bikin tembok segede gitu.

    Sebenernya selain yang udah gw sebut, yang sekarang lagi terkenal itu forbiden city. Itu bagian dari kota peking, kota ini keren. Tapi berhubung ini duah malem banget dan gw maish harus bikin 3 resume lagi, kayak nya kapan kapan aja cerita tentang kota peking ini.

    Awalnya gw males bahas arsitektur cina, karena emang ga terlalu suka. Tapi kalau ngomongin arsitektur cina gw pasti inget sama film sun go kong dulu. Betapa gw udah diracun sama kebudayaan mereka sejak gw masih kecil.



    Kera sakti......
  • Dari cina kita loncat ke mesir

    Lu pasti hidup di goa kalau sampe ga tau yang namanya piramida. Tapi mungkin belum semua orang tau kalau fungsi piramida itu buat makam.

    Bahas sejarah nya dulu sedikit.
    Sama kaya cina, peradaban di mesir di mulai dari sungai. Kalau yang ini gw tahu namanya. Sungai nil. Sungai paling panjang di dunia, ngelewatin beberapa negara sekaligus. Dari situ peradaban ada, dimulai dari kerajaan kerajaan kecil di sekitar sungai terus akhirnya digabung oleh seorang yang hebat yang gw lupa namanya ( well, mandarin aja ga belajar apalagi bahasa mesir kuno...).
    Intinya dia nyatuin semua kerajaan kecil yang ada jadi satu kerajaan besar yang pada akhir nya dipimpin oleh seseorang raja dengan gelar firaun. Jadi firaun itu bukan nama orang.

    Nah peradaban di mesir sendiri di bagi beberapa zaman, si pirmaida itu sendiri masuk ke zaman mesir tua.

    Kalau tentang kepercayaan, jujur gw lebih tertarik ke kepercayaan mesir kuno daripada cina. Ga tau kenapa lebih keren aja. Apalagi dewa dewa nya. Di mesir dulu, dewa yang paling dipuja itu dewa matahari (ra) sama dewa bulan ( amon ). Tapi selain mereka ada juga dewa dewa lainnya kaya dewa kematian ( anubis ),dewa hakim ( osiris ) istri osiris sekaligus dewi kecantikan (isis), dewa kesuburan (aris), dll. Mungkin karena namanya keren keren gw jadi suka.

    Mesir ga kalah hebat dari cina, atau mungkin lebih pintar dari cina. Selain punya helograp ( gw males nulis ejaan nya), FYI mesir itu yang nemuin sistem penanggalan baik berdasarkan bulan ataupun matahari., sistem penanggalan bulan sekarang dipakai banyak di negara timur tengah, sedangkan penanggalan matahari lebih mendunia karena dulu di ambil alih sama bangsa romawi.

    Untuk bangunan arsitektur nya sendiri mesir mungkin kalah sama cina, karena ga punya banyak tipologi banguan selain makam, obelix dan kuil dewa. Tapi yang jelas waktu itu bangsa mesir udah punya kemampuan matematis, geometris dan arsitektur yang lumayan. Contoh nyata nya ya piramida itu.

    Ga banyak yang bisa gw tulis tentang mesir, mungkin Cuma segitu aja. Yang jelas kekuasaan mesir itu makin lama makin lemah, dan puncak nya pas kepemimpinan cleopatra. Mesir dia mbil alih sama kaisar roma.
  • Beres dari mesir jalan sedikit ke arsitektur mesopotamia, ckckck dulu gw ga tau mesopotamia itu apa, atau lebih tepat nya dimana, nyebut namanya aja belibet.

    Buat yang ga tau, mesopotamia itu sekarang udah kepecah jadi iraq, iran, turki, sama syria.

    Dibanding mesir sama cina, sejarah yang mencatat tentang perkembangan peradaban mesopotamia bisa dibilang sedikit, mungkin karena sampai hari ini peninggalan nya terutama bangunan hampir ga bisa ditemui.

    Tapi yang gw bisa bilang tentang arsitektur mesopotamia itu: mereka hebat.
    Mereka bisa bikin gunung ditengah tanah gersang, bingung? Mesopotamia itu lokasi nya ditengah tanah kering dan datar, jadi ya mereka bikin gunung sendiri dari batu bata yang dibuat dari lumpur. Amazing banget lah.

    Gw langsung ke bangunan arsitektur nya aja.

    Yang pertama rumah tinggal, bentuknya kaya lorong. Dibuat jelas dari batayang dijemur tadi. Supaya atap nya bisa melengkung, ditanam semacam gelagah yang terus di ikat dan dilengkungin. Cukup primitif.

    Oh iya kalau ga pernah denger mesopotamia tapi pernah denger babylonia kan? Kalau ngomongin arsitektur jaman dulu emang ga jauh jauh dari 7 keajaiban dunia versi gw kecil dulu. Babylonia ini bisa dibilang lebih beruntung karena ada di pinggir sungai efrat, jadi ya lebih ada peradaban. Kota babylonia ini di deskripsi in sebagai kota maju, bisa nampung sampai 200 ribu orang, dan dikelilingin benteng ber mil mil. Tapi yang paling terkenal dari babylonia itu taman gantung nya. Dulu gw bener bener ga kebayang maksudnya taman gantung itu apaan, taman di gantung gitu? Atau gimana. dan akhirnya setelah belasan tahun gw tahu kalau yang dimaksud taman gantung itu semacam rooftop garden. Jadi taman gatung ini ada di di lokasi yang culup luas dengan tinggi kira kira ratusan sekian meter. Nah disana baru ada tamannya, jadi emang semacam rooftop garden.

    Terus mungkin yang ga seterkenal taman gantung itu zigurrat, yang paling terkenal itu zigurrat of ur. Dibuat sebagai monumen penghormatan baut dewa mereka. Zigurat ini bentuk nya masih mirip mirip piramid, tapi permukaan yang miring nya ga sehalus piramid, kesan berudak undak nya masih kuat.

    Selain zigurrat sama taman gantung, mesopotamia juga punya kuil buat menyembah dewa mereka tapi gw kurang tau detail nya gimana, yang kelas material nya masih dari batu bata dan dikelilingin sama tembok.

    Jadi....
    Ciri arsitektur mesopotamia itu adalah material nya yang kebanyakan dari bata hasil pengeringan tanah liat/lumpur. Terus bukaan yang ga terlalu besar supaya sinar matahari panas dan debu ga masuk. Dan yang terakhir ada nya patio ( taman ) yang fungsinya buat ngiket bangunan disekitarnya
  • 23-03-2014

    Ngantuk berat, mungkin karena udah lama ga gerak kalau hari minggu.
    Jadi cerita nya hari ini gw ikut seminar di kota baru, acara jurnalistik. Jadi mikir, kemaren pas himpunan bikin seminar arsitektur gw skip, tapi sekarang yang isi nya jurnalisitik gw malah datang. Mumpung gratis juga, lagian transport dari panitia.

    Gw berangkat sama rombongan komunitas jejepangan, kebetulan ketua nya jadi panitia di acara seminar ini. secara keseluruhan acaranya asik, udah lama juga gw ga denger live music, jadi lumayan terhibur lah. Oh iya bukan telinga gw aja yang dihibur, mata gw juga terhibur. Enak nya tinggal disini ya itu, lu bisa dapet vitamin mata di manapun, bahkan waktu ngantri beli nasi goreng. Tapi tetep penyakit gw belum bisa ilang, tiap ada di keramaian gw ngerasa tertekan. Tempat ramai itu bukan tempat gw.

    Oh iya balik nya gw beli bunga, tepat nya tanaman karena yang gw beli ini lebih mirip rumput. Sempet nyesel karena yang gw lakuin ini itu homo banget, apalagi beli nya di depan temen temen yang laen. mana ada cwo lurus yang beli taneman di pot kecil – orange - lucu... arghhh .... kali ini gw kalah sama sisi feminin gw. Ya sudah lah kalau dipikir pikir apa salah nya pelihara tanaman, orang orang aja ga bakal nyangka si anto dengan badan besarnya itu pelihara marmut di kost an nya. Gw kan cuma taneman, bukan bunga bunga an. Lagian bentuk nya bagus, kata yang jual nya sih itu semacam taneman gurun, apalah gw ga tau namanya.

    Mau dikasih nama, tapi kok kesan nya alay banget....

    Gw emang udah lama mau perlihara sesuatu, hari jumat kemaren gw liat anak kucing deket gerbang kampus. Masih kecil, bulunya hampir semua warna putih. Sempet mikir buat dibawa terus dipelihara, tapi waktu itu gw ada uts, mana bisa gw bawa ke kelas. Lagian ngurus diri sendiri aja masih belum bener, gw takutnya kalau ngurus binatang nanti malah mati.

    Mungkin itu alesan nya gw beli tanaman ini, karena tanaman ga bakal serepot binatang ngurus nya. hm.. mungkin untuk sekarang dan seterusnya bakal gw panggil coral aja, karena pot nya penuh sama batu batu an semacam koral ( mungkin ).


    Ok, jadi sekarang meja komputer gw ga sekering dulu. Ada coral dan pot orange nya yang bikin meja ini lebih hijau.

    Hidup go greenn.!
  • Tiba tiba kost an gw rame gini. Dan ini mulai ngeganggu. Woi bukan lu lu doang aja yang punya tugas, gw juga punya.

    habit gw kumat, paling suka nyalahin orang lain buat sesuatu yang gw anggap hampir gagal. Kalau udah gini biasanya gw jadi bener bener diem, peduli amat orang mikir apa. Cuma ada waktu 13 jam lagi, dan gw baru beres 3 lembar dari 10 lembar.

    kayak nya si irwan udah mulai sadar kalau gw lagi males ngomong, bagus lah udah bosen juga dengerin ocehan dia.

    gus, kalau misalnya lu baca lagi tulisan ini, inget lu nulis ini dalem keadaan emosi.


    gw coba tenang...
    diatrakasi, itu yang gw butuhin buat pikiran gw sekarang.


    fajri...
    dia udah dua hari ga masuk kuliah, yang gw denger katanya sakit. Semakin gw jauh sama dia, semakin gw peduli sama dia. harus Nya tadi gw ga nanya ke si anto, harus nya gw ga nanya apa si fajri masih sakit atau engga. Si anti satu kost an sama so fajri, dan ga tau kenapa lewat dia ge mau si fajri tau kalau ge masih peduli sama dia...

    cepet sembuh jri, biar gw bisa ketemu lu lagi di kampus, trus cuekin lu lagi kayak gw kita ga pernah kenal...
  • Uhm.. udah lama ga nulis...
    Terakhir gw ngepost kalau ga salah pas beres opzet tugas 1 pa sebelum uts, dan sekarang tau tau udah mau UAS ..
    Selain sibuk sebenernya blog ini ga gw update gara gara gw ga bisa login ke bf, sering nya ke blok sama provider ..

    Jadi gimana hidup gw selama 2 bulan terakhir ini?
    Masih kaya biasa, sibuk sama tugas kuliah, beberapa lancar beberapa bangkar alias gagal. PA walaupun asdos gw yang sekarang ga seenak yang dulu masih gw usahain beres walau kurang maksial, SK? Hancur...... nilai tugas turun semua gara gara ga beres, si asdos nya sampe nanyain kenapa nilai gw bisa turun, gini jadi nya kalau kebanyakan nunda kerjaan jadi nya PA sama SK balapan pas mau pengumpulan dan salah satu kepaksa dikorbanin.

    Oke, cukup tetang kuliah
    Banyak hal selama 2 bulan ini tapi yang sekarang pengen gw tulis bukan itu.
    Kemaren gw maen ke j-fest , sebenernya gw males kesana tapi berhubung itu j-fest paling gede di kota ini ya gw sempetin dateng walaupun uang jajan gw abis. Lagian tugas kebanyakan udah dikumpul. Jadi singkat cerita gw kesana sama anak komunitas, biasalah berangkat ngaret. Sambil nunggu taksi kesana gw sama beberapa temen lainya diskusi buat projek cosplay kita tahun ini, harus nya ini jadi cosplay gw yang terakhir. Udah nunggu 4 jam akhirnya berangkat ke tempat j-fest.

    Pertama datang langsung keliling muter muter walaupun ga ada yang seru, stand nya sih emang lebih banyak dari tahun kemaren, tapi ga tau kenapa rasanya garing aja. Yang berkesan mungkin waktu gw makan di maid cafe, ga tau karena tegang liat gw atau apa si maid yang duduk di meja gw jatoh nemplok ke lantai pas mau ambil pesenan . kasian liat nya antara sakit sama malu itu maid. Jadi beres makan di maid cafe gw keliling keliling lagi, tempat nya sih indoor tapi tetep aja makin sore makin panas.

    Ga keresa udah malem aja, dome nya udah mulai sepi, stand juga udah banyak yang tutup. Gw iseng keliling keliling lagi terakhiran sekalian nunggu anak anak yang laen masuk rumah hantu.
    Gw mampir di satu stand, stand akustik...
    Ini stand tadi siang lumayan rame makanya gw males kesini, tapi sekarang udah sepi. Gw duduk sambil istirahatin kaki gw yang pegel seharian jalan jalan.
    1 menit.... 3 menit.... 5 menit..... gw masih nikamatin lagu depapepe yang dibawain sama 2 orang didepan gw, tapi lama kelama an fokus gw pindah ke orang yang ngatur amplifer ( CMIIW ) di belakang mereka. Orang nya kurus menurut gw yang udah kurus ini, tapi ga tau kenapa gw suka dia. Ok penyakit gw kumat, gw udah ga peduli sama yang mane gitar depan gw sekarang, fokus gw udah 75 ;25 antara si amplifier sama yang maen gitar. Gw coba foto tapi kok kesannya gw homo yang hina banget stalk foto orang sembarangan. Akhirnya gw Cuma bisa liatin muka poker face dia sampe akhir lagu start yang dibawain si dou akustik yang ternyata lagu terakhir mereka. Shitt men.. ga dari tadi siang gw buka lapak di sini. Akhirnya mereka beres beres dan ngebubuarin penonton yang ada.

    Karena gw orang nya tau diri, ya gw langsung bubar. Ga apa apa lah walau Cuma sebentar gw jadi ga kecewa kecewa amat maen kesini. Asumsi gw dia bukan Cuma amplifier man, dia pasti anak komunitas akustik itu. Iseng iseng gw join fanpage komunitas itu di fb, dan Buum..! langsung di konfirm. Ok... gw mulai ngerasa gw ini freak, gw cari orang itu di list anggota fp itu tapi sial nya hasil nya nihil, ya mungkin emang bukan rezeki...

    Akhirnya gw balik...

    kayanya ada yang salah sama gw, seharian ini gw inget sama orang itu. Bsia dibilang ini pertama kalinya perhatian gw ke distrak dari si fajri. Ya mungkin sekedar ngecengin doang. Dan ternyata pas gw cek fp akustik tadi udah di upload foto foto mereka di acara jfest kemaren, iseng gw liat foto foto nya, oh.. ada......
    ada banyak foto si amplifier man, tapi kayanya orang nya ga banci kamera, kebanyakan foto dia foto yang natural ga pake gaya gaya an. Dan ternyata tebakan gw bener, dia emang anak komunitas akustik itu, ada beberapa foto dia pas maen gitar juga.

    Liat dia maen gitar gw jadi iri, pasti enak bisa nikmatin hobi lu sepuasnya.. .
    Senyum dia pas maen gitar kayanya bahagia banget.
    Gw mulai berpikir buat sedikit nikmatin hidup gw disini disamping nugas. Nikmatin hobi gw mungkin... tapi apa? Dulu sih gw hobi gambar tapi enggak lagi semenjak gw masuk jurusan terkutuk ini, maen game? Bukan ide bagus... gw kalau nge game ga cukup sejam dua jam....

    Apapun itu bakal gw pikirin, sekarang yang penting ayo hidup lebih senang..! live till the fullest..!
    Makasih amplifier man, lu ngajarin gw sesuatu tentang gimana gw harus nya ngejalanin hidup, dan kalau kita jodoh mungkin kita bakal ketemu lagi hahah

Sign In or Register to comment.