BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Arch's note

2456789

Comments

  • oke dah, sip
  • Sakit kepala , kayanya gara gara benjol di kepala yang dari kemaren tiba tiba ada. Ditambah efek bangun tidur mungkin.

    Hari ini? hm... capek kaya biasa, pedahal tadi di studio Cuma gambar potongan 1 doang, itu juga ga beres.

    Sebelum lanjut gw mau sedikit ngasih gambaran tentang sistem kuliah di jurusan arsi, gw ga tau di univ lain sama apa engga, tapi kaya nya sama aja. Jadi apa yang ngebedain arsi sama jurusan lain? Kalo di kampus gw yang jelas lu ga bakal bisa lulus cumlaude 3,5 tahun. Minimal ya 4 tahun, tapi dibanding yang 4 tahun lebih banyak yang telatnya. Itu karena ada mata kuliah PA ( perancangan arsitektur) mungkin di kampus lain namanya bisa beda, bobot sks nya paling gede yaitu 6 sks, makanya sekali nya nilai PA lu dapet D ancur lah ip se semester itu, sebaliknya kalo dapet A IP lu bakal naek banget. Si PA ini ada dan harus lu ambil dari pertama lu nginjak gedung jurusan arsitektur sampe nanti lulus, dimulai dari DPA (dasar perancangan arsitektur, PA1, PA2,...sampe PA 6 ditambah TA. Yang bikin kuliah ini berat selain sks nya yang paling gede, sekali nya lu ga lulus di PA awal lu ga bisa lanjut ke PA selanjut nya. Misal nya lu lulus DPA di semester 1, tapi kuliah lu bangkar di PA1 semester 2 , lu tetep bisa ambil PA2 tapi nanti ga bakal bisa ambil PA3. Jadi walaupun paralel, sistem nya ganjil-genap. di angkatan gw sendiri banyak yang kejebak disana, di semester awal mereka males2 an jadi nya ga lulus dan otomatis harus ngulang setahun, dan namanya ngulang sama angkatan di bawah lu itu rasanya ga enak. Opsi lain lu ambil kuliah PA ini di SP, tapi itu juga Cuma buat perbaikan yang nilai nya di bawah D, bukan buat curi start semester selanjutnya.

    Terus kuliah nya ngapain? Namanya juga perancangan arsitektur, ya lu ngerancang. Macem macem dari mulai gazebo sampai stadion. PA ini kaya muara di mana semua ilmu yang lu dapet di kuliah laen di satuin disini, mulai dari struktur, material, teori teori, dll. Gw sendiri sekarang lagi ambil PA3 tugasnya nge desain rumah tinggal 2 lantai di tambah cafe di satu lahan.

    Kalau menurut gw pribadi PA itu menarik, karena di sini semua angkatan dikumpulin di satu ruangan, disana lu dibagi per tim yang isinya 9-10 orang dan dapet satu asisten buat satu semester. Mirip mirip tim di naruto gitu, beda nya di naruto 1 tim itu 3 murid ditambah satu pembimbing. Pembagian kelompok berdasarkan nomor induk lu di jurusan, jadi otomatis kelompok PA lu isi nya ya ga bakal jauh jauh dari orang orang itu aja, itu yang bikin lu bakal deket sama mereka. Sayang nya di PA 3 gw ini si koordinator PA nya lagi mabok oplosan, jadilah tim kelompok PA gw sekarang jadi bener bener random orang nya, di satu sisi gw sedih ( cie.. sedih) harus kepisah kelompok yang udah 3 semester sebelumnya jalan bareng tapi disatu sisi ini bikin mata gw kebuka sama kemampuan orang lain selain di kelompok gw sebelumnya.

    Terus yang bikin menarik lagi, namanya juga manusia ya punya kelebihan masing masing apalagi dari angkatan gw sekrang yang 257 orang pasti ada yang menonjol, mindset gw sih kaya kalau semua orang disini itu punya kekuatan khusus kaya di twillight saga, ada yang kuat di konsep ,ada yang design nya mancay abis, ada yang skill struktur nya dewa ( biasanya lulusan smk ini), bahkan hal kecil kaya rajin ngerjain bisa jadi jurus andalan lu, di angkatan gw orang orang kaya gitu disebut robot karena kecepatan ngerjain nya yang geber gila ( hm.. geber bahasa indo nya apaan ya ). Kalau lu punya bakat seni kaya bro @agha_arch itu jelas bisa jadi kemampuan khusus lu, ga semua orang punya bakat ngegambar, dan kayanya semua orang tau gambar itu modal kuat buat arsi, ga harus se indah monalisa atau lukisan van gogh, tapi yang penting cukup buat mempresentasikan ide lu tentang sebuah bangunan. Oh iya latar belakang keluarga juga bisa jadi ngebantu lu survive disini, orang yang punya latar belakang arsi jelas bakal lebih gampang adaptasi dibanding mereka yang total mulai dari nol. Dan bagaimana dengan gw? Hm.. gambar gw biasa biasa aja, design juga masih belajar, tapi kalau di golongin, mungkin gw masuk tipe robot, faktor jomblo mungkin jadi gw ga ada kerjaan lain selain nugas. Sebenernya gw pengen cerita tentang kemampuan khusus temen temen gw yang lain sama orang orang terpilih dengan tangan “ dewa” nya ( berat beud bahasa nya), tapi nanti aja sambil berjalan.

    Selain PA, titik berat kuliah arsi ada di kuliah SK ( struktur konstruksi ) . Percuma bangunan lu bagus kalau ga bisa berdiri. Disinilah lulusan SMK berjaya karena mereka udah pernah belajar struktur sebelumnya. Tapi jangan anggap remeh lulusan sma, mereka memang mulai dari nol tapi jangan lupa sama orang orang “tangan dewa” tadi. Yang bedain SK sama PA ada di sks nya sama sistem tugas nya, SK Cuma 3 sks dan tugasnya bukan ngedesign bangunan tapi sebaliknya lu ngebedah sistem struktur di bangunan tersebut. Dan SK ga sebanyak PA, SK Cuma sampe SK4. Selebihnya sama, lu bakal dibagi ke tim kecil dan di bimbing satu asisten.

    Sisanya kuliah biasa buat ngedukung kemampuan ber-arsitektur. Dan rata rata emang mata kuliah lanjutan misalnya:
    Fisbang 1 & 2(fisika bangunan ) disini lu belajar tentang fisika yang bisa diterapin di bangunan, kaya penghawaan alami sama pencahayaan alami.

    Teori arsitek 1 & 2, lu belajar teori teori tentang arsitek dan desain

    Tekban 1 & 2 ( teknologi bahan ) lu belajar tentang material dan gimana make nya

    Komars 1 & 2 ( komputer arsitektur ) you can’t tell? Jelas belajar software pendukung buat seorang arsitek

    Dan banyak lagi..
    Gabungan tugas tugas dari semua kuliah itu yang bikin hidup lu nantinya.. well bisa dibilang menderita.
    Mungkin segitu aja gambaran singkat tentang pekuliahan anak arsi, gw ga mau bilang kuliahnya paling berat dibanding jurusan lain, ga kok, ga berat. Kedokteran kayak nya masih lebih berat. Tapi jangan anggap remeh juga .
  • Selalu menarik liat bagaimana seleksi alam berlaku dan siapa aja yang bakal survive sampai akhir
  • wah...salam kenal..architect here...hehehe
    mirip2 lah kehidupan arsitek dimana2 jaman kuliah...
  • Pernah waktu asistensi d ceramahin panjang bgt, gara2 tumben2an desainya biasa aja, emang ngasal sih soalnya lagi banyak kerjaan di luar bidang arsitektur.

    Kata dia, kalo karya begini kamu bisa dpet D, beda sada karya sebelumnya, walopun gak pernah beres, karnya konsep dan desain kamu bagus makanya saya kasih nilai B. Kamu itu mengutuk bakatmu sendiri!

    Asli, itu bikin stess. Bakat yg mana? Saya juga gak tau ini mau fokus yg mana :|
  • @dancingangel halo salam kenal om, udah kerja ya?
    @agha_arch dijalanin aja, nanti mungkin bakal bisa milih yang lebih nyaman yang mana.
  • aku ips dan sangat menikmati karya anak2 ars. Teknik yg paling nyeni.. Kamu ars biasa apa yg interior?
  • Kalo ikut saran dosen, kayaknya saya di bisnis : D

    Soalnya dr kecil sering jualan. Kayaknya emang jd pengusaha aja
  • Baru balik dari kampus, gara gara ada wisuda jadi dipaksa buat ngurusin. Kalau bukan karena si abdul jadi calon ketua himpunan, udah males gw ikut campur masalah himpuanan kaya gini. Lagian udah basi juga rayuan rayuan “keluarga” di angkatan, kalo buat gw tapi ya..

    Bulan bulan ini itu bulan politik di gedung arsi, periode pemerintahan si kahim sebelumnya udah mau abis, nah angkatan gw yang baru tahun ini lepas dari predikat “maba” harus nyalonin minimal 10 orang, gw sendiri kurang suka istilah “mecalonkan” karena kebanyakan malah kepaksa. Awal nya gw termasuk mau di calonin, tapi gw udah kepalang ga suka sama sistem ornganisasi kaya gitu, demi eksistensi jurusan si maba sama mahasiswa mahasiswa baru diteken pake iming iming “kekompakan angkatan”, “keluarga”, dan sebagainya. Bahkan gw pernah denger kata senior yang udha lama lulus kalau si maba itu mau di arahin jadi arsitek apa EO, banyak amat bikin acara.

    Yang kaya gini ini yang bikin jurang di angkatan, ada yang aktif organisasi ada yang kuliah-pulang pedahal katanya keluarga. Perbedaanya nya juga keliatan jelas, kebanyakan yang aktif itu malah bangkar kuliah nya, walaupun ga semua. Sebaliknya orang orang yang berpotensi malah ga terlalu aktif. Gw sendiri waktu maba bisa kebilang lumayan aktif, bakat bisnis gw kepake buat nge danus kalau ada acara. Awalnya sih gw suka suka aja, tapi makin kesini gw kaya kerja sendiri. Setahun aktif di organisasi bikin gw mulai sadar sama sistem yang ada di himpunan nya dan pelan pelan mundur teratur. Yang bikin gw bertahan waktu itu karena selalu ada temen gw di samping gw.
    (sial fajri, pedahal gw udah mau lupain lu )
    Namanya fajri, gw kenal dia dari jaman pelatihan pra ospek. Kesan pertama orang nya ga noticeable banget, berkumis, rambut pendek ditambah baju nya yang formal banget, gantengan gw kemana mana waktu itu. Tapi orang nya asik kalau diajak bercanda, agak agak autis gitu, kadang gw juga ga ngerti sama kelakuannya. Jadi si cover sama isi nya itu jomplang banget, ga sinkron.
    Jadi dulu itu pas jaman ospek gw deketnya sama 5 orang, itu juga gara gara kita sekelas pas pelatiahn pra ospek. Ada gw, fajri, abdul, ari, sama rizki. Gw review sedikit tentang mereka.
    Pertama Gw (gusma), waktu itu gw orang nya masih naif dan agak minder gara gara anak rantau, jadi ikut ikut aja diajak ka mana mana. Ciri fisik... hm... standar tinggi orang indo 170 lebih dikit, badan rata rata aja ga gendut cenderung kurus. Yang agak khas mungkin dari struktur rahang gw yang tajem ga kaya orang pribumi dari tatar parahyangan, banyak yang nyangka gw orang padang, terus muka gw itu kalau pertama diliat kaya yang senga, sombong, arogant atau apalah, makanya kesan pertama orang liat gw biasanya jelek, tapi kadang kadang gw bersyukur juga jadi ga banyak orang yang SKSD sama gw. gw biasanya netral aja kalau lagi ada obrolan, tapi kadang kadang kalau udah di pancing si fajri bisa ikut autis. Gw paling suka sama sejarah arsitektur, terutama yang klasik. Kelebihan gw mungkin di kuliah teori sama pengerjaan yang cenderung lebih cepet dibanding yang lain
    Kedua fajri, orang nya awal nya sok sok pemalu. Jarang ngomong kalau ada presentasi kelompok. Kelebihan dia ada di sketsa nya yang bagus, kalau poin ini gw kalah telak, gambar sketsa gw itu ga pantes dibandingin sama dia. Terus dia itu tipe tipe telaten kalau ngerjain apa apa, nge cat aja rapih ga amburadul kaya gw ( gw paling benci nge cat). Tapi sayang nya yang gw perhatiin akhir akhir ini tugas nya jarang beres ga tau kenapa. Ciri fisik: dulu sih dia kaya deskripsi gw diatas, tapi sekrang udah berubah, rambutnya udah lumayan panjang, kaca mata nya ganti jadi model geek. Udah lebih sering pake kaos dari pada pake kemeja. Sekarang udah banyak yang ngecengin dia. Yang paling gw suka dari dia matanya yang coklat jelas.

    Ketiga ada si abdul alias si albino. Mukanya putih bersih, rambut nya coklat sering di panggil bule, emang mirip kecuali tinggi nya yang dibawah gw. Dia sih sering nge proklamasiin kalau dia itu ganteng, gw sih iya iya aja. Gw sering role play sama dia, tepat nya gw yang maksa role play sama dia, gw sering ngomong ke dia kaya ayah ke anak nya. Dia juga lulusan smk, bedanya sama gw, dia lulusan gambar bangunan, jadi jelas kelebihan dia di struktur sama desain yang lebih matang, karena udah lebih banyak nge design dibanding gw dan yang lainnya. Dia juga konseptor handal kalau bikin acara, kalau gw biasnaya di divisi danus, dia biasanya di acara. Saking pinter nya bikin konsep acara dia sempet stress sendiri gara gara jadi public enemy se angkatan gara gara ngotot sama konsep acara waktu itu. Nah dia ini yang sekarang lagi nyalonin jadi kahim ( ketua himpunan ), dicalonin sih sebenernya buat skedar ngisi slot. Dia paling sering curhat sama gw terutama tentang gimana capek nya dia sama kegiatan per-kahim an ini dan tentang ke jomblo an nya yang bikin dia sekarang di cap homo sama anak anak kelas nya.

    Ke empat ari, dia ga lama bertahan di arsi. Dari kita berlima dia yang pertama nyerah, jadi mungkin ga banyak yang bisa gw ceritain. Anak nya ga terlalu tinggi, narsis, fans agmon, dan soc-med orianted, ga ngondek sih tapi u –know-what-i-mean ok? Dia sempet ngecengin gw. Tapi gw tolak. Coba aja kita ga saling tau hitam nya masing masing, mungkin gw bisa lebih akrab. Sempet ada konflik gw sama dia gara gara abis gw tolak dia mulai ngecengin fajri, sedangkan gw sama fajri itu lumayan akrab waktu itu, jadi dia nyangka gw ngecengin fajri. Semacam cinta segitiga #alaah . yang gw ga suka dari dia itu, dia suka bohong. Gw masih inget dia sering cerita sama gw betapa mesra nya dia sama fajri kalau lagi di kostan ( si ari langsung pindah ke kost an fajri waktu gw tolak), dia cerita kalau mereka tidur berdua si fajri sering grape grape dia. Apakah gw percaya? Ohh tentu saja tidak. Gw udah biasa sama banci khayal khayal gitu. Yah bahkan sampe terakhir dia pindah kampus kita udah ga ngobrol lagi. Gw kurang tau kelebihan dia di bidang arsitektur apaan.

    Terakhir si rizki, a.k.a playboy. Dia yang paling ga aktif di angkatan waktu jaman maba. Dia orang nya individualis mirip mirip gw, bedanya walaupun individualis gw ga se ekstrim si rizki. Gw masih nyempetin diri buat sedikit bersosialisasi. Dia mah eksistensi nya di kampus dulu kaya bayangan. Ga banyak yang kenal dia. Sebenernya emang image misterius itu yang mau dia bangun, tapi akhirnya dia malah kaya ga punya temen. Gw sih kasian sama dia, kesalahan dia itu terlalu cepet ngambil langkah buat ngejauh dari angakatan, kalau gw setahun kebelakang gw pake buat kenalan secukupnya sama orang orang, bnayakin jaringan. Mana yang bisa bawa keuntungan mana yang Cuma nyusahin, opurtunis? YA. Oh iya si rizki ini juga paling sering modusin cwe, dan sayang nya belum ada hasil nya sampai saat ini. ciri fisik nya kulit nya agak gelap sama rambut pendek tipis. Kelebihannya itu di backgroud keluarganya yang udah ada darah arsitek nya ( mungkin ini yang bikin dia individualis dan nganggep dia bisa ngelakuin segala nya sendiri)

    Jadi dulu kita berlima sering kemana mana sama sama khas mahasiswa baru. Makan siang bareng, sholat bareng, jalan bareng juga. Tapi lama kelamaan gara gara kita yang emang beda kelas kuliah nya jadi kita udah ga sesering dulu jalan sama sama nya. Sampe akhirnya Cuma sisa gw sama si fajri karena kelas gw sama dia jadwalnya mirip. Di sanalah gw mulai terbelokan #eaa awal nya gw yakin ga bakal ada apa apa, tapi namanya juga kemana mana sama sama yah pasti mulai ada rasa yang beda. Kapan kapan gw bakal cerita hubungan gw sama dia gimana. Yang jelas ga berakhir baik (buat saat ini ).

    Rasanya banyak banget yang pengen gw tulis, tapi tiap mau nulis topik yang ngejurus ke arsitektur kok banyakan OOT nya.
  • @Adam08 saya arsitektur murni, bukan interior. Teknik yang paling nyeni? Iya sih. Tapi kadang itu jadi masalah waktu ego nyeni kebentur sama struktur yang lu ga ngerti.
    @agha_arch semoga beruntung jadi pembisnis nya kalau gitu. Tapi sekarang masih kuliah?
  • Nanti siang harus ke kampus buat ngerjain tugas fis fis beng beng alias fisbeng. Anak sini kalau ditanya tentang fisbang pasti langsung inget sama dosen nya yang cantik sih tapi agak anah, salah satu dosen paling tegas di gedung arsi. Lu salah ngomong bisa kena semprot, makanya banyak orang ga berani kalau nanya tugas langsung ke dia.

    tugas sekarang disuruh ngukur cahaya, tapi gw lagi males keluar kost an, lagian lagi wisuda di kampus nya juga, jadi pasti rame. Dan gw ga suka tempat yang terlalu rame. Buat semester ini gw sekelompok sama wahyu, eldi sama andri. Orang orang bilang gw kurang beruntung semester ini, gw sih biasa aja, yah emang mereka itu tipe yang belum ada inisiatif buat ngerjain tugas kecuali di ingetin, jadilah gw yang harus koordinir semua.

    tapi gw bener bener males ke kampus, gw mau rapihin kost an sama beresin tugas Pa gw buat preview sebelum opzet nanti senin ( opzet: pemindahan gambar dari kertas roti\draft ke kertas manila buat nanti di jilid dan dikumpulin). Kemaren udah asistensi dan Design gw udah fix tinggal bikin struktur nya.
  • Masih dong, tp sambil sibuk2 yg lain juga. Makanya kuliahnya molor. Harusnya taun ini lulus
  • @agha_arch ngomong ngomong lulus, di kampus tadi ada wisuda an
  • Gas gas nugas.. Mau lecehin dulu kertas roti dudududududu~~
  • Fans agmon rata2 ”gitu” ya : D

    Kapan2 jalan yuk
Sign In or Register to comment.