BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

share your reading preferrance (novels/biography/any books)

1567810

Comments

  • edited August 2013
    Sedang baca Bumi Manusia-nya Pramoedya Ananta Toer. Baru tiga bab. Luar biasa.
  • zeamays wrote: »
    Sedang baca Bumi Manusia-nya Pramoedya Ananta Toer. Baru tiga bab. Luar biasa.


    Abis baca Tetraloginya nanti bakal ngerasa takjub sendiri. bagaimana cerita keren itu ditulis saat di pengasingan Pulau Buru.

  • rezamoko wrote: »
    zeamays wrote: »
    Sedang baca Bumi Manusia-nya Pramoedya Ananta Toer. Baru tiga bab. Luar biasa.


    Abis baca Tetraloginya nanti bakal ngerasa takjub sendiri. bagaimana cerita keren itu ditulis saat di pengasingan Pulau Buru.
    Dengar punya dengar, katanya tetralogy buruh itu hanya salah satu bagian dari deretan panjang serangkaian buku yg klo diurutin jadi satu bakal mengubah sejarah indonesia 180%.
    #konspirasi mode on
    Lol
  • Pulau Buru. bukan buruh.

    Bapak Pram menghabiskan hampir separuh hidupnya dalam pengasingan dan tekanan orde baru. tapi dia berontak dengan menulis berbagai buku. Saat Orde Baru, orang yang membeli ataupun membaca buku2 dari Pak Pram bisa di tangkap dan di interogasi polisi. karena diindikasikan komunis. seperti tuduhan Orde Baru kepada Pak Pram.

    Seluruh hasil karya Pak Pram di cekal, dan beliau dilarang menulis lagi. kemudia rezim berganti. mulailah cetakan ulang buku2 dari Pak Pram salah satunya Tetralogi Pulau Buru tersebut. dan langsung memdapat respon positif dari masyarakat pecinta sastra.

    Pak Pram bebas dari tuduhan apapun saat Orde Reformasi. beliau diwawancara radio dari luar negeri, majalah2 juga. bahkan Playboy Indonesia Edisi Pertama mengangkat sosok beliau.

    Beliau menyajikan potongan sejarah Indonesia dengan sangat cantik. dengan intrik di dalamnya, kisah cinta, dan gambaran sosial pada masa itu yang dirasa sangat tepat. Tidak heran beliau dijadikan salah satu kandidat penerima Nobel Sastra.


    begitulah sedikit cerita yang gua dapet dari berbagai artikel dan potongan2 berita mengenai Pak Pram @rodak . terlepas dari konspirasi atau tidak. saya menikmati kisah dalam bukunya. :D
  • sayang ya beliau blom dapat nobel sastra .. pdhl karyanya ga kalah dari orhan pamuk..
    n klo dapat nobel Indonesia bangga bgt the one n only yg dpt nobel prize ..
  • Senang sekali ada thread ini di bf. Rasanya ilmu bertambah.
  • @2000LY iya ga kalah dari tulisan Orhan Pamuk. mungkin emang belum saatnya aja kali ya belum bisa dapat nobel sastra. tapi sampai hari ini belum ada penulis Indonesia yang karyanya bisa sinergis menyajikan elemen sejarah perjuangan bangsa, kehidupan sosial, dan kisah cinta tapi bukan yang melankolis. dan itu semua beliau tulis di pengasingan. hebat ya.


    @zeamays udah baca buku yang mana aja?
  • @rezamoko dengar punya dengar lagi (kebanyakan dengar), buku2 k pram itu harusnya diurut dari sejak cerita tentang kerajaan paling awal yg ada di indonesia sampai dengan era soeharto. Buku2 ini konon bakal mengubah persepsi sejarah bangsa indonesia yg ada saat ini. Termasuk salah satunya yg mungkin akan berubah secara ekstreme, pandangan bangsa indonesia terhadap bangsa arab di awal penetrasi mereka secara ekonomi dan budaya
    #tp ga mw berandai2 ah.
  • kalo gitu mulai bacanya dari Arok Dedes dong ya. kalo ga salah bukunya itu ada 10. tapi nanti tak cari info lagi deh. @rodak
  • Yg gw agak bingung (mgkn @rezamoko tau) pak pram ini sampe ujung usianya katanya masih terlilit hutang keluarga yg banyak. Sementara berita lain bilang (gw baca di buku "pramoedya- sex, oposisi dan amerika"), rumah terakhir pak pram ada di bogor berlantai lebih dari dua. Mana yg betul
  • gua ga ngikutin perkembangan itu. kebenaran itu adalah yang elu yakini. anggap saja begitu. kalo menurut logika gua, Orang yang pernah di label "ex-komunis" tidak akan bisa hidup sejahtera. mungkin sampai generasi selanjutnya. apalagi masa orde baru. IMO ya @rodak

    btw, udah bahas buku aja. jangan OOT. hahaha
  • Sayang ya, sampai sekarang persepsi org indonesia ttg komunis blm banyak berubah.
    Mgkn buku bilangan fu ayu utami dan serialnya bisa mengubah cara pandang kita sedikit ttg pki, itung2 sambil baca2 novel sambil belajar sedikit sejarah
  • Wah ternyata ada juga yang sadar masalah komunis ini banyak dibahas oleh Pak Pram dan Ayu Utami. Topik menarik sebenarnya. Tapi aku ngga terlalu tau banyak.
  • @zeamays ga cuma Pak Pram dan Ayu Utami aja kok yang bahas masalah komunis. beberapa penulis lain juga ada yang bahas hal tersebut. tapi disajikan dengan sangat halus dan menggunakan analogi. ga kaya sekarang yang bisa aja bebas dan frontal menulis komunis. mungkin karena Ayu Utami pop dan produktif jadi tulisan dia paling menarik diantara tulisan2 yang lain. coba baca2 Jurnal Kalam deh. banyak kok cerita mengenai 66/65 disana dari berbagai penulis.
  • Bang @rezamoko kayanya banyak sekali baca ya. Luar biasa.
Sign In or Register to comment.