BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

SAHABAT IKHWAN BERBAGI

19091939596200

Comments

  • @hati : islam itu ga cuma surga n neraka, ga cuma kewajiban dan hukuman, ga cuma pembeda benar dan salah, tapi Islam itu universal dan logis. Artinya semua aspek kehidupan spt ekonomi, sejarah, politik, tasawuf dsb ada dalam alquran. Cuma syg para pemuka agama kebanyakan hanya menyampaikan ttg aspek hukum sj yg berupa perintah n larangan, kewajiban n dosa, surga n neraka dsb. Itupun kadang tidak disampaikan dgn tujuan atau alasan logis knp hal tersebut diwajibkan atau dilarang. Islam itu logis yg artinya bisa dicerna dng logika, sangat wajar jika kita selaku makhluk yg berpikir bertanya knp kita hidup, apa tujuan hidup kita dsb, toh Allah sendiri memerintahkan kita untuk berpikir bukan? Selain itu juga sdh menjadi naluri manusia yg memiliki sifat sll ingin tahu. Jadi sah2 saja jika kita mempertanyakan sgl sesuatu.
  • @Masculine_love asik nih, yg elu sebutin kek semua aspek kehidupan spt ekonomi, sejarah, politik, tasawuf dsb itu ada dalam alquran karena supaya kita berekonomi yang BENAR, belajar dr sejarah supaya kita ga ngulang hal yg SALAH dimasa lalu, berekonomi yang BENAR, berpolitik yang BENAR, tasawuf? yang BENAR, dsb yg elu sebutin dengan BENAR. sehingga bisa menjalani kehidupan dgn BENAR agar di ridhai-Nya. itu maksud gue tentang benar dan salah.
    Islam itu logis yg artinya bisa dicerna dng logika
    tahu dimana letak iman? kenapa gak ditaruh di otak/akal?

    [ quote] toh Allah sendiri memerintahkan kita untuk berpikir bukan? [/quote]
    menyuruh untuk berpikir hal apa? apakah
    1. menyuruh buat mikir kenapa gue di suruh ini?
    2. menyuruh mikir kenapa gue dilarang ini?
    3. menyuruh mikir tentang ciptaannya?
    4. menyuruh mikir untuk mengambil hikmah?
    5. menyuruh mikir tentang hakikat Tuhan?
    Jadi sah2 saja jika kita mempertanyakan sgl sesuatu.
    berhatihatilah karena bisa jadi bomerang yg mengarah pada pengikisan iman.

    manusia memang di karunia akal, tapi apakah manusia bisa menundukkan akal nya?
  • @hati : islam itu ga cuma surga n neraka, ga cuma kewajiban dan hukuman, ga cuma pembeda benar dan salah, tapi Islam itu universal dan logis.
    Yup islam itu gak cuma soal benar salah, tp yg paling utama emang soal benar salah, baik buruk. Universal n logis, Agama itu beyond morality, universal nya terletak pada moralitas nya bukan yg lain nya. Logis bukan terletak pada aspek iman nya, karena iman itu terletak di hati bukan di akal, tp akal juga bisa memperkuat iman. Ato sebaliknya.
    Artinya semua aspek kehidupan spt ekonomi, sejarah, politik, tasawuf dsb ada dalam alquran. Cuma syg para pemuka agama kebanyakan hanya menyampaikan ttg aspek hukum sj yg berupa perintah n larangan, kewajiban n dosa, surga n neraka dsb.
    Sama ketika seorang nabi berdakwah, awal awal menyampaikan berita bahagia dan ancaman. konsep punish n reward, merupakan cara yg paling efektif ketika mengajarkan sesuatu pertama kali pada orang lain. setelah terbiasa, seseorang melakukan yg wajib, Ato menjauhi yg haram, sebaiknya seseorang tau maqoshid (tujuan)nya.
    Itupun kadang tidak disampaikan dgn tujuan atau alasan logis knp hal tersebut diwajibkan atau dilarang.
    Seorang pemuka agama ku rasa menyampaikan sesuatu untuk orang awam, dengan cara awam, jadi sah sah saja. Karena kapasitas seseorang berbeda beda, ada yg lebih nyaman taken for granted, ada yg lebih dari itu. Yg mau lebih dari sekedar cara awam, bisa belajar lagi.
    Islam itu logis yg artinya bisa dicerna dng logika, sangat wajar jika kita selaku makhluk yg berpikir bertanya knp kita hidup, apa tujuan hidup kita dsb, toh Allah sendiri memerintahkan kita untuk berpikir bukan? Selain itu juga sdh menjadi naluri manusia yg memiliki sifat sll ingin tahu. Jadi sah2 saja jika kita mempertanyakan sgl sesuatu.
    Yup, curiosity itu penting, tp juga perlu di ingat curiosity can kill the lion. Peradaban manusia maju juga karena curiosity, tp manusia juga bisa hancur karena curiosity. coba coba sex, narkoba, miras, awal nya juga karena ingin tau.
    Katakata bagus dari seorang Thurber "its better to ask question than to know all the answers". Jadi siapapun dipersilakan dan tidak dilarang untuk bertanya tp ingat dalam beragama ada beberapa aspek yg taken for granted terutama aspek Ketuhanan. #share
  • @hati... Tentang kebenaran yg anda tulis memang benar. Tapi satu hal bahwa kebenaran manusia itu relatif, hanya allah yg memiliki kebenaran mutlak.
    Menurut saya silahkan berfikir ttg segala hal itu sesuai dgn kapasitas berfikir masing2,oke deh justru akal yg harus tunduk pada hati (keimanan), tapi hal ini tidak menetup kemungkinan justru dgn berpikir akan menambah keimanan kan? Setau ane banyak ilmuan yg krn riset dan berfikirnya dia akhirnya dia menemukan islam.
    *Maaf acak kadut krn via hape :)
  • Pak Ary Ginanjar ESQ!! Terkenal bgt tuhh. Pernah ikut trainingnya. Kerjasama ama kantor ane. Pada nangis2 gitu pas sesi yg lampu dimatikan, trus kita dibawa ke titik terlemah masing2.

    Aku pernah ikuut, sekalian ngoleksi buku2nya.
    Ketika sesi lampu dimatikan, memang bener bikin pada menanggis, namun aku diem ajah, sambil menerawang dan bergumam, oh iyya yaa... Dan training ini pun dulu pernah di Praktekan saat menjadi anggota baru di PMII.
  • @Masculine_love
    tapi hal ini tidak menetup
    kemungkinan justru dgn berpikir akan menambah keimanan kan? Setau ane banyak ilmuan yg krn riset dan berfikirnya dia akhirnya dia menemukan islam.

    yup gue sepakat dengan berpikir bisa nambah keimanan*

    *term and condition apply

    nyante aja gue juga tiap posting pake hape

    eh paragraf elu yg sebelumnya ga perlu gue komen ya, tp klo elu minta gue komen entar gue komen, spesial buat elu
  • @claudy salut nih sampe ngoleksi buku2nya. habis ikutan kaya gitu, gimana rasanya? ada yg berbeda dari diri elu?
    gue belon pernah ikutan soalnya
  • @claudy wah ternyata pmii jg ya? *peace
    @hati monggo bisa di pm :)
  • @Masculine_love lah napa di pm? ya udah gue jabanin, cek pm yo
  • @masculine_love @hati napa di pm??! Di sini saja, ini Khan diskusi terbuka bukan person to person. Kecuali pm kenalan ya silakan.

  • eh paragraf elu yg sebelumnya ga perlu gue komen ya, tp klo elu minta gue komen entar gue komen, spesial buat elu[/quote]

    @hati and @sinjai kan katanya spesial buat ane :)
    Thanks pm nya ya @hati, udah ane baca n itu koreksi bwt ane :)
  • ya udin,
  • @sinjai hehe ga usah cemburu gitu ah ;)
  • @sinjai hehe ga usah cemburu gitu ah ;)
  • @sinjai hehe ga usah cemburu gitu ah ;)
Sign In or Register to comment.