BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

JUST SHARE - Ringkasan Buku Self Management (Update : Your Awesome Power)

1457910

Comments

  • @Hydan kita ada beberapa kesamaan rupanya.. haha
  • Gue kalo makan bawaanya pengen makan terus :( untungnya yang gue makan masih makanan bukan yang lain :)
    jogging mah masih selalu gue lakuin :)

    gue tunggu lanjutannya kak. Gue mau lanjut makan dulu :)
  • @master_ofsun kyknya klo elu gpp deh, sono makanlah sebanyak yg kau mampu nak.... :))
  • Sial typo tuh harusnya kalo lagi galau-,-''
  • @master_ofsun berarti tiap hari donk lu.... :))
  • Pepen95 wrote: »
    @Hydan kita ada beberapa kesamaan rupanya.. haha

    wah!! kesamaan dalam hal yg mana nih? :D
    *gebet bang @pepen95
  • Eat less live longer? I'd rather die faster eat more T.T *ehh
  • youngnerd wrote: »
    Eat less live longer? I'd rather die faster eat more T.T *ehh

    Wkwkwkwkwk :))
  • Wait, maksudnya jangan minum selagi makan ini maksudnya jangan minum saat masih ngunyah gitu ya?? Atau emang saat kita lagi makan gak boleh minum??
  • Locky wrote: »
    Wait, maksudnya jangan minum selagi makan ini maksudnya jangan minum saat masih ngunyah gitu ya?? Atau emang saat kita lagi makan gak boleh minum??

    Yap...minimal d kasih jeda,antara makan dan minum,bbrp temen uda lakuin itu kok..^_^
  • @Hydan di bagian makan daging sama makan dikit.. secara aku rada vege hahha..
  • Pepen95 wrote: »
    @Hydan di bagian makan daging sama makan dikit.. secara aku rada vege hahha..

    aku juga vege, masuk kategori lacto ovo g bisa makan daging tp masih bisa makan turunannya, spt susu dan telur
    masih bisa makan daging ayam sih sebenernya, tp harus yg potongan2 kecil gtu klo masih berbentuk misal berupa paha, sayap, potongan dada atau kepala aku g bisa makan *aneh*
    klo daging mamalia sama sekali g bisa makan, langsung muntah *yang selalu merepotkan klo lagi cari makan sama temen2 :)) *
  • Hmmm...mantabs nih agan2 sekalian :)
  • BAB 18

    JANGAN SIA-SIAKAN KEKUATAN PIKIRAN ANDA
    Kenalilah Otak dan Pikiran Anda

    Your brain contain an estimated 100 billios neurons or nerve cells, and
    is capable of outstanding feats of computation and information processing.
    Despite this wealth of potential brainpower, most people use no more than
    about 4 – 10 percent of their possible brain capacity.
    The good news is that this is easily changed.
    -RICHARD LEVITON-

    Sadarkah Anda bahwa otak Anda adalah anugerah Tuhan yang sangat dasyat. Kemampuan otak ini sangat luar biasa dan bisa dianggap sebagai komputer terbaik yang pernah dikenal manusia. Sayangnya, manusia tidak sanggup memanfaatkan otak ini secara optimal. Sebagian besar manusia hanya bisa memanfaatkan tidak lebih dari 4-5 persen dari kapasitas yang sebenarnya dimiliki otak. Bahkan mereka yang mampu memanfaatkan otak hingga 6 persen dari kapasitas otak yang sebenarnya biasanya disebut manusia jenius.
    Otak merupakan satu-satunya organ dalam tubuh yang terus menerus berkembang jika terus digunakan atau diaktifkan. Tentunya ini berita baik karena Anda dapat terus memanfaatkan dan menggunakan otak, bahkan menambah kapasitas kemampuan otak. Seperti otot tubuh yang dapat Anda kembangkan melalui olah raga dan latihan yang teratur, otak dan pikiran juga dapat Anda kembangkan melalui latihan-latihan tertentu.

    Berbeda dengan organ lain yang semakin lama mengalami penyusutan kemampuan, jika dilatih terus, otak (baca : pikiran) selalu berkembang sampai Anda meninggal.
    Jika otak dianalogikan sebagai komputer, maka otak (brain) adalah perangkat kerasnya (hardware), sedangkan pikiran (mind) adalah perangkat lunaknya (software). Seluruh pancaindra kita adalah keyboard atau piranti masukan bagi otak. Sedangkan perkataan, tindakan dan sikap adalah keluarannya (outputnya).

    Otak terdiri atas otak kiri dan otak kanan. Otak kiri merupakan sisi analitis, yaitu sisi yang mengatur ketrampilan mengolah angka-angka, logika, urut-urutan, linear, bahasa verbal, analisa, pertimbangan baik-buruk, dsb. Sedangkan otak kanan adalah sisi kreatif, yaitu sisi yang mengatur kemampuan imajinasi dan kreativitas seperti simbol, musik, dan irama, ruang/spasial, warna, lukisan, bentuk, dan gambar.

    Dalam kehidupan selama ini masyarakat lebih mementingkan penggunaan otak kiri, yaitu otak yang digunakan untuk berpikir analitis. Sebagai contoh, sejak kecil Anda dituntut untuk berprestasi di bidang akademis. Lingkungan masyarakat kurang menghargai imajinasi dan kreatifitas. Padahal banyak penemuan besar tercipta karena memanfaatkan otak kanan. “Imagination is more important than knowledge”. – ALBERT EINSTEIN.

    Kini ilmuwan telah berhasil mengembangkan alat pengukur aktivitas otak yang disebut Electro Encephalograph (EEG). Alat ini dapat mengukur “denyut” atau getaran/gelombang energi yang dihasilkan otak, pada saat otak dalam keadaan aktif. Setiap denyut diukur dengan satuan Hertz (Hz) atau cps (cycle per second = putaran per detik).
    Gelombang energi otak manusia bisa dibagi menjadi empat keadaan (brainwave states), yaitu Beta, Apha, Theta, dan Delta. Keadaan Beta (13-28cps) adalah keadaan gelombang otak yang sedang aktif bertindak atau sadar (the doing action state). Keadaan Alpha (7-13cps) adalah saat keadaan otak relaks dan tenang (relaxation state). Keadaaan Alpha ini sangat penting untuk membuka jalan menuju kekuatan pikiran bawah sadar. Keadaan Theta (3,5-7cps) adalah keadaan saat pikiran menjadi kreatif dan inspiratif. Keadaan ini juga terjadi saat kita tertidur dan bermimpi. Keadaan Delta (0,5-3,5cps) adalah keadaan gelombang otak saat kita tertidur lelap (deep dreamless state). Pada keadaan ini terjadi penyembuhan alami dan peremajaan sel-sel tubuh. Sedangkan gelombang energi otak di bawah 0,5 cps adalah keadaan koma, dan jika nilainya 0 cps manusia dapat dinyatakan meninggal secara klinis.

    Manusia memiliki bagian lain dari sistem otak yang disebut sistem limbik, yaitu “otak kecil” di atas tulang belakang, di bawah tulang tengkorak. Sistem limbik ini memiliki tiga fungsi, yaitu mengontrol emosi, mengontrol seksualitas, dan mengontrol pusat-pusat kenikmatan. Emosi merupakan hal yang paling penting dalam perkembangan otak seseorang.

    Ada ungkapan yang menyatakan bahwa orang tidak akan sukses dalam bidang apapun kecuali jika ia senang dengan apa yang digelutinya itu. Pernahkan Anda mengalami tidak menyukai satu mata pelajaran tertentu, atau tidak suka dengan guru yang mengajar pelajaran tersebut? Saya dapat pastikan bahwa Anda tidak akan memperoleh nilai bagus untuk mata pelajaran itu.

    Penelitian menunjukkan bahwa emosi biasanya memicu seseorang untuk berprestasi. Oleh karena itu, kecerdasan emosional menjadi lebih penting dibandingkan dengan kecerdasan intelektual atau prestasi akademik. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dll) dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati, dan mampu mengendalikan stress (akan ada bahasan tersendiri).

    Seperti otak yang terbagi menjadi dua bagian, pikiran juga begitu. Pikiran terbagi atas pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Pikiran sadar adalah pikiran yang Anda gunakan sehari-hari untuk berpikir, dan berinteraksi secara aktif. Pikiran bawah sadar mempunyai tiga fungsi utama. Pertama, mengendalikan seluruh sistem tubuh. Kedua, merupakan gudang memori yang sangat besar yang menyimpan semua ingatan, peristiwa, kebiasaan, pengetahuan, kenangan, citra diri. Ketiga, memberi, tuntunan, arahan, dan panduan kepada Anda. Pikiran bawah sadar ini memiliki kekuatan dan kemampuan yang sangat dasyat. It is your unlimited power, kata penulis buku terkenal ANTHONY ROBBINS.

    Pikiran sadar (keadaan Beta) mencangkup 12 % kapasitas berpikir manusia, sedangkan pikiran bawah sadar (keadaan di bawah Beta) mencangkup 88 % kemampuan pikiran manusia.

    Di antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar terdapat tirai batas atau filter yang disebut Reticular Activating System (RAS). Filter ini berfungsi untuk melindungi manusia dari informasi yang berlebihan dan tidak perlu. Dalam keadaan Beta, filter RAS ini sangat rapat sehingga pikiran bawah sadar sukar diakses. Pada kondisi Alpha atau Theta, filter RAS ini agak terbuka sehingga memungkinkan Anda untuk dapat masuk ke dalam pikiran bawah sadar pada saat Anda sadar dan tidak tertidur. Pada kondisi Delta filter ini terbuka lebar, yang berarti Anda berada dalam pikiran bawah sadar sepenuhnya.

    Pada bab-bab berikutnya akan mengeksplorasi seluruh potensi pikiran bawah sadar Anda yang sangat dasyat ini. Di pikiran bawah sadar ini sebenarnya letak kekuatan besar dan sumber segala pengetahuan.

    There is no need to run outside for better seeing,
    rather remain at the center of your being;
    for the more you leave it, the less you learn.
    Search your heart and see --- the way to do is to be.
    LAO TZU

    see you in the next chapter ... :)
  • edited August 2014
Sign In or Register to comment.