BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

JUST SHARE - Ringkasan Buku Self Management (Update : Your Awesome Power)

1468910

Comments

  • Sip bang @Hydan ... nantinya lebih jauh lagi kita akan sampai ke mind reprogramming kok :)
  • lanjut...
  • Mudah2an ntar sore gan lanjut... :)
  • Nice post bro, yang sering ya :)
  • @prasetyaku‌ selamat bergabung bro...sip2 d usahain tiap hari lanjut :)
  • Gue tiap hari minggu masih sering pergi buat joging masih dulu sih 3 kali seminggu tapi sekarang udah mulai males haahaha
    trus gue juga kalo marah atau sedang emosi suka narik nafas dalam - dalam trus keluarin supaya emosi gue turun. Dan gue juga baru tau kalo oksigen bisa buat kita ngak lapar, pantes ajah kalo udah olah raga guep perut gue ngak keroncongan hahaha XD

    lanjut terus. Ya! :)
  • @Tsunami @Pepen95 @youngnerd : kalian udah bikin perut gue lapar. Kalian harus tanggung jawab*ngak ada hubungannya* :o
  • sip sip. *meskipun gw kagak ngerti*
  • gw juga ga ngerti. hmhmhm
  • edited August 2014
    Hmmm...tidak perlu d mengerti,hanya coba d latih
  • @master_ofsun tanggung jawab? berarti ngasih makan kamu donk.. :O

    @Tsunami semangat''~
  • PERHATIKAN APA YANG ANDA MAKAN

    Apa yang dilakukan tubuh Anda untuk memperoleh energi dari makanan ? Pertama menggunakan glukosa dari buah dan sayur. Kemudian menggunakan karbohidrat (Zat arang – pati), lemak dan terakhir protein, yang kita gunakan mendapatkan energi. Jika glukosa langsung dibakar dalam waktu kurang dari 20 menit, maka karbohidrat memerlukan waktu yang lebih lama, dan jika berlebih akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh kita (terutama di sekitar perut). Sedangkan lemak adalah kalori dan langsung di bakar (dimetabolisir) menjadi energi. Apabila lemak yang dikonsumsi berlebih, sisanya akan disimpan dalam tubuh kita. Sedangkan protein adalah sumber terakhir untuk digunakan sebagai bahan bakar kehidupan kita. Konsumsi dan pemahaman yang keliru tentang protein sering menyesatkan kita. Misal, diet tinggi protein dan konsumsi pil-pil suplemen asam amino seperti yang banyak dilakukan oleh para atlet. Kelebihan protein tidak akan pernah membentuk otot melainkan lemak. Pembentukan otot hanya bisa dicapai melalui olah raga khusus yang dilakukan secara teratur. Protein yang berlebihan akan menimbulkan nitrogen berlebihan yang menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Selain itu, terlalu banyak protein di usia di atas masa pertumbuhan dapat menyebabkan osteoporosis (kekeroposan tulang), pelunakan dan pelemahan tulang. Konsumsi protein yang berlebihan juga akan memusnahkan sejumlah besar kalsium yang sebenarnya berguna dalam menguatkan jaringan tulang dan gigi. Hasil sampingan lain dari metabolisma protein adalah amonia atau urea yang sangat beracun.

    Meskipun menurut para ahli gizi bahwa protein hewani merupakan protein yang sempurna, namun konsumsinya harus di atur sesuai kebutuhan. Memakan daging untuk memperoleh proteinnya merupakan kesalahan besar. Pertama, daging juga banyak mengandung lemak dan asam urat yang merupakan satu hasil buangan sel-sel tubuh kita. Jadi, dengan terlalu banyak mengkonsumsi daging, kita memperbanyak hasil buangan dalam cairan getah bening. Jika asam urat tidak dapat dikeluarkan melalui ginjal yang mengolah dan mengeluarkannya bersama dengan urea sebagai urine, maka akan menjadi penyakit kencing batu. Apalagi ini tidak diikuti dengan aliran getah bening yang lancar melalui olah raga dan pernapasan, sehingga akan menjadi penumpukan asam urat yang menyebabkan penyumbatan, rasa pusing dan rasa nyeri tulang pada tubuh kita.
    Kurangi keinginan Anda untuk banyak mengkonsumsi daging. Makanlah paling banyak sepotong daging sehari. Tahukah Anda bahwa Phytagoras, Socrates, Plato, Aristoteles, Leonardo da Vinci, Isaac Newton, Thomas Alva Edison, Albert Scheweitzer, Mahatma Gandhi, mereka berpantang daging.


    Prinsip makan makanan yang mengandung banyak air

    Menurut ahli gizi, makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung cukup kalori (Karbohidrat, Lemak, dan Protein), vitamin dan mineral (buah-buahan dan sayuran), dan cukup air karena lebih dari 70 persen tubuh kita terdiri atas air. Anda perlu memastikan bahwa 70 persen makanan terdiri dari bahan yang kaya akan air. Seorang dokter, Dr. Alexander Bryce pernah menulis, “Kalau hanya ada sedikit air yang masuk, darah akan sangat kental dan limbah beracun dari sel-sel jaringan tubuh atau pergantian sel akan dibuang dengan tidak sempurna.

    Kebutuhan air sehari adalah 2-3 liter. Namun, Anda juga tidak perlu mengkonsumsi air minum delapan sampai dua belas gelas sehari. Tubuh Anda tidak memerlukan air murni sebanyak itu. Jumlah air yang Anda minum seharusnya ditentukan oleh rasa haus Anda. Rasa haus adalah indikasi bahwa tubuh kita memerlukan cairan. Kebutuhan air dapat dipenuhi dari : air minum, kuah, buah-buahan, dan sayuran. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung air, yaitu buah-buahan dan sayuran.


    Mengkonsumsi buah secara efektif

    Buah adalah makanan yang paling sempurna. Satu-satunya makanan yang dapat digunakan oleh otak hanyalah glukosa, dan sumber energi kehidupan yang paling mudah dibakar melalui metabolisme tubuh adalah glukosa. Buah lebih banyak berupa fruktosa yang gampang diubah menjadi glukosa, dan umumnya mengandung 60-70% air. Ini berarti buah membersihkan tubuh dan memberi energi secara bersamaan.

    Anda harus mengkonsumsi buah selagi lambung kosong, yaitu pada waktu bangun tidur di pagi hari dan saat akan tidur di malam hari. Mengapa ? Alasannya adalah karena buah tidak dicernakan di dalam lambung. Buah dicerna di dalam usus halus, tempat kandungan gulanya dilepaskan. Kalau ada makanan di lambung, buah akan terjebak dan meragi di lambung. Inilah yang menyebabkan perut kembung dan terasa tidak enak.


    Prinsip kombinasi makanan (food combining) yang tepat : Makanan berprotein dan karbohidrat sebaiknya tidak digabungkan.

    Beberapa makanan tidak boleh dimakan bersamaan dengan yang lainnya. Berbagai makanan yang berlainan membutuhkan enzim pencernaan yang berbeda. Tidak semua enzim pencernaan cocok untuk jenis makanan tertentu. Misal, makanan yang banyak mengandung karbohidrat (nasi, kentang, mie, roti, dll) membutuhkan enzim pencernaan yang bersifat alkali/basa.

    Jangan pernah minum selagi makan atau segera setelah makan. Oleh karena air yang masuk ke lambung akan mengencerkan enzim yang sedang bekerja dan menyebabkan lambung bekerja lebih keras secara mekanis untuk mencernakan makanan. Hal ini akan menyebabkan lambung Anda lebih cepat aus karena diforsir bekerja lebih keras pada saat Anda makan dengan diselingi minum.


    Kaidah pengendalian konsumsi : Eat Less Live Longer

    Apakah Anda termasuk orang yang senang makan dan ingin selalu makan banyak. Ada cara yang sangat efektif, yaitu makanlah sedikit tapi sering. Ada petunjuk yang baik dalam Agama Islam, yaitu makanlah pada saat kamu lapar, tetapi berhentilah sebelum kamu kenyang. Dengan cara ini Anda akan selalu sehat.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cara yang pasti untuk menambah panjang umur kehidupan binatang adalah dengan mengurangi jumlah makanannya. Dr. Clive McKay, seorang peneliti terkenal dari Universitas Cornell melakukan riset dengan menggunakan tikus laboratorium yang diuji coba dengan dikurangi konsumsi makanannya sampai setengahnya. Ternyata hidupnya bertambah panjang dua kali lipat. Penelitian Dr. Edward J. Masaro dari Universitas Texas juga menunjukkan bahwa kerusakan fisiologi, termasuk kerusakan sistem kekebalan tubuh dapat dikurangi akibat pembatasan makanan.

    Hidupkanlah kebiasaan melakukan cara pernapasan yang efektif dan benar serta latihan aerobik murah (seperti jalan cepat, lari, jogging, bersepeda, dan berenang). Makanlah makanan sehat secara efektif dan jauhkan kebiasaan-kebiasaan buruk sebagaimana dijelaskan pada topik selanjutnya. Selain itu tambahkan tidur nyenyak yang cukup serta kondisi relaksasi, maka Anda telah memiliki segala energi yang cukup untuk hidup sehat dan panjang umur secara efektif dan produktif.

    Bersambung ...
  • edited August 2014
    wah.. kayaknya sebagian besar juga secara g sadar udah jadi kebiasaanku :D
    - aku g makan daging, krn bakal muntah meski makan cman sedikit
    - minum air volume minimal selalu terpenuhi
    - makan dikit tp selalu kenyang, bahkan temen2 sering komen "kamu lho makan cman segitu tubuh kamu dapat gizi mana?". tp lho nyatanya diriku tetep gemuk
    - klo gym g pernah konsumsi suplemen dan memang menghindari itu, krn sebenarnya tujuanku gym bukan utk bentuk badan, tp utk menyeimbangkan dgn pekerjaan aku yg kebanyakan hanya duduk depan monitor dan kurang gerak
    trus renang juga udah kayak kewajiban bagi aku :))

    yg perlu aku benahi sptnya kebiasaan makan aku yg biasanya aku selingi minum nih
    klo misal makanan nasi berkuah gmn nih? kan itu sama halnya makan + minum?
    trus juga perlu lebih sering konsumsi buah nih *catet

    yg g bisa aku rubah pola tidur aku nih, dr jaman SMA dlu sampe skrng tidurnya pasti antara jam 12 sampe jam 3 pagi trus jam setengah 5 atau jam 5 pagi udah bangun, udah jadi jam belajar dan jam latihan
    memang sih selama ini hampir g pernah sakit, terakhir sakit berat kelas X, itu juga sakitnya gara2 cacar setelah itu sampai dengan skrng sakit paling parah cman pusing dan panas yg udah hilang pas pagi bangun tidur
    kadang kuatir juga klo dampaknya bakal ada d kemudian hari :(


    nice post as usually :)
  • Wah agan kyknya uda ga perlu tips lg nih...mantabss dahh... :D
Sign In or Register to comment.