BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

JUST SHARE - Ringkasan Buku Self Management (Update : Your Awesome Power)

1235710

Comments

  • edited August 2014
    @youngnerd dasar bocah2 kepoo...pp rubah lu sesuai bgt mukenye kepo bgtt :))
  • @Tsunami‌ kampreet -_- lagian minta di emailin mager banget sih
  • @youngnerd hehehe...sekali2 lah dtg ke sini, klo d emailin kan ga seru, dasar kepo manjaaa
  • @Tsunami udah tau buka bf susaah -_- dasar kepo king
  • @youngnerd iye bawel ah...gampang gini, alesan aja lu, ya wes next time klo ga males gw mail
  • @Tsunami iye iyeee elu juga bawel nih -_- siplaaah *kembali ngilang*
  • @master_ofsun‌ toss! hahaha...

    @Tsunami @youngnerd hahaha pada ribut sendiri..
  • edited August 2014
    @Pepen95 hehehe...biasa itu mah, tp malu2in jg yak ribut d muka publik gini..:D
    Eh ya bab selanjutnya adalah special ed , so masih d susun agak lama, krn rapelan dr bbrp bab :)
  • @Tsunami hahaha..
    oke.. dimatangin aja, tak usah diburu hehe..
  • wah.. klo baca bab 5 berarti diriku udah berada d jalurnya nih?
    hahaha
    dan aku g salah juga ya usai lulus program S1 akuntansiku masih mau kuliah lagi S1/S2 hanya krn memenuhi keinginanku yg begitu kuat utk bs jadi animator :))
    diriku udah g peduli apa kata org, selama aku menginginkan itu aku akan kejar itu biarpun katanya "sayang sama umurnya, buang2 waktu" dan bagiku klo utk cita2 g ada kata2 "buang2 waktu" ataupun "terlambat" yg terpenting g ada penyesalan saat tua nanti krn telah berusaha utk meraih cita2, ntah akan berhasil ataupun gagal

    org klo haus cman bilang "aku mau minum" rasa haus itu g akan hilang
    dan org tiap kali mau minum g akan bilang "aku akan minum/aku minum" dan dia tak lagi merasakan haus
    yeah.. antara ucapan dan perbuatan

    yuk kita berjuang utk sesuatu yang memang ingin kita perjuangkan ^ ^

    postingan yg mantep banget bang @Tsunami
  • @Hydan hehehe...jd terharu nih membaca sharingan agan, masih ada ya yg berjuang mengejar suara hatinya. Gw sekarang jg sedang mengejar gan, stelah S kesekian gagal sesuai, berharap d sisa waktu dpt menuruti suara hati dan mencari lentera jiwaku *sambil nonton klip nugie* LoL
  • SPECIAL CHAPTER

    KENALILAH TUBUHMU

    our body is our garden ...
    And our desire is the gardener
    – William Shakespeare -

    Ketika saya baca bahasan mengenai kesehatan dalam buku ini, asumsi saya buku ini hanya memaparkan tips-tips biasa seperti halnya buku-buku kesehatan lainnya. Namun asumsi saya tersebut tidak sepenuhnya benar. Buku ini membuka cakrawala saya mulai dari cara pandang, membuka kesadaran, dan akhirnya menuntun saya untuk dapat belajar dan menggali lebih banyak lagi tentang arti penting sebuah kesehatan. Anthony Robbins penulis buku the Unlimited Power, mengatakan bahwa kesehatan fisik adalah jalan menuju kesempurnaan.

    Dalam special chapter ini akan coba diuraikan oleh penulis mengenai bagaimana kita menjaga, memelihara, merawat, dan membangun tubuh fisik kita, sehingga kita menjadi semakin efektif dan produktif. Menurut pengalaman penulis, kita membutuhkan waktu setidaknya tiga bulan (90 hari) untuk akhirnya menerapkan suatu kebiasaan baru menjadi hal yang spontan dan rutin.

    Tahukah Anda bahwa tubuh kita terdiri atas lebih dari 5 triliun sel, di mana setiap individual sel akan mati dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan dan setiap saat tubuh kita membuat sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel mati tersebut. Artinya setiap tahun tubuh kita adalah sepenuhnya terdiri atas sel-sel baru yang berbeda dengan sel-sel sebelumnya. Lebih jauh dikatakan bahwa sel-sel baru yang terbentuk adalah berdasarkan suasana hati atau emosi pada saat pembentukannya. Jadi misalnya pada saat Anda marah dan penuh dendam-sel seperti apakah ini? Inilah sel-sel yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, dsb. Jika kita selalu dalam suasana bahagia dan gembira, maka sel yang terbentuk adalah sel yang sehat dan tidak bersifat destruktif.

    Rich de Vos, salah satu pendiri AMWAY menulis dalam bukunya Compassinate Capitalism, mengenai tubuh kita :
    Seorang sahabat yang menjadi ahli biokimia menjawab pertanyaan : “Bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri?” dengan jawaban ringan seperti ini : “Saya adalah air sebanyak enam puluh persen,” begitu ia memulai, “cukup banyak untuk mengisi sebuah bak mandi yang sangat kecil. Sebagian besar sisanya adalah lemak, cukup banyak untuk membuat lima batang sabun. Saya adalah sejumlah kalsium yang dapat digunakan untuk membuat sebatang kapur tulis, cukup banyak fosfor untuk menyalakan sekotak kecil korek api, cukup banyak garam untuk mengasinkan sekantong pop corn, cukup banyak besi untuk membuat sebuah paku panjang. Pendek kata, “begitu simpulnya, “ditaksir dalam masa krisis sekarang ini, nilai saya sekitar 1 dolar 78 sen untuk air, lemak, dan bahan-bahan kimia.

    Ada empat sumber bahan bakar atau energi untuk menjaga agar kita tetap hidup, yaitu : udara/oksigen yang kita hirup, makanan yang kita konsumsi, tidur yang nyenyak, serta istirahat dan relaksasi. Makin tinggi tingkat energi, tubuh akan semakin efisien. Makin efisien tubuh kita, kita akan merasa semakin baik dan semakin mampu menggunakan bakat dan keterampilan, untuk meraih hasil yang luar biasa.


    LATIHAN ESC ( Easy, Simple, and Cheap Exercise )

    Salah satu sumber energi bagi kehidupan adalah udara atau oksigen yang kita hirup pada saat bernapas. Dari semua unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan yang baik, oksigenlah yang paling penting. Oksigen mampu mengubah sel yang sehat dan normal menjadi sel pengganggu dan ganas, hanya dengan mengurangi jumlah oksigen yang ada di dalamnya. Dalam beberapa penelitian oleh para pemenang hadiah Nobel Kedokteran, antara lain Dr. Otto Warburg dan Dr. Harry Goldblatt, diperoleh hasil bahwa kekurangan oksigen memainkan peranan penting yang mengakibatkan sel menjadi ganas atau bersifat kanker. Ingatlah bahwa mutu kesehatan Anda merupakan mutu kehidupan sel-sel tubuh Anda. Kekurangan oksigen akan menyebabkan sel-sel tubuh Anda lemah, sakit, tidak memiliki kekuatan atau daya tahan, bahkan dapat bersifat ganas dan liar.
    Dalam bukunya, Pernapasan untuk Kesehatan, seorang praktisi pernapasan Jos Usin menyebutkan bahwa paru-paru merupakan organ tubuh yang menjadi tempat pertukaran udara melalui darah. Di dalam paru-paru terdapat berjuta-juta kantong udara yang disebut alveoli. Udara yang masuk ke paru-paru di bawa ke dalam kantong udara dan kemudian di keluarkan menjadi karbon dioksida. Bila terbiasa bernapas pendek, maka kantong udara akan kempis, akibatnya metabolisme dan kekebalan tubuh terganggu. Serta mudah terserang berbagai penyakit. Jadi pernapasan yang pendek dan sedikit harus diubah menjadi pernapasan yang panjang dan banyak.

    Kita tahu mengapa mereka yang rajin berolahraga memiliki tubuh yang lebih sehat. Hal ini karena berolahraga memberikan oksigen yang banyak ke dalam aliran darah melalui gerakan otot pada saat seorang atlit, misalnya, bernapas dengan kuat. Pernapasan yang dilakukan, menggerakkan aliran getah bening yang berguna untuk pembersihan tubuh dan meransang sistem kekebalan tubuh untuk bekerja pada tingkat tertinggi.

    Biasanya sesudah latihan atau berolah raga, kita tidak merasa lapar. Oleh karena melalui pernapasan yang sehat, tubuh sudah memperoleh apa yang diperlukan.
    Berbagai metode pernapasan efektif antara lain, seperti yang disarankan pengarang buku Unlimited Power, Anthony Robbins, yaitu dengan cara : menarik napas dalam satu hitungan, menahannya empat hitungan, dan mengeluarkannya dalam dua hitungan (perbandingan 1 : 4 : 2). Selain itu ada empat cara pernapasan yang dijelaskan oleh Jos Usin, yaitu : (1) perbandingan 1 : 2, menghirup dengan pendek dan menghembuskannya dengan panjang, (2) perbandingan 1 : 1, (3) perbandingan segitiga sama sisi, 1 : 1 : 1 artinya jumlah hitungan menarik – menahan – dan mengeluarkan napas sama, (4) perbandingan segi empat 2 : 1 : 2 : 1, yaitu hirup – tahan napas – embus – dan berhenti. Sebagai contoh lain langkah latihan pernapasan adalah sebagai berikut :

    Tarik napas panjang, kembungkan perut Anda. Buang napas dan biarkan perut mengempis kembali. Lakukan beberapa kali. Rileks, santai ... jangan tegang, duduk sesantai, senyaman mungkin. Yang penting tulang punggung Anda tegak lurus. Dengan demikian Anda tidak akan ketiduran. Setelah beberapa menit. Anda akan menjadi tenang. Lakukan selama kurang lebih 20 menit dengan mata terpejam.

    Program olah raga yang baik adalah program yang mendorong kita bernapas dengan kuat/ dalam, dan program yang akan membangun tubuh kita di dalam tiga bidang yaitu : daya tahan, kelenturan, dan kekuatan. Daya tahan-stamina datang dari latihan aerobik, dari efisiensi kardiovaskular, dari kemampuan jantung memompa darah, mengalirkan oksigen, dan merangsang aliran getah bening, ke seluruh tubuh kita. Latihan aerobik antara lain : jalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, dan jogging lintas alam.
    Anda dianggap bugar secara minimum, jika mampu meningkatkan kecepatan denyut jantung menjadi sedikitnya seratus denyutan per menit dan mempertahankannya pada tingkat itu, selama tiga puluh menit. Kecepatan denyut jantung maksimum yang umum diterima adalah 220 dikurangi usia Anda. Saat latihan, Anda harus berusaha menaikkan kecepatan jantung Anda sedikitnya 60% dari kecepatan denyut maksimum. Jadi jika Anda berusia 30 tahun, maka kecepatan denyut jantung Anda pada saat latihan adalah (220-30 = 190 X 0,6 = 114 denyut per menit) dan dipertahankan selama + 30 menit.

    Kelenturan diperoleh melalui peregangan otot. Jadi sebelum melakukan latihan aerobik, para ahli menganjurkan pemanasan sebelum dan pendinginan atau peregangan sesudah latihan aerobik. Sedangkan kekuatan atau power diperoleh melalui latihan daya tahan otot, seperti latihan push-up, sit-up, pull-up, dan latihan beban.

    TO BE CONTINUED
    NEXT : PERHATIKAN YANG ANDA MAKAN ...

  • XD latihan yang udah jadi rutinitas, temasuk latihan pernafasan
    namun ada yg lebih penting dr pengenalan tubuh kita yg akan lbh memaksimalkan potensi :D
    hehehe

    lanjut lagi bang @Tsunami ^ ^
  • XD latihan yang udah jadi rutinitas, temasuk latihan pernafasan
    namun ada yg lebih penting dr pengenalan tubuh kita yg akan lbh memaksimalkan potensi :D
    hehehe

    lanjut lagi bang @Tsunami ^ ^
Sign In or Register to comment.