BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

berbagi Pengalaman Menolak Orang (sorry Bro gw gak bisa jadi BF loe)

135

Comments

  • rawasari wrote: »
    Orang yang kecewa ketika ditolak adalah manusia yang gak realistis. Mereka gak punya rencana cadangan reaksi dan tindakan apa yang harus dilakukan ketika ditolak.

    Coba bandingkan ketika kita nawar barang yang kita mau dan tawaran kita ditolak ama pedagangnya. Kita rayu pedagangnya untuk nurunin harga. Tetep gak mau turun harganya. Kok bisa ya gak sakit hati? Karena dari rumah udah siapin alternative: cari barang di toko laen, bayar harga yang ditetapkan penjual, ataupun gak jadi beli sama sekali.

    Kenapa nyari pasangan hidup gak bisa terapin metode yang sama kayak nawar barang? Karena masih banyak yang doyan nonton drama picisan yang dicekokin dengan akhir happy ending. Yang bikin lebih parah lagi, temen-temennya orang yang model kayak gini gak tau ngebedain kapan saat serious dengerin temen yang emang lagi butuh support kapan saat becanda.

    Solusinya? Untuk mereka yang cukup beruntung ditaksir, belajarlah mengatakan 'tidak' dengan bijaksana. Caranya? Jangan langsung bilang 'tidak' di awal penolakan. Jangan juga berbohong memberi harapan palsu. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian khusus si orang yang naksir kita tersebut, "Wah, beruntung banget nih saya udah dapet perhatian dari kamu. Makasih lho ama perhatiannya." Berhenti sampe disitu aja. Jangan nambahin kege'eran si orang itu, jangan juga ngurangin keramahan kita. Tunggu reaksi si orang tersebut akan komentar kita tadi sebelum lanjut ke reaksi kita yang berikut. Reaksi orang tersebut akan ada 3 option utama ini: 1) Langsung ngerti bahwa itu penolakan secara alus dan ambil ancang-ancang untuk menyatakan rasa suka ke gebetan berikutnya; 2) Gak percaya ama apa yang dia denger dan biasanya lanjut dengan pertanyaan yang menyebalkan, "Maksudnya?"; 3) Kepedean ataupun kege'eran, dipikirnya gayung telah bersambut dan kita udah jadi milik dia.

    Seandainya semua orang bisa langsung nangkep dan mengerti seperti reaksi option nomer 1, betapa indahnya lah dunia ini. Sayangnya, reaksi option 2 atau 3 lah yang seringnya mendominasi kenyataan. Reaksi apa yang kita harus siapkan selanjutnya?

    Untuk option nomor 2, siapin beberapa penjelasan extra. Sekali lagi, beberapa. Ibarat mau dapetin buah di dahan yang tinggi, kalo kita punya 5 biji batu pasti gak lima-limanya dipake untuk sekali ngelempar, kan. Begitu juga menghadapi pemberi reaksi nomor 2. Kasih satu penjelasan per-pertanyaan, "Maksudnya?" "Artinya?" "Apa sih?" "Apaan tuh?" "Gak ngerti", dsb. Contoh beberapa jawaban yang bisa disiapin:
    1. Kamu itu baik sekali
    "Maksudnya?"
    2. Kamu orangnya perhatian
    "Lantas?"
    3. Kamu juga ramah
    "Ngomong apa, sih?"
    4. Udah gitu punya semangat tinggi pula

    Kalo udah point ke 4 dia masih belum ngeuh, saatnya senjata pamungkas kita keluarin, "Maaf kalo masih belum ngerti juga. Saya khawatir kalo kita lanjut akan makin banyak yang lebih gak dimengerti kedepannya." Kalo makin dicecar dan makin bikin kita gak nyaman, segera tinggalkan orang itu, "Maaf, saya harus pergi sekarang. Terima kasih atas waktunya, ya." Jangan kepancing ama reaksi berikut yang kemungkinan bisa dengan gampang ditebak: tunggu dulu dong, belagu lo, sok kegantengan, dll reaksi gak menyenangkan lainnya. Jangan kepancing untuk ngebales ataupun adu argumen ama komentar kekanak-kanakan. Jangan kepancing untuk kasih penjelasan lebih, misal mau pergi kemana, siapa yang udah nunggu kita, dll. Bukan urusan dia kemana kita pergi ataupun dengan siapa kita akan pergi setelah diperlakukan seperti itu. Intinya, kalo dia masih tetep gak ngerti 'penjelasan' kita, dia bukan orang yang tepat untuk teman hidup, period.

    Option ke 3, dianya kege'eran ngerasa kita udah milik dia. Stop kasih harapan palsu. Seringkali kita memanfaatkan apa yang dia punya lebih, entah itu kendaraan untuk anter jemput lah, duit untuk dijajanin atau belanjain lah, dll. Karma akan datang ke orang yang memanfaatkan orang lain. Segera brenti'in kebiasaan itu dan jadilah mandiri dan dewasa.

    Semoga menolong :)

    :)
  • untungnya gue bukan tipe orang yg gampang jatuh cinta..jadi baru sekali nembak orang dan diterima..haha..

    kalo nolak sempet beberapa kali..cewek dan cowok..untungnya semuanya masih jadi temen baik sampe sekarang..kata2 pamungkas gur buat nolak sih biasanya: kayaknya kita lebih seru temenan aja deh..kalo pacaran tuh bakal jadi awkward..banyak berantem ga penting..
    hehe..

    shock pas baca: "sori ya mas bro gue nyari pacar bukan nyari temen"
    segitunya amat dah..
  • Beberapa kali nolak orang...
    Ada yang tetep deket sampe sekarang, ada yang menjauh...
    Kalo saya sih gak suka nolak pake basa basi atau kata2 yang bermakna ganda, gak suka ya udah bilang aja "maaf saya gak bisa, tapi terimakasih buat perhatiannya", mungkin emang terlihat kasar tapi itulah kenyataannya...
    Saya juga ngrasa gak kasih perhatian berlebihan, jadi setelah nolak ya tetep kek biasa, tinggal tergantung yang ditolak mau tetep kek biasa atau enggak...
    Gak enaknya itu kalo udah terlanjur nyaman jadi temen, trus menjauh, susah nyari temen yang bisa bikin nyaman...
    Kalo ditolak cowok belom pernah, abisnya belom pernah nembak cowok... Paling cuma sekedar bilang suka...
  • @valium , benar kalau sudah nyaman di zona "berteman" sementara dia pengen lebih terus tiba2 berubah rasanya jadi gak nyaman.
    tapi benar pendapatmu tegas itu perlu, memang gak enak diawal tapi akan lebih baik dikemudian.
    cuma kadang sifat orang indonesia itu gak tegaan, hehehe suka basa basi gak penting juga.
  • @young_dentist
    Pengen lebih gapapa sih benernya, asal tau posisi masing masing, toh gak bisa milih juga kan mau suka sama siapa... Cmiiw
    Naaahh ituuu, suka basa basi gak penting, pake kode2an yang gak jelas kodenya gimana...
  • Ah hidup ya kalau gak tentang acceptance ya rejection ;))
  • Hihi... pada penasaran tuh bang ama dikau..... gak balik belgia nih critanya??
    Bang @young_dentist ini namanya doang dokter gigi..padahal dokter jantung! Biar pada jatuh hati.

    Klo nolak, yaaa gw biasanya jujur aja knp mau nolaknya. Beragam reaksi, tp mau gmn lagi ...
  • paling banter punya pengalaman nolak cewek, itupun gk frontal, tapi juga gsk halus juga, gw nolaknya dg cara gk ngeladeni sms etc, pas dia nembak gw diem, gak jawab apa2. pernah juga dg cewek, pas dia nembak gw, gw langsung ketawa karna mrasa tersanjung, lalu gw diam dan gk jawab apa2

    #nolak cowok untuk dijadikan pacar, pernah skali, itu gw tolak karna pas pertemuan pertama langsung ngajakin ML, curiga ini pasti ofientasinya sex

    #ditolak cowok juga pernah, dia respon dg cara blokir FB.

    #paling banyak itu nolak cowok bukan untuk pacaran, nolak cowok karna ngajakin ML,

    jaramg gw ketemu orang yg orientasinya pacaran, klo gK ML, ya skedar teman ngobrol.

  • Waduhhh... kalau mbak sulastri tidak pernah menolak.. soale mbak lastri doyan semuanya.. hohoho...
  • We ladahh.. mbak lastri lupa...



    Kita bermain-main
    Siang-siang hari jumat
    Tertawa satu sama lain
    Semua bahagia semua bahagia


    Halooo semuanyaa..
    Mohon maaf ganggu sebentar..
    Permisii.. mbak lastri numpang lewat.

    Ohaiyo gozaimasu sadayanaa!!!

    Iki lhooo... Pada tau ndak siik. Ntar itu BOTD kedatangan tamu SUPEEEERRR ISTIMEWAHH.. Uhlala badai deehh kata Syahrini.

    Ehh ehh, tapi ndak bisa dibilang tamu juga sik yahh.. Lebih ke tuan rumah malah. Hmm.. Tamu tapi sebener e tuan rumah.. Sopo yo njenengan iki..

    Penasaran po mboteen..??

    Mboteen??
    Yakiin??

    Tetep terus pantengin seus lastri yoo.

    Dadah bye bye muaachh...

    Apa itu Botd coba masuk trit INI
  • i found this one does help me... thanks TS :)
  • Tsnya pernah ditolak ngak?
  • @triumvirate alhamdulillah belum..
    karena tiap kali gw mau nembak, gw selalu tanya duluan...
    "perasaan kamu ke aku gmn sih ?
    dan untungnya orang yg gw suka , selalu suka sama gw..

    bukan sok kepedean ya..
    tapi so far so good sampai saat ini.
  • "hahaha, apa deh becanda lo. lo kan siapa aja juga ditaksir."
Sign In or Register to comment.