BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

berbagi Pengalaman Menolak Orang (sorry Bro gw gak bisa jadi BF loe)

245

Comments

  • Pernah tolak seseorang.... Nice person, rumah deket... Lupa kenapa dulu nolaknya. Tapi lalu malah jadi teman deket sampe sekarang....
  • Orang yang kecewa ketika ditolak adalah manusia yang gak realistis. Mereka gak punya rencana cadangan reaksi dan tindakan apa yang harus dilakukan ketika ditolak.

    Coba bandingkan ketika kita nawar barang yang kita mau dan tawaran kita ditolak ama pedagangnya. Kita rayu pedagangnya untuk nurunin harga. Tetep gak mau turun harganya. Kok bisa ya gak sakit hati? Karena dari rumah udah siapin alternative: cari barang di toko laen, bayar harga yang ditetapkan penjual, ataupun gak jadi beli sama sekali.

    Kenapa nyari pasangan hidup gak bisa terapin metode yang sama kayak nawar barang? Karena masih banyak yang doyan nonton drama picisan yang dicekokin dengan akhir happy ending. Yang bikin lebih parah lagi, temen-temennya orang yang model kayak gini gak tau ngebedain kapan saat serious dengerin temen yang emang lagi butuh support kapan saat becanda.

    Solusinya? Untuk mereka yang cukup beruntung ditaksir, belajarlah mengatakan 'tidak' dengan bijaksana. Caranya? Jangan langsung bilang 'tidak' di awal penolakan. Jangan juga berbohong memberi harapan palsu. Mulailah dengan mengucapkan terima kasih atas perhatian khusus si orang yang naksir kita tersebut, "Wah, beruntung banget nih saya udah dapet perhatian dari kamu. Makasih lho ama perhatiannya." Berhenti sampe disitu aja. Jangan nambahin kege'eran si orang itu, jangan juga ngurangin keramahan kita. Tunggu reaksi si orang tersebut akan komentar kita tadi sebelum lanjut ke reaksi kita yang berikut. Reaksi orang tersebut akan ada 3 option utama ini: 1) Langsung ngerti bahwa itu penolakan secara alus dan ambil ancang-ancang untuk menyatakan rasa suka ke gebetan berikutnya; 2) Gak percaya ama apa yang dia denger dan biasanya lanjut dengan pertanyaan yang menyebalkan, "Maksudnya?"; 3) Kepedean ataupun kege'eran, dipikirnya gayung telah bersambut dan kita udah jadi milik dia.

    Seandainya semua orang bisa langsung nangkep dan mengerti seperti reaksi option nomer 1, betapa indahnya lah dunia ini. Sayangnya, reaksi option 2 atau 3 lah yang seringnya mendominasi kenyataan. Reaksi apa yang kita harus siapkan selanjutnya?

    Untuk option nomor 2, siapin beberapa penjelasan extra. Sekali lagi, beberapa. Ibarat mau dapetin buah di dahan yang tinggi, kalo kita punya 5 biji batu pasti gak lima-limanya dipake untuk sekali ngelempar, kan. Begitu juga menghadapi pemberi reaksi nomor 2. Kasih satu penjelasan per-pertanyaan, "Maksudnya?" "Artinya?" "Apa sih?" "Apaan tuh?" "Gak ngerti", dsb. Contoh beberapa jawaban yang bisa disiapin:
    1. Kamu itu baik sekali
    "Maksudnya?"
    2. Kamu orangnya perhatian
    "Lantas?"
    3. Kamu juga ramah
    "Ngomong apa, sih?"
    4. Udah gitu punya semangat tinggi pula

    Kalo udah point ke 4 dia masih belum ngeuh, saatnya senjata pamungkas kita keluarin, "Maaf kalo masih belum ngerti juga. Saya khawatir kalo kita lanjut akan makin banyak yang lebih gak dimengerti kedepannya." Kalo makin dicecar dan makin bikin kita gak nyaman, segera tinggalkan orang itu, "Maaf, saya harus pergi sekarang. Terima kasih atas waktunya, ya." Jangan kepancing ama reaksi berikut yang kemungkinan bisa dengan gampang ditebak: tunggu dulu dong, belagu lo, sok kegantengan, dll reaksi gak menyenangkan lainnya. Jangan kepancing untuk ngebales ataupun adu argumen ama komentar kekanak-kanakan. Jangan kepancing untuk kasih penjelasan lebih, misal mau pergi kemana, siapa yang udah nunggu kita, dll. Bukan urusan dia kemana kita pergi ataupun dengan siapa kita akan pergi setelah diperlakukan seperti itu. Intinya, kalo dia masih tetep gak ngerti 'penjelasan' kita, dia bukan orang yang tepat untuk teman hidup, period.

    Option ke 3, dianya kege'eran ngerasa kita udah milik dia. Stop kasih harapan palsu. Seringkali kita memanfaatkan apa yang dia punya lebih, entah itu kendaraan untuk anter jemput lah, duit untuk dijajanin atau belanjain lah, dll. Karma akan datang ke orang yang memanfaatkan orang lain. Segera brenti'in kebiasaan itu dan jadilah mandiri dan dewasa.

    Semoga menolong :)
  • komunikasi masih lancar sampai sekarang, jalan bareng sbg teman jg sering..
    uhh sayangnya saya yg ada di posisi penembak dan mengalami penolakan. haha. dari awal2 agustus tahun lalu. hampir tiap minggu aku nembak. haha tp ditolak terus.

    terus berhenti di penghujung oktober.
    sampai kemarin pertengahan januari dia'nya merasa kehilangan kali, sampe nanya 'kok ga pernah nembak2 lagi sih'. haha saya sudah punya l*p* waktu itu.

  • nice advice @rawasari....
    ulasan yg sangat menarik
  • haha5 wrote: »
    ga prnah nolak gue bang, ga ada yg nembak soalnya :))

  • rawasari selalu juara
  • vinderto wrote: »
    Saran aja sih: kalau bisa ts-nya jangan yang terlalu ramah/baik/care, yang terkesan memberi harapan.

    tapi ujung-ujungnya ga bisa pleasing semua orang, ada yang digituin langsung dibilang sok jual mahal, pas diramahin dibilang php hahaha...

    Jadi diri sendiri aja, kalo first impression tertarik ya give him well-response, atau kalo emang dasarnya ramah, ya bagus atuh ramah ke semua orang kan :)
  • setuju dech ama @rawasari. . wong kita beli baju aja pilih2 ... ^^,) so wajar aja ...
  • Menolak sekali...di tolak..?berkali kali...
  • advice nya rawasari, emg bagus
    tp kl gw sih tipikal yg ga suka kata2 kiasan dengan makna tidak langsung, meski bertujuan tidak menyakiti. krn ditolak emg sakit dan mengecewakan, mau pk kata2 kiasan ataupun langsung, hehe *pengalaman ditolak*.
    gw kl nolak bilang aja "lebih baik kita temenan aja ya" atau "maaf, makasih atas perhatiannya kayaknya engga bisa". tp kl gw ga suka dr awal gw udh coba menghindari semua perhatiannya.
  • aku pernah menolak dan ditolak, pernah ngerasain dua-duanya :)
  • @young_dentist : gw jd penasaran beli apa di gramedia? Buku TOEFL atau buku psikotest? :D
    Mo ambil apa nih dok? Perio, Prosto, Konser, Ortho atau BM?
  • Nugie wrote: »
    @young_dentist : gw jd penasaran beli apa di gramedia? Buku TOEFL atau buku psikotest? :D
    Mo ambil apa nih dok? Perio, Prosto, Konser, Ortho atau BM?

    sama !
  • baru 2 kali pacaran 1 sama cewek 1 sama cowok (cm sbntr) dia nya ilang g tau kemana ._.
Sign In or Register to comment.