BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

[Ini blognya Budi] "Sexual or Hopeless Romantic; is This Gay Culture?" (@ page 19)

13468920

Comments

  • @Solous bisa tolong dicerna lagi gak? pelajaran hidup itu banyak. buku juga banyak. ga cuma satu. jadi kalo pelajaran hidup yang satu belum aelesai, jangan cari pelajaran yg lain. selesai atau enggaknya, lo yg ngerasain. gue baca buku conversation with God baru setengah msh bingung. kadang protes. udah selesai, gue paham dan sepakat.

    nasalahnya imajinasi lo kadang melenceng dari konteks pembicaraan di sini. kayak yang Yesus tadi aja. semua kan ada pola dan alur.ga lantas campur aduk gitu aja.

    masalah Tuhan emang pribadi. tapi kok harus dirahasiain? maaf, tp gue ga bisa nerima yg kaya gitu. ga masalah lo "deket" dengan Tuhan dgn cara apa. asal gue tau aja. tapi kalo bener bener ga tau, yaaaaa gue jadi males karna ga bisa nyambung. soalnya gue ga tau dasar paling kuat yg lo pegang apaan
  • "kamu harus berakhir dulu dong kalo mau dapet pelajaran hidup?" loh emang pelajaran hidup cuma satu ya? ngabisin waktu seumur hidup gitu?

    masalah inspirasi pun gue udah brenti untuk ga lagi cuma amaze dengan quotes. karna biasanya akan melupakan bagian yg lain di luar quote itu. akhirnya pemahaman yg di dapet ga utuh.

    yang lain di sini emang ga gue tanya sih gimana cara mereka dekat dengan Tuhan. paling juga lewat agama. kalopun enggak, ya kan mereka blm diskusi panjang kaya kita. makanya gue belom merasa butuh nanya itu. nah berhubung elo gue tanya, jawab dong.

  • yg masalah hidup2.. makanya aku tanya hidup yg kamu bilang disini itu kyk gmn...
    skr ak dh tw mksdmu....
    masalahnya aku cepat bosan deh...
    kalo nunggu satu bku slese ya mati aja...
    gabisa pakem kyk gitu lah aku...



    ya kn semuanya emang nyampur... ada hubungannya...
    aplg sama sejarah...
    yang masalah yesus yg mana?
    pembicaraan yg mana?


    yg quotes, aku stuju aja sih...
    kyk quotesnya Einstein, yang bilang agama tanpa sains bakal labil.... itu kalimat yg dipotong dri paragraf panjang...jadinya sesat... sesungguhnya bukan itu....

    aku quotes2 biasanya aku pikir dulu lah, kritis... aku cerna... aku hubung2in dengan semua hal yg dikeluarkan oleh intuisi2ku....


    yaudah kamu yg maksa, aku agnostik...
    tapi agama apapun sama aja... agama n tanpa agama sama aja...aku manusia...
    mungkin aku humanis....
    aku manusia bertanya....
    bisa dibilang juga agamaku itu semua....
    aku juga ga beragama...
    aku bisa dibilang dekat bisa dibilang ga dekat sama tuhan (gatau tuhan apa yg dimaksud)....


    km tanya apa? ga ada kalimat tanya nya gitu?
    yg deket sama tuhan2 itu mksdmu?
    meditasi disegala kesempatan dan kalo inget...
  • @silenceword gue hampir setuju semua sama omongannya Sujiwotejo, make sense intilahnya kalo dipikir dalam.
    Contoh pemahaman dia mengenai benar dan salah itu seperti segitiga, manusia umumnya melihat "benar" di sudut kanan bawah, sedangkan "salah" di sudut kiri bawah. Sudut paling atas adalah Tuhan. Intinya semakin merujuk pada Tuhan, semakin hambar pula "benar dan salah".

    @solous nice article, thanks
  • aduh ni thread jadi "berat" gini ya? apa aku nya aja yg terlalu pragmatis? ga biasa mikir yg berat2 ?
    tapi.. emang tujuan dibikin thread ini memang bahas tentang hidup kan ? dan hidup itu memang berat kan ? seenggaknya itu pendapat umum manusia ....
    yah gw rasa apa yg dituju oleh TS dgn membuat thread ini tercapai ya..
    gw sih pgn nimbrung, tapi apa daya gw posting pake hape jadi ga bisa leluasa..
    juga di laptop gw ada masalah kesulitan buka boyz forum.,
    oke deh dilanjut aja diskusinya, ikut baca2 dulu, walo byk sih yg gw harus baca ulang... biar ngerti maksud penulisnya.....
  • @2000LY berat tapi asik, membuat kita berpikir. Kita juga gak harus ikut pemikiran A atau B atau C atau D tapi setidaknya bisa bikin kita gak skepti :)
  • adindes wrote: »
    @silenceword gue hampir setuju semua sama omongannya Sujiwotejo, make sense intilahnya kalo dipikir dalam.
    Contoh pemahaman dia mengenai benar dan salah itu seperti segitiga, manusia umumnya melihat "benar" di sudut kanan bawah, sedangkan "salah" di sudut kiri bawah. Sudut paling atas adalah Tuhan. Intinya semakin merujuk pada Tuhan, semakin hambar pula "benar dan salah".

    @solous nice article, thanks

    @adindes ndes, dindes, yang tentang segitiga itu....
    aku setuju... benar salah dan tuhan, tuhan itu kan ada di dalam diri kita....
    jadi semua benar salah itu ya kita yang ngatur....
    coba rasakan...

    btw, bapaknya yg di link aku kasih itu...
    note nya bkin jelas semua...
    tentang apa yg sedang terjadi di dunia ini....
    kmrn habis baca2 note fb nya dan ngbrol2 sama bapaknya.. aku lg beli bkunya...
    ada bbrp alinea saya baca sampe merinding....gila...
    hahaha.....

    @2000LY aku ya ada bbrp yg aku baca2 ulang juga....
    hahahaha :D
    tp sedang2...
    hahaha...
  • @2000LY kalo mau buka di laptop, coba pake trik dari gue. kalo blokirnya bandel dan mau praktis. buka vtunnel.com trus isi boyzforum.com di kotaknya itu. nanti tinggal login ke BF dam semua berjalan normal. tp sekali post ga bisa diedit :D
    thread ini sebenernya ga ada tujuannya. kalo panas bagus, debat juga bagus, diskusi dan saling sepakat juga bagus. semuanya boleh. cuma ada kalanya gue bakal tiba tiba kabur kalo udah males. like the old time. ga peduli mau disebut cemen, keras kepala, tukang maksa, sok tau.
    ini aja gue baru balik lagi kan? padahal masih sering berkeliaran di thread laen :p
  • @adindes gue suka kalo dia udah bawa bawa tokoh wayang. pendapatnya netral tanpa mengutuk dan memberi label kalo kata gue sih.


    gue lupa kalimat populer ini milik siapa, yg jelas bunyinya "aku berpikir, maka aku ada."
    gue suka sih "mikir" yg ga biasa dipikiran karna udah biasa diterima begitu saja.
    gue juga inget kalimatnya Dee "aku memilih, maka aku ada".
    penjelasan lebih lanjut, ada di Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh. alias Supernova buku pertama.
    penjelasan ilmiahnya ada dan sangat masuk akal.
    jujur gue sama sekali belum pernah bemer bener paham sama fisika. tapi gue ga mau berpikir seperti itu saat baca buku Supernova pertama ini. jadinya, gue ngerti (setelah 3x baca)
  • @silenceword iyah, dia ambil pemahaman tentang hidup kayaknya semua dari kisah-kisah pewayangan.
  • Saya kembali membaca buku Ayu Utami. Ga langsung terkontaminasi dengan “idealisme” di buku yang saya baca itu, tapi idealismenya di bukunya yang terdahulu. Atau lebih tepatnya garis besarnya aja. Saya suka “belajar” dengan cara seperti ini. Saya ga akan bilang belajar tentang kehidupan karna saya ga bisa sepakat bahwa hidup itu belajar, sedangkan dalam menjalani hidup, hal hal yang dilakukan nyaris semuanya berbentuk spontanitas tanpa kesadaran. Sekalinya “belajar” hal itu dilakukan ketika kita lagi ga ngapa ngapain. Diem di kamar, baca buku, internetan, ga ada temen tapi lagi di keramaian, dll. Bahkan kadang “belajar” baru dilakukan ketika sesuatu sudah terjadi. Saya ga bisa bilang itu parah. Atau buruk. Atau ga bagus. Karna hidup ini spontanitas bagi sebagian besar orang yang menjalaninya.

    Saya juga ga melabeli apa yang saya dapat sebagai pengetahuan atau pemahaman (yaaahhh walaupun pada awalnya saya menganggapnya begitu sih. Makanya judul threadnya jadi pemahaman). Saya menyebutnya proses menjadi sadar. Atau kesepakatan, walaupun si penulis buku ga secara tersurat menawarkan karyanya sebagai bentuk kesepakatan.

    Saya bersyukur karna saya berproses melalui buku bukunya Ayu Utami, Dee, Paulo Coelho dan buku Conversation with God yang entah karyanya siapa saya lupa. Karna mereka tidak menjabarkan sesuatu yang berupa fakta mentah maupun fakta yang dianalisis mendetail. Mereka hanya berbagi penyikapan mengenai fakta yang ada, tanpa menjelaskan lebih detail lagi. Saya tidak terlalu suka sejarah. Tidak juga menyukai analisis kepeceryaan dan bagaimana terbentuknya suatu sistem di masa lalu. Saya justru lebih suka pandangan pribadi. Sudut pandang. Saya merasa bahwa mereka yang memiliki sudut pandang lebih berusaha dibanding mereka yang mencari. Karna mereka membentuk sendiri. berproses. Bukan sekedar mencari. ATAU, mereka yang mencari, tapi juga menceritakan bagaimana prosesnya, bukan hanya menjabarkan hasil. Saya tidak bilang itu buruk. Karna saya bosan mengukut nilai dari sesuatu. Kalo kata Ayu Utami sih, ketika kita sudah memberi nilai pada sesuatu, nilainya jadi lebih penting dibanding sesuatu itu tadi. Tapi manusia lain masih ada yang hidup dalam skala penilaian. Jadi ya terserah kalau ada yang berpendapat saya menilai buruk atas sesuatu. “Namanya juga hidup. Tuhan yang nentuin, diri sendiri yang ngejalanin, orang lain yang ngomentarin”. Kata temen di Path sih gitu (walau dalam hati saya yakin, yang Tuhan tentukan itu… kebebasan. Jadi kasarannya malah ga nentuin apa apa).

    Tulisan saya kali ini sepertinya akan menjadi tulisan yang nggak ada isinya (kalo ada, sebenernya ga usah dicari sih). Saya akan mengakhirinya sesegera mungkin. Yang ingin saya tekankan, apa pun yang kamu inginkan, bisa kamu peroleh tanpa “usaha”. Termasuk proses menjadi sadar dan sepakat. Yang bisa disebut juga mencari pelajaran hidup. atau pengetahuan hidup. mereka akan datang, asal kamu hadir. Saya sejujurnya tidak pernah benar benar mengincar apa yang saya cari. Saya ketemu buku buku itu tanpa saya tau isinya apa. Saat saya iseng ke toko buku dan bingung mau beli buku apa. Dan saat saya ga kepikiran apa pun untu berproses…. Seperti sekarang. Makanya saya tidak akan membeberkan apa yang saya tau secara detail. Karna kalau kamu mau, kamu akan mendapatkannya. Makan sendiri lebih enak daripada disuapin. tapi jangan rancu. karna keseringan hidup dalam spontanitas, kita jadi suka bingung, kita ini lagi disuapin atau makan sendiri.

    Selamat tengah malam dan selamat tahun baru.


    Silencewords
  • Aku juga discreet. Tapi aku tetep mau menikah dengan cewe.. pengen banget jadi ayah, nemenin anak mencapai hal yang ga bisa aku capai. pengennya sih anak COWO. dia mesti lebih ganteng dari aku, lebih manly dari aku, aku ga mau dia jadi gay, aku ingin dia bisa capai cita-citanya dengan perjuangannya, ga kayak aku yang penuh kebimbangan kadang kalau harus berkeputusan.. Masalah aku dan orientasi seksualku, biar aja tersimpan sampai aku mati, anggap aja Tuhan anggap aku kuat makanya aku dianggap mampu nerima rasa ini dan ngalahin rasa ini untuk buktiin kalo aku emang lebih cinta Tuhan daripada diriku sendiri..
  • edited March 2014
    kaum pria adalah kaum yang terlalu berpegang teguh pada sistem. entah sistem masyarakat, norma, maupun sesuatu yg sering disebut sebagai prinsip. ini tentu saja tidak bisa disamaratakan, tapi beberapa pria memang seperti itu (entah banyak atau sedikit).
    saya sering kali menentang stereo type lelaki yg demikian.
    seperti contohnya baru baru ini.
    saya akui, di mata orang, saya terlihat agak feminin. plus saya gay pula (well, sebenernya bisex sih) dan belum ada satupun yg tau fakta satu itu.
    saat itu saya dan teman saya terlibat dalam perbincangan seperti ini.
    temen : "lo kalo liat cewe telanjang gitu tapi masih napsu kan?"
    saya : "buat gue, itu pertanyaan aneh!! aneh banget. karna buat gue, wanita bukan objek seksual. jadi gue ga bisa jawab"
    temen : "tapi kalo ada orang nanya, buat mastiin kalo lo msh cowo bgt gitu kan boleh dong lo jawab".
    saya : "loh kan mereka punya mata. diliat aja udah keliatan kan gue cowok? bego banget kalo musti nanya lagi!"
    temen : "trus kalo orang nilai lo homo gimana?"
    saya : "lah bodo amat!! mending gue dibilang homo deh daripada ngomongin cewek dgn menjadikannya objek seksual. komen komen mereka, ya suka suka mereka!"
    terkesan sebuah excuse yang terlampau baik memang, mengingat saya MEMANG homo. TAPI, saya juga masih menyukai wanita. secara seksual? ya!! tapi saya ga pernah bisa membahasnya lebih detail lagi karna alasan yang sudah saya bilang di atas ke temen saya.
    jadi, banyak pria menganggap wanita adalah objek seksual, pria yg tidak demikian dianggap "belok". untuk tahapan ini, mentok cowo dibilang homo. ga ampe bencong, ngondek, dsb.

    beralih ke masalah yang lebih kecil. waktu di kost, saya lagi duduk. duduk bebas aja di lantai. ga bener bener merhatiin posisi duduk. ternyata posisi duduk saya kaya cewek (kalo menurut pola pikir masyarakat kebanyakan). jadi posisinya yg kaya pose putri duyung gitu -_-
    temen saya bilang "lo duduknya yang kaya cowok napa!!" karna itu kedua kalinya dia ngingetin dan saya agak sebel, saya bilang "ah itu kan pandangan masyarakat aja!! gue ga peduli!! yang duduk gue ya suka suka gue!! ribet amat duduk begini kaya cowo, duduk begitu kaya cewe!!"
    di kantor pun, karna emang saya badannya sering capek dan pegel pegel, badan saya jadi agak bungkuk.
    temen saya juga mengomentari hal yang sama "badannya yg tegap dong. biar kaya cowok!"
    "ah ya suka suka gue dong! emang lagi capek!"
    jadi, banyak pria yang memberi kelamin pada sesuatu sampai yg kecil kecil sekalipun (cara duduk tadi contohnya. padahal emang ga ekstrim cewe banget).

    kedua hal tersebut mempunyai kemiripan. beberapa pria (untuk menghindari penyamarataan) adalah kaum yang suka menilai. pengalaman yang saya dapatkan ini membuat saya semakin suka menjadi diri sendiri. karna saya tidak terus menerus terjebak dalam sistem nilai dan kategorisasi gender. tidak seperti kebanyakan "teman" yang ada di sekitar saya
  • @algonzo : yaahh di up doang :( komen bisa keleus *berasa butuh bgt diramein gitu thread gue
Sign In or Register to comment.