BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

DID YOU KNOW ?

145679

Comments

  • Penelitian menarik tentang uang

    moneys-of-the-world-2.gif

    Buku Passion, Profit and Power tulisan Marshall Silver memuat penelitian yang menarik.
    Ternyata hanya 1% orang yang menguasai 50% uang yang beredar di seluruh dunia,
    dan hanya 5% orang yang menguasai 90% uang yang beredar.
    itu artinya, 95% orang di seluruh dunia berebut menguasai 10% uang yang beredar.
    Bila uang yang ada di seluruh dunia ini dibagi rata, setiap orang akan menerima uang sekitar Rp. 24 miliar.
    Lebih lanjut Marshall Silver meramalkan bahwa dalam waktu lima tahun dari sejak semua orang mendapat bagian dari uang yang dibagi rata tersebut,
    komposisi akan kembali ke angka semula.
    1% orang akan menguasai 50% uang yang beredar dan 5% orang akan kembali menguasai 90% uang yang beredar,
    sementara 95% orang akan berebut 10% uang yang beredar.
    Ironis bukan?
  • Misteri Kejeniusan

    Kejeniusan adalah berpikir dlm cara yg blm pernah dilakukan org. Meski tampaknya di dunia ini tdk ada yg baru, banyak sekali sebetulnya yg belum ditemukan, diciptakan, digali, atau diperdalam org.
    Neuropsikologi Howard Gardner menunjukkan jenis dan sisi kejeniusan bervariasi sebagaimana bentuk-bentuk kecerdasan pun bervariasi. Orang jenius mampu melihat sesuatu yg luput dari penglihatan org lain. Mereka melihat kemungkinan diantara ketidakmungkinan.
    Banyak org jenius mampu menyederhanakan hal yg rumit, mengenali hal yg tdk dikenala. Mampu memahami yg tak terpahami, memahami secara lengkap sementara org lain hanya sebagian. Mampu meninjau ide lama dan menemukan sesuatu yg baru. Mampu meracik ulang informasi dalam cara baru dan segar.
    Seorang jenius, dgn intuisinya, mampu melihat apa yg ada dibalik sesuatu. jenius ilmu pasti dan matematika mampu memperlihatkan fakta alam yang tdk kasat mata, seperti cahaya, gravitasi,listrik, dan fenomena lainnya.Akan tetapi, dijelaskan atau didefinisikan seilmiah apapun, kejeniusan tetap semisterius alam semesta ini
  • Segitiga Bermuda: Misteri Dibalik Samudera Atlantik

    the-bermuda-triangle.jpg

    ni merupakan satu misteri besar dalam sejarah. Sebuah wilayah di kawasan Samudera Atlantik yang menelan banyak korban. Dilaporkan ratusan kapal laut dan pesawat udara hilang di areal ini, lenyap sama sekali tanpa bekas. Zona maut yang dikenal sebagai "Segitiga Bermuda" (Bermuda Triangle)!

    Zona itu membentuk segitiga imajiner seluas 4 juta km persegi. Segitiga itu akan terbentuk di peta seandainya sebuah garis ditarik dari Kepulauan Bermuda (teritorial Inggris) sebagai titik di wilayah utara; menuju ke Puerto Rico (AS) sebagai titik di selatan; kemudian diteruskan ke Miami (Negara Bagian Florida, AS) sebagai titik di barat; dan garis terakhir ditarik dari Miami menuju Kepulauan Bahama.

    Kisah tentang keanehan di kawasan "Samudera Atlantik" itu tidak diketahui pasti sejak kapan persisnya, namun berbagai cerita yang berkembang merujuk sejak masa pelayaran pertama melintasi daerah barat daya Kepulauan Bermuda.

    Bahkan Christopher Columbus pernah mencatat misteri yang terjadi di sini dalam pelayaran penjelajahan samuderanya. Tahun 1942, saat Colombus bergerak menuju Amerika, ia melintasi Samudera Atlantik yang termasuk kawasan Segitiga Bermuda. Ia mencatat tentang laut yang tampak aneh walau cuaca tampak baik. Kompas kapal-nya tiba-tiba mengalami kekacauan, berputar tak tentu arah. Colombus mencatat, pada suatu malam kru kapalnya melihat pijar bola-bola api di angkasa yang menghujam laut. Namun seluruh pelayaran Colombus terbilang aman.

    "Menurut catatan lain, sebuah kapal Atlanta berbendera Inggris (1880) dilaporkan lenyap dikawasan Segitiga Bermuda. Seluruh penumpang berjumlah ratusan pelaut dan perwira AL Inggris lenyap tak berbekas."

    Lalu Oktober 1951, kapal tanker "Southern Isles" lenyap ketika berlayar dalam konvoi. Iring-iringan kapal lain hanya melihatnya cahaya kapal itu terakhir kali sebelum hilang tanpa bekas. Insiden lain kapal tanker "Southern Districts" tenggelam dengan cara yang sama pada Desember 1954. Ia hilang tanpa meninggalkan SOS ketika berlayar melintasi wilayah Segitiga Bermuda menuju utara arah South Carolina.

    Masih banyak lagi kapal-kapal laut yang dilaporkan hilang di wilayah yang juga dijuluki "Segitiga Setan" (Devil's Triangle) itu. Tak kurang dari ratusan kapal lenyap tanpa bekas sama sekali. Dan bukan hanya kapal-kapal laut, pesawat terbang juga tak luput dari naas.

    Sebut saja yang terbesar adalah hilangnya satu skuadron pesawat latih AL AS, "Flight 19" pada 5 Desember 1945. Lima pesawat pembom Grumman TMB-3 Avenger itu lenyap beserta 14 pilot dan kru-nya. Satu insiden dalam dunia penerbangan yang paling menghebohkan. Bahkan satu pesawat amfibi PBM Mariner yang mengemban misi penyelamatan kelima pesawat itu mengalami nasib serupa, hilang di Segitiga Bermuda sekitar beserta 13 kru dan tim SAR.

    Semua kapal laut atau pesawat udara yang dilaporkan hilang di Segitiga Bermuda, memang tidak pernah ditemukan bangkainya bahkan seluruh korban manusianya juga hilang tanpa bekas. Inilah yang membuat banyak ahli pusing dan berspekulasi mengenai sebab musabab peristiwa seperti itu bisa terjadi.

    "Beberapa Teori Penjelasan"
    Sampai tahun 1999 saja, tercatat masih ada kapal modern berukuran besar yang hilang tanpa jejak di Segitiga Bermuda. Banyak teori yang kemudian dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang terjadi di Segitiga Bermuda. Kenyataannya, misteri di Segitiga Bermuda belum jua terkuak hingga kini.

    Dari sekian banyak teori, ada yang menyebutkan teori pelengkungan waktu, medan gravitasi terbalik, abrasi atmosfer, teori anomali magnetik-gravitasi. Di samping itu masih ada teori tentang fenomena gempa laut, serangan gelombang tidal, hingga lubang hitam (black-hole) yang hanya terjadi di angkasa luar sana. Dan ada juga yang menghubungkannya dengan UFO dan menghilangnya Benua Atlantis.

    Dari sekian banyak konsep dan teori yang berupaya menjelaskan fenomena alam itu, justru Lawrence David Kusche memberikan penjelasan kontroversial. Dalam bukunya "The Bermuda Triangle Mystery Solve" (1975), Kusche mematahkan semua anggapan dan teori spekulasi yang diajukan terhadap Segitiga Bermuda. Ia lebih menganggap peristiwa yang terjadi di kawasan itu terlalu dibesar-besarkan.

    Beberapa kesimpulan Kusche: kapal-kapal dan pesawat terbang yang dilaporkan hilang di daerah tersebut tidak begitu besar secara signifikan bila dibandingkan dengan yang terjadi di belahan samudera lainnya. Ia menyatakan, dalam daerah yang sering mengalami badai tropis, jumlah yang hilang itu sebagian besarnya tidaklah begitu menyolok ataupun bersifat misterius.

    Kusche beranggapan, angka-angka yang menunjukkan jumlah korban itu sendiri cenderung membesar-besarkan hasil riset. Misalnya, sebuah kapal boat dinyatakan hilang, namun akhirnya dia kembali dan tidak dilaporkan. Ia juga 'menyindir' para penulis yang terlalu membesar-besarkan perihal misteri di Segitiga Bermuda walau datanya kurang atau karena salah tafsir demi kepentingan sensasi.

    Apapun ceritanya, setidaknya Segitiga Bermuda tetap menyimpan misteri. Banyak ahli masih mengkaji fenomena alam ini. Masih diperlukan penjelasan ilmiah yang bisa menjawab semua pertanyaan besar itu tanpa keraguan.
    __________________
  • Misteri Pulau Berusia Jutaan Tahun (Papua)

    BAGI pendaki gunung, mendaki jajaran Pegunungan Jayawijaya adalah sebuah impian. Betapa tidak, pada salah satu puncak pegunungan itu terdapat titik tertinggi di Indonesia, yakni Carstensz Pyramide dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

    Jangan heran jika pendaki gunung papan atas kelas dunia selalu berlomba untuk mendaki salah satu titik yang masuk dalam deretan tujuh puncak benua tersebut. Apalagi dengan keberadaan salju abadi yang selalu menyelimuti puncak itu, membuat hasrat kian menggebu untuk menggapainya.

    Tetapi, siapa yang menyangka jika puncak bersalju itu dahulunya adalah bagian dari dasar lautan yang sangat dalam!

    "Pulau Papua mulai terbentuk pada 60 juta tahun yang lalu. Saat itu, pulau ini masih berada di dasar laut yang terbentuk oleh bebatuan sedimen. Pengendapan intensif yang berasal dari benua Australia dalam kurun waktu yang panjang menghasilkan daratan baru yang kini bernama Papua. Saat itu, Papua masih menyatu dengan Australia," jelas ahli geologi Fransiskus Benediktus Widodo Margotomo saat memaparkan sejarah terbentuknya Pulau Papua.

    Keberadaan Pulau Papua saat ini, lanjutnya, tidak bisa dilepaskan dari teori geologi yang menyebutkan bahwa dunia ini hanya memiliki sebuah benua yang bernama Pangea pada 250 juta tahun lalu. Pada kurun waktu 240 juta hingga 65 juta tahun yang lalu, benua Pangea pecah menjadi dua dengan membentuk benua Laurasia dan benua Eurasia, yang menjadi cikal bakal pembentukan benua dan pegunungan yang saat ini ada di seluruh dunia.

    Pada kurun waktu itu juga, benua Eurasia yang berada di belahan bumi bagian selatan pecah kembali menjadi benua Gonwana yang di kemudian hari akan menjadi daratan Amerika Selatan, Afrika, India, dan Australia.

    "Saat itu, benua Australia dengan benua-benua yang lain dipisahkan oleh lautan. Di lautan bagian utara itulah batuan Pulau Papua mengendap yang menjadi bagian dari Australia akan muncul di kemudian hari," tambah sarjana geologi jebolan Universitas Pembangunan Nasional, Yogyakarta, pada 1986 ini.

    Pengendapan yang sangat intensif dari benua kanguru ini, sambungnya, akhirnya mengangkat sedimen batu ke atas permukaan laut. Tentu saja proses pengangkatan ini berdasarkan skala waktu geologi dengan kecepatan 2,5 km per juta tahun.

    Proses ini masih ditambah oleh terjadinya tumbukan lempeng antara lempeng Indo-Pasifik dengan Indo-Australia di dasar laut. Tumbukan lempeng ini menghasilkan busur pulau, yang juga menjadi cikal bakal dari pulau dan pegunungan di Papua.

    Akhirnya proses pengangkatan yang terus-menerus akibat sedimentasi dan disertai kejadian tektonik bawah laut, dalam kurun waktu jutaan tahun menghasilkan pegunungan tinggi seperti yang bisa dilihat saat ini.

    Bukti bahwa Pulau Papua beserta pegunungan tingginya pernah menjadi bagian dari dasar laut yang dalam dapat dilihat dari fosil yang tertinggal di bebatuan Jayawijaya.

    Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.

    Sementara terpisahnya daratan Australia dengan Papua oleh lautan berawal dari berakhirnya zaman es yang terjadi pada 15.000 tahun yang lalu. Mencairnya es menjadi lautan pada akhirnya memisahkan daratan Papua dengan benua Australia.

    "Masih banyak rahasia bebatuan Jayawijaya yang belum tergali. Apalagi, umur Pulau Papua ini masih dikategorikan muda sehingga proses pengangkatan pulau masih terus berlangsung hingga saat ini. Ini juga alasan dari penyebutan Papua New Guinea bagi Pulau Papua, yang artinya adalah sebuah pulau yang masih baru," tambah peraih gelar master di bidang Economic Geology dari James Cook University, Townswille, Australia ini.

    Sementara keberadaan salju yang berada di beberapa puncak Jayawijaya, diyakininya akan berangsur hilang seperti yang dialami Gunung Kilimanjaro di Tanzania. Hilangnya satu-satunya salju yang dimiliki oleh pegunungan di Indonesia itu disebabkan oleh perubahan iklim secara global yang terjadi di daerah tropis.
  • Cepat Atasi Cegukan

    Water_Bottle.jpg

    Cegukan terjadi ketika diafragma, otot di dasar paru-paru mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan.

    National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.

    Cara mudah menyembuhkan cegukan adalah menahan napas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula.

    Anda juga dapat mencoba menghentikannya dengan meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit.

    Jarang terjadi cegukan lebih dari beberapa menit. Jika cegukan berlangsung selama beberapa hari, langkah yang bijak yakni berkonsultasi ke dokter.
  • Jumlah rambut kepala

    hair9.jpg

    Rata-rata kulit kepala manusia memiliki 100.000 helai rambut. Orang yang berambut merah memiliki kira-kira 90.000 helai, sementara orang yang berambut pirang dapat memiliki hingga 140.000 helai rambut. Kita kehilangan antara 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Setiap helai rambut bertumbuh hingga selama 3 tahun dengan kecepatan 5 inchi setahun - selanjutnya berhenti tumbuh selama 2 tahun sebelum rontok dan digantikan
  • Ikan Bercahaya Hasil Rekayasa Genetik Bakal Dijual

    Sejenis ikan tropis yang memancarkan cahaya merah akan menjadi binatang peliharaan pertama yang direkayasa, demikian diungkapkan para ilmuwan. Ikan jenis zebra ini sesungguhnya dirancang sebagai detektor adanya racun-racun yang ada di alam. "Ikan ini semula dikembangkan untuk membantu menanggulangi polusi lingkungan," kata Alan Blake dan rekan-rekannya dari Yorktown Technologies, perusahaan yang mendaftarkan ikan tersebut sebagai ikan peliharaan. "Mereka direkayasa agar memancarkan cahaya bila berada di lingkungan yang beracun atau tidak sehat."Ikan zebra (Brachydanio rerio) biasanya berwarna perak dengan garis- garis hitam keunguan. Dengan rekayasa genetis, ikan ini dapat memendarkan warna hijau atau merah dari tubuhnya. Warna merah atau hijau yang bersinar itu diambil dari warna ubur-ubur yang disuntikkan ke telur-telur ikan zebra. Dengan gen ubur-ubur itu, tubuh ikan zebra dapat memancarkan cahaya. Nah, agar bisa digunakan sebagai indikator polusi, maka para peneliti memasukkan gen pemicu yang akan mengaktifkan pancaran cahaya pada ikan bila ikan berada dalam lingkungan yang mengandung zat tertentu.
    __________________
  • nama terpanjang di dunia

    Mungkin bayi asal Inggris ini memiliki nama terpanjang di dunia dan
    paling sulit diingat. Simak saja nama bayi ini: Autumn Sullivan
    Corbett Fitzsimmons Jeffries Hart Burns Johnson Willard Dempsey
    Tunney Schmeling Sharkey Carnera Baer Braddock Louis Charles Walcott Marciano Patterson Johansson Liston Clay Frazier Foreman Brown.


    Bayi ini memiliki satu nama depan, 25 nama tengah, dan satu nama
    keluarga. Kedua puluh lima nama tengah semuanya diambil dari nama-
    nama petinju top di dunia.

    "Semua itu muncul karena ayah dan ibu terobsesi pada tinju dan selera
    humornya sedikit gila," kata ibu bayi tersebut, Maria, kepada Express
    and Star dan dikutip AFP (kompas)
    __________________
  • Inilah Kucing Tertua di Dunia

    mischieft.jpg

    Kesehariannya, Mischief tidur selama 16 jam dan gak lagi berpetualang meski diluar rumah keluarga Thorne di St Austell, Cornwall.

    Lalu apa ya yang bikin Mischief masih bisa menikmati makanannya setiap hari yang berupa makanan kering khusu kucing dan sesekali beberapa ons daging itu?

    ”Kami gak melakukan hal yang spesial. Dia hanya seekor kucing rakus dan malas yang akan makan apapun selama cakarnya bisa meraih. Ketika masih muda dia cukup aktif tapi sekarang dia gak banyak bergerak kecuali ada makanan. Kukira malasnya itulah yang pada akhirnya bikin si kucing bertahan,” jelas Donna Thorne (33 tahun), istri Chris, lewat dailymail.co.uk.


    Meski usianya lebih dari seratus tahun itu, sayangnya Mischief tidak tercatat dalam buku-buku rekor sebagai kucing tertua di dunia.

    Pun sebenarnya, usia Mischief yang 127 tahun itu adalah untuk ukuran tahunnya kucing. Dalam perhitungan tahunnya manusia, Mischief berusia 27 tahun.

    Juru bicara dari Guinness World Records mengatakan kucing tertua di Inggris sebelumnya adalah Willow, berusia 26 tahun dari Shrewsbury.
    Sedang kucing tertua didunia adalah Crème Puff dari Austin, Texas, yang bertahan hingga berusia 38 tahun.

    Menurut para pembuat makanan kucing, Purina, hitungan umur kucing adalah 2 tahun pertama mereka (kucing) berarti hampir sama dengan 25 tahun pertamanya seorang manusia. Dan baru setiap 1 tahun manusia sebanding dengan 4 tahunnya hitungan tahunnya kucing.
  • Ukuran Penis Ditentukan Dari Kebiasaan

    012.jpg

    Ukuran Mr P ternyata bisa mempengaruhi rasa percaya diri pria.Berdasarkan penelitian ukuran alat vital pria Indonesia berada antara 12-16 cm, dengan rata-rata sekitar 12 cm. Bandingkan dengan pria Amerika dengan rata-rata sekitar 15 cm dan pria Brasil dengan rata-rata 15,5 cm. Bahkan pria Afrika 17 cm.

    Ternyata Mr P berhubungan dengan kebiasaan sejak pria dalam kandungan. Lalu, kebiasaan apa yang menyebabkan Mr P berbeda-beda ? Penasaran kan ? Yuk.... kita cari tahu kebiasaannya.....

    Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa mempengaruhi ukuran Mr P Anda,

    # Selama hamil konsumsi zinc.

    Zinc sangat mempengaruhi perkembangan organ reproduksi, kurangnya konsumsi zinc akan mempengaruhi perkembangannya secara optimal.

    # Perbanyak makan protein untuk mengoptimalkan perkembangan Mr P.

    Anak-anak yang terlalu banyak mengonsumsi nasi menyebabkan badan anak-anak kita gemuk tapi tidak bertulang besar. Akibatnya, penis tidak berkembang optimal.

    # Kebiasaan menggunakan celana dalam

    Memakai celana dalam ketat sepanjang hari bukan sesuatu yang baik, cobalah hindari memakai celana terlalu ketat, menggantinya dengan celana pendek dan longgar akan lebih baik bagi pertumbuhan dan peredaran darah disekitar area vital.

    # Faktor Sunat

    Hindari melakukan sunat di usia yang masih dalam masa pertumbuhan. Biarkan kulit Mr P dan Mr P berkembang terlebih dulu. Usia yang tepat sunat dilakukan antara 13-14 tahun.
  • TOP TEN in the world

    1-2.gif
    2-2.gif
    4-2.gif
    5-2.gif
    6-2.gif
    7-2.gif
    9-1.gif
    10-1.gif
    11-1.gif
    12-1.gif
    13-1.gif
    14-1.gif
    15-1.gif
    16.gif
    18.gif
    23.gif
    26.gif
    38.gif
  • efek minum air dingin

    segelas_air_dingin.png

    Tidak hanya mengenai minum air hangat
    setelah makan, tapi juga tentang serangan jantung.
    Ini masuk akal...
    orang Cina dan orang Jepang minum teh panas dengan makanan
    mereka.. bukan air dingin..
    mungkin sudah waktunya kita mengadaptasi kebiasaan minum air
    hangat seperti mereka..

    Ga rugi.. malah untung..
    Untuk mereka yang suka minum air dingin,

    Memang enak untuk minum secangkir minuman dingin setelah makan.
    Tapi, air dingin akan mengeraskan
    makan an berminyak yang baru saja dimakan.
    Dan memperlambat pencernaan makanan.
    Ketika endapan ini bereaksi dengan
    asam lambung, endapan akan terpecah dan diserap oleh
    usus lebih cepat daripada makanan padat.
    Ini akan memenuhi usus.Sebentar saja, ini akan berubah
    menjadi lemak dan bisa mengakibatkan kanker.

    Paling baik meminum/memakan sup panas
    atau air hangat setelah makan.

    Catatan serius mengenai serangan jantung:
    Tidak semua gejala serangan jantung
    adalah sakit pada lengan kiri.
    Waspadalah jika ada rasa sakit yang
    terus menerus pada rahang.

    Mungk in kita tidak akan mengalami rasa
    sakit dada pertama ketika
    terjadinya serangan jantung.
    Rasa mual dan keringat yang berlebihan
    juga adalah gejala yang umum dijumpai.
    60% dari mereka yang terkena serangan
    jantung ketika tidur tidak terbangun.

    Ra sa sakit di rahang bisa membangunkan
    kita dari tidur nyenyak.
    Berhati- hatilah dan berwaspada.
    Semak in banyak kita tahu, semakin baik
    kesempatan kita untuk selamat.
    __________________
  • Dibalik kesuksesan Kerajaan 'HONDA'

    soichirohonda.jpg
    SOICHIRO HONDA : "Lihat Kegagalan Saya"


    Cobalah amati kendaraan yang melintasi jalan raya. Pasti, mata
    Anda selalu
    terbentur pada Honda, baik berupa mobil maupun motor. Merk
    kendaran ini
    menyesaki padatnya lalu lintas, sehingga layak dijuluki "raja
    jalanan".

    Namun, pernahkah Anda tahu, sang pendiri "kerajaan" Honda -
    Soichiro Honda -
    diliputi kegagalan. Ia juga tidak menyandang gelar insinyur,
    lebih-lebih
    Profesor seperti halnya B.J. Habibie, mantan Presiden RI. Ia
    bukan siswa
    yang memiliki otak cemerlang. Di kelas, duduknya tidak pernah
    di depan,
    selalu menjauh dari pandangan guru. "Nilaiku jelek di sekolah.
    Tapi saya
    tidak bersedih, karena dunia saya disekitar mesin, motor dan
    sepeda," tutur
    tokoh ini, yang meninggal pada usia 84 tahun, setelah dirawat
    di RS
    Juntendo, Tokyo, akibat mengindap lever.

    Saat merintis bisnisnya Soichiro Honda selalu diliputi
    kegagalan. Ia sempat
    jatuh sakit, kehabisan uang, dikeluarkan dari kuliah. Namun ia
    trus bermimpi
    dan bermimpi...

    Kecintaannya kepada mesin, mungkin 'warisan' dari ayahnya yang
    membuka
    bengkel reparasi pertanian, di dusun Kamyo, distrik Shizuko,
    Jepang Tengah,
    tempat kelahiran Soichiro Honda. Di bengkel, ayahnya memberi
    cathut (kakak
    tua) untuk mencabut paku. Ia juga sering bermain di tempat
    penggilingan padi
    melihat mesin diesel yang menjadi motor penggeraknya.

    Di situ, lelaki kelahiran 17 November 1906, ini dapat berdiam
    diri
    berjam-jam. Di usia 8 tahun, ia mengayuh sepeda sejauh 10 mil,
    hanya ingin
    menyaksikan pesawat terbang.

    Ternyata, minatnya pada mesin, tidak sia-sia. Ketika usianya
    12 tahun, Honda
    berhasil menciptakan sebuah sepeda pancal dengan model rem
    kaki. Tapi,
    benaknya tidak bermimpi menjadi usahawan otomotif. Ia sadar
    berasal dari
    keluarga miskin. Apalagi fisiknya lemah, tidak tampan,
    sehingga membuatnya
    rendah diri.

    Di usia 15 tahun, Honda bekerja Hart Shokai Company.
    Bosnya, Saka Kibara, sangat senang melihat cara kerjanya.
    Honda teliti dan
    cekatan dalam soal mesin. Setiap suara yang mencurigakan,
    setiap oli yang
    bocor, tidak luput dari perhatiannya. Enam tahun bekerja
    disitu, menambah
    wawasannya tentang permesinan. Akhirnya, pada usia 21 tahun,
    bosnya
    mengusulkan membuka suatu kantor cabang di Hamamatsu.
    Tawaran ini tidak ditampiknya.

    Di Hamamatsu prestasi kerjanya tetap membaik. Ia selalu
    menerima reparasi
    yang ditolak oleh bengkel lain. Kerjanya pun cepat memperbaiki
    mobil
    pelanggan sehingga berjalan kembali. Karena itu, jam kerjanya
    larut malam,
    dan terkadang sampai subuh. Otak jeniusnya tetap kreatif. Pada
    zaman itu,
    jari-jari mobil terbuat dari kayu, hingga tidak baik meredam
    goncangan. Ia
    punya gagasan untuk menggantikan ruji-ruji itu dengan logam.
    Hasilnya
    luarbiasa. Ruji-ruji logamnya laku keras, dan diekspor ke
    seluruh dunia. Di
    usia 30, Honda menandatangani patennya yang pertama.

    Setelah menciptakan ruji, Honda ingin melepaskan diri dari
    bosnya, membuat
    usaha bengkel sendiri. Ia mulai berpikir, spesialis apa yang
    dipilih?
    Otaknya tertuju kepada pembuatan Ring Pinston, yang dihasilkan
    oleh
    bengkelnya sendiri pada tahun 1938. Sayang, karyanya itu
    ditolak oleh
    Toyota, karena dianggap tidak memenuhi standar. Ring buatannya
    tidak lentur,
    dan tidak laku dijual. Ia ingat reaksi teman-temannya terhadap
    kegagalan
    itu. Mereka menyesalkan dirinya keluar dari bengkel.

    Kuliah

    Karena kegagalan itu, Honda jatuh sakit cukup serius. Dua
    bulan kemudian,
    kesehatannya pulih kembali. Ia kembali memimpin bengkelnya.
    Tapi, soal Ring
    Pinston itu, belum juga ada solusinya. Demi mencari jawaban,
    ia kuliah lagi
    untuk menambah pengetahuannya tentang mesin. Siang hari,
    setelah pulang
    kuliah - pagi hari, ia langsung ke bengkel, mempraktekan
    pengetahuan yang
    baru diperoleh. Setelah dua tahun menjadi mahasiswa, ia
    akhirnya dikeluarkan
    karena jarang mengikuti kuliah.

    "Saya merasa sekarat, karena ketika lapar tidak diberi makan,
    melainkan
    dijejali penjelasan bertele-tele tentang hukum makanan dan
    pengaruhnya, "
    ujar Honda, yang gandrung balap mobil. Kepada Rektornya, ia
    jelaskan
    maksudnya kuliah bukan mencari ijasah. Melainkan pengetahuan.
    Penjelasan ini
    justru dianggap penghinaan.

    Berkat kerja kerasnya, desain Ring Pinston-nya diterima. Pihak
    Toyota
    memberikan kontrak, sehingga Honda berniat mendirikan pabrik.
    Eh malangnya,
    niatan itu kandas. Jepang, karena siap perang, tidak
    memberikan dana. Ia pun
    tidak kehabisan akal mengumpulkan modal dari sekelompok orang
    untuk
    mendirikan pabrik. Lagi-lagi musibah datang. Setelah perang
    meletus,
    pabriknya terbakar dua kali.

    Namun, Honda tidak patah semangat. Ia bergegas mengumpulkan
    karyawannya.
    Mereka diperintahkan mengambil sisa kaleng bensol yang dibuang
    oleh kapal
    Amerika Serikat, digunakan sebagai bahan mendirikan pabrik.
    Tanpa diduga,
    gempa bumi meletus menghancurkan pabriknya, sehingga
    diputuskan menjual
    pabrik Ring Pinstonnya ke Toyota. Setelah itu, Honda mencoba
    beberapa usaha
    lain. Sayang semuanya gagal.

    Akhirnya, tahun 1947,setelah perang Jepang kekurangan bensin.
    Di sini
    kondisi ekonomi Jepang porak-poranda. Sampai-sampai Honda
    tidak dapat menjual
    mobilnya untuk membeli makanan bagi keluarganya. Dalam keadaan
    terdesak, ia
    memasang motor kecil pada sepeda. Siapa sangka, "sepeda motor"
    - cikal bakal
    lahirnya Mobil Honda - itu diminati oleh para tetangga. Mereka
    berbondong-bondong memesan, sehingga Honda kehabisan stok.
    Disinilah, Honda
    kembali mendirikan pabrik motor. Sejak itu, kesuksesan tak
    pernah lepas dari
    tangannya. Motor Honda berikut mobinya, menjadi "raja" jalanan
    dunia,
    termasuk Indonesia.

    Soichiro Honda mengatakan, janganlah melihat keberhasilan
    dalam menggeluti
    industri otomotif. Tapi lihatlah kegagalan-kegagalan yang
    dialaminya. "Orang
    melihat kesuksesan saya hanya satu persen. Tapi, mereka tidak
    melihat 99%
    kegagalan saya", tuturnya. Ia memberikan petuah ketika Anda
    mengalami
    kegagalan, yaitu mulailah bermimpi, mimpikanlah mimpi baru dan
    berusahalah
    untuk merubah mimpi itu menjadi kenyataan.

    Kisah Honda ini, adalah contoh bahwa Sukses itu bisa diraih
    seseorang dengan
    modal seadanya, tidak pintar di sekolah, ataupun berasal dari
    keluarga
    miskin. Jadi buat apa kita putus asa bersusah hati merenungi
    nasib dan
    kegagalan. Tetaplah tegar dan teruslah berusaha, lihatlah
    Honda sang "Raja
    Jalanan" :-)


    5 Resep keberhasilan Honda :

    1. Selalulah berambisi dan berjiwa muda.

    2. Hargailah teori yang sehat, temukan gagasan baru, khususkan
    waktu
    memperbaiki produksi.

    3. Senangilah pekerjaan Anda dan usahakan buat kondisi kerja
    Anda senyaman
    mungkin.

    4. Carilah irama kerja yang lancar dan harmonis.

    5. Selalu ingat pentingnya penelitian dan kerja sama
    __________________
  • Ilmu Pengetahuan Pasti

    Dulu saya paling benci dengan yang namanya pelajaran fisika dan kimia. Mungkin yang membuat saya begitu benci dengan kedua pelajaran itu adalah seringkali guru dalam menjelaskan mata pelajaran tersebut lebih menitikberatkan pada teori dan rumus-rumus yang njelimet. Padahal kalau fisika dan kimia diajarkan dengan cara yang berbeda, sebenarnya kedua mata pelajaran itu tidaklah seseram yang kita kira. Bahkan ada banyak hal unik dan menarik dari konsep-konsep fisika dan kimia yang bisa disampaikan.
    Nah, kali ini saya mencoba memaparkan sejumlah fakta unik tentang konsep-konsep ilmu pengetahuan pasti ini, dan akan saya buktikan bahwa sebenarnya fisika dan kimia itu sebenarnya sangat menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

    1. Percaya tidak kalau jaring laba-laba diyakini lebih kuat daripada baja? Itulah yang terjadi, malah militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket anti peluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba.
    2. Tahukah Anda bahwa massa jenis es lebih ringan 89% dari massa jenis air dingin? Akibatnya 11% dari bongkahan es berada di atas permukaan air dan sisanya tenggelam di bawah permukaan air. Kenyataan tersebut membuat gunung es yang mengapung di laut sangat membahayakan, khususnya untuk kapal-kapal yang sedang berlayar. Hal ini telah terbukti pada kecelakaan bersejarah yang terjadi pada kapal penumpang Titanic pada tahun 1912. Kapal yang "tidak bisa tenggelam" itu tenggelam di laut Atlantik Utara setelah menabrak sebuah gunung es.
    3. Menurut sejarahnya, kembang api bermula dari ditemukannya petasan pada abad ke-9 di Cina. Ceritanya, waktu itu seorang juru masak secara tidak sengaja mencampur tiga bahan bubuk hitam (black powder) yang ada di dapurnya, yaitu garam peter atau KNO3 (kalium nitrat), belerang (sulfur) dan arang dari kayu (charcoal).Ternyata campuran ketiga bahan tersebut merupakan bubuk mesiu yang mudah terbakar. Jika bubuk mesiu itu dimasukkan ke dalam sepotong bambu yang ada sumbunya, kemudian sumbu dibakar, maka mesiu itu akan meledak dan mengeluarkan suara ledakan keras. Pada zaman Dinasti Song (960-1279 M), masyarakat Cina mendirikan pabrik petasan. Bahan baku tabung diganti dengan gulungan kertas yang kemudian dibungkus dengan kertas merah di bagian luarnya. Kemudian petasan ini menjadi dasar dari pembuatan kembang api, yang lebih menitikberatkan pada warna-warni dan bentuk pijar-pijar api di udara. Tahukah sobat-sobat, pada masa Renaissance, di Italia dan Jerman ada sekolah yang khusus mengajarkan masalah pembuatan kembang api. Di sekolah Italia menekankan pada kerumitan kembang api, sedangkan di sekolah Jerman menekankan pada kemajuan ilmu pengetahuan. Dan akhirnya muncul istilah pyrotechnics yang menggambarkan seni membuat kembang api. Untuk membuat kembang api dibutuhkan seorang ahli yang mengerti reaksi fisika dan kimia. Setelah bertahun-tahun, para ahli kembang api akhirnya bisa membuat kembang api berwarna-warni, seperti merah yang berasal dari strontium dan litium, warna kuning berasal dari natrium, warna hijau berasal dari barium dan warna biru dari tembaga. Campuran bahan kimia itu dibentuk ke dalam kubus kecil-kecil yang disebut star. Star inilah yang menentukan warna dan bentuk bila kembang api itu meledak nantinya.
    4. Tahukah Anda, kapal tanker terbesar di dunia adalah Jahre Viking dengan lebar 69 meter dan panjang 458 meter, 77 meter lebih panjang dari Empire State Building New York. Mampu membawa minyak bumi sekitar 14 juta barel yang bisa menghidupi seluruh kendaraan bermesin di muka bumi ini selama 2 minggu!
    5. Mengapa kaktus bisa bertahan hidup dengan kondisi lingkungan yang minim air? Kata ‘kaktus' berasal dari bahasa Yunani "kaktos" yang berarti tanaman berduri. Sebenarnya, kaktus memiliki daun. Namun, daun tersebut berubah menjadi bentuk duri, sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Perlu diketahui, semakin lebar permukaan daun suatu tanaman, maka semakin banyak jumlah air yang menguap setiap saat. Analoginya seperti ini : Kalau kita lagi kepedasan, trus mau minum. Eh, ternyata air minumnya masih sangat panas. Ambil saja mangkuk/ piring, lalu tuangkan air minum yang panas tersebut. Tunggu selama beberapa menit, air pun langsung menurun suhunya, karena laju pendinginan jadi lebih cepat karena area pendinginan lebih luas. Udara luar lebih banyak bersentuhan dengan air dalam piring daripada air dalam gelas karena bidang tekan lebih besar. Nah, kaktus juga menggunakan prinsip seperti itu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kemudian, batang kaktus juga dilapisis jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan. Jaringan ini mampu menyimpan air dan tahan terhadap kekeringan sekalipun. Meski begitu, kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar yang sangat panjang bermeter-meter ke dalam pusat bumi untuk mencari sumber air.

    hhhhmmm... ajaib bkn heheeheheh :D
    __________________
  • Yahoo = singkatan

    yahoo-logo.jpg

    Yahoo, ternyata sebuah singkatan. Menurut informasi resmi
    dari perusahaan tersebut, Yahoo adalah singkatan dari
    “Yet Another Hierarchical Officious Oracle” yang berarti
    “Satu tempat bertanya segala tahu yang disusun bertingkat
    dan hirarkis”.
Sign In or Register to comment.