BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Aquascaping: from beginner to advance hobbyist

145791035

Comments

  • @createsometrouble, asiiiiiiikkk!!!
    #joget2
  • @createsometrouble: kagak sopan TSnya kagak di doain.. hehehe..
    @dundileo: I got it. Iya kadang agak blur antara style n metode bro. Si bacopa udah kusingkirin bro, kayaknya krn defisiensi, gak tau defesiensi apaan, soalnya batangnya begitu keluar akar di batang itu lgsg jd menghitam trus busuk gitu. Ini ada tanaman baru yg lumayan utk menutupin filternya, drpd aku hrs rescaping pindahin kayunya, malas banget ama kotornya, hehe.. Bsk deh kuupload lagi..
    @dirikusendiri: yg ngaku2 suka art, neh kutantangin bikin aquascape.. Qiqiqiqi..
  • Oiya kelupaan, td ke ace kok gak cari buble pengatur CO2 ya.. Apa kumasukin aja selangnya dlm filter @dundileo, tapi kayaknya gak cukup tuh.. Bingung.. Liat ntar deh. Kamis malem ini aku balik ke rumah smoga pas balik ke apt gak lupa bawa tuh tabung CO2. Udah.. Jgn kelamaan doanya, ntar ilang kasiat dukunnya si @createsometrouble, hehehe..
  • @WYATB, yang dipindahin filternya bukan kayunya. Jadi layout tetap seperti sekarang, tapi filter sembunyi di belakang kayu.

    Kalau regulator tabung sih ada yang sudah termasuk bubble counter. Gw nggak tau paket CO2 yang loe punya itu termasuk apa aja. (1) Regulator & valve, kalau untuk DIY CO2 (yeast/ragi) nggak perlu regulator. Cukup sambungan T dan keran infus untuk membuang kelebihan CO2. (2) Bubble counter, alat yang ditempatkan setelah valve/keran tabung, gunanya untuk menghitung jumlah gelembung CO2 yang ke luar tabung/masuk ke tank per detiknya. (3) Check valve, katup yang mencegah air aquarium masuk ke selang, terutama waktu maintenance, atau kalau pakai DIY CO2, ditempatkan di luar tank sebelum reaktor. (4) Reaktor/diffuser, alat yang ditempatkan di ujung selang CO2 di dalam tank, gunanya untuk melarutkan CO2 dalam air, jenisnya macam2, cara kerjanya ada yang dengan memutar2 gelembung atau memecah gelembung jadi halus, pokoknya supaya CO2 lebih banyak bersinggungan dengan air sehingga lebih banyak yang larut daripada yang terlepas ke permukaan air (= mubazir). (5) Drop checker, alat yang terpisah dari rangkaian selang CO2, bentuknya seperti rongga terbalik yang diisi bahan kimia (reagen) yang bisa berubah warna, gunanya untuk mengetahui kandungan CO2 dalam tank (biru=low, lime green=good, yellow=bahaya bagi fauna).

    DIY CO2 diagram.
    DIYCO2Diagram.jpg

    Bubble counter yang dijual di ACE ada yang plastik seperti ini, harganya 30an rb.
    0358039001243436667.jpg

    Check valve di ACE 5rb an.
    p-33949-44409-fish-supply.jpg

    Drop checker di ACE ada merek Tetra, harganya 100+ rb.
    2894705820038170470S600x600Q85.jpg

    Reaktor, kalau tank loe pakai filter submerge yang ada power headnya, ujung selang tancepin aja ke kisi2 wadah kapas, diakali pakai sambungan/nipple selang atau diikat pakai cable ties atau apalah. Pokoknya tujuannya supaya gelembung CO2 terkena tersedot kapas dan tersapu kipas sehingga jadi halus. Di tempat gw (dulu, waktu pakai DIY CO2) butiran gelembung CO2nya bisa sehalus kabut/asap dan putar2 ke seluruh bagian tank, saking kecilnya butiran gelembungnya jadi ikut arus, nggak sampai2 ke permukaan air.

    **parah nih, BoyzForum diblokir lagi, gw jadinya nggak bisa leluasa posting gambar/edit teks.
  • @WYATB, drop checker juga, yang bentuknya rumah siput.
    ANS%20Co2%20Drop%20Checker%202.jpg
    images?q=tbn:ANd9GcRKg9yNOCUkoH7iZi5wo9ax1GLJW3vk0uInNT6U7WANvBdOpBl_vCiOEEdG

  • @WYATB, gw tak sabar menanti kiriman tanaman.. Lagian lampunya belum sempat modif.. Gila ini kalau tanpa AC suhu bisa 29-30C, ini termometer gw yang rusak apa gimana ya..

  • @dundileo: aku jg gak sabar menanti upload-anmu bro. iya puanas banget, di sby blom hujan neh. untungnya di apt gak sbrp panas, tapi gak tau jg kalo siang, kan aku n bf kerja. malem doang yg pake ac, itu jg gak full semaleman, bf gak tahan dinginnya ac jg, hehe. tapi so far, kalo aku sore pulang, tangan kucelupin ke akuarium, gak panas tuh (yup gak ada termo bro), apa krn aku pake filter yg buang airnya du atas ya, jd ngebantu ngedinginin. btw ntar mau liat checker di ace ablm bawa tuh tabung dari rumah. have a nice dat bro.
  • WYATB wrote: »
    btw ntar mau liat checker di ace ablm bawa tuh tabung dari rumah. have a nice dat bro.

    @WYATB, enak ya yang kantornya sebelah ace. checker maksudnya drop checker apa mie pangsit checker ayam? ya itu kalau mendung tapi nggak ada angin dan nggak hujan justru jadinya gerah. gimana kalau siang2 panasnya seperti apa coba. gw kepikir mau buatin diy chiller pakai fan, dinyalain pagi-sore doang kalau gw pergi, tapi konsekuansinya penguapan tinggi, jadi air harus sering ditambahi. ngerasain tank pakai tangan itu nggak bisa jadi patokan karena bagaimanapun suhu air tank akan terasa lebih dingin daripada suhu ruangan. termometer itu penting, beli dong ada di ace, nggak mahal kok, apalagi untuk member kan dapet diskon. have a nice dat too! ;))
  • kantor sebelah mall itu boros tauk... qiqiqi... eee iya aku jd malu neh, yg dipindahin wmang ada 2alternatif, mindahun filter gak kwpikir aoalnya sayang banget ama lotus, coz runnernya udah banyak bro.. ok deh ntar aku liat termo. btw kalo pake fan, fan apaan ya?
    poto ku upload ntar deh setelah nemu sinyal bagus.
    btw boyzfirum diblokir pake apa km onlennya? ini aku
    pake axis jg kagak, manjam yg kena blokir axis. kalo lagi onlen pake cdma android, aku pake opwra mini beo. yo wis lah, siap2 dulu byat ke kantor
  • oya @WYATB, kalau mau beli drop checker perhatikan tanggal kadaluarsanya. reagent itu ada batas umurnya.
  • fan cpu yang ukuran 8-12cm bisa, atau heatsink fan yang kecil juga bisa. kalau mau langsung jadi ada fan yang memang buat tank cooler (dc pakai adaptor) 2-4 fan yang bisa dimounting di rimless tank, mereknya jebo atau boyu atau apalah.. tapi untuk nisso yang rimnya tebal nggak bisa dipasang, harus diakali lagi. koneksi gw di kamar/kantor pakai si spidi, mobile pakai si tri. emang water lily loe secepat itu sudah ada runnernya ya?

  • gak keliatan diagramnya bro @dundileo
    iya tuh cepet banget lotusnya, baik yg tinggi di belakang kayu maupun yg submerged yg dulu di belakang bacopa, skrng udah kupindah ke depan.
    ini aku mau coba upload
  • @WYATB, tanamanku dataaang... Ada 2 kantong isi aponogeton, crypt affinis, balansae, wendtii, aponogetifolia, entah apa lagi, sama crypt yang kecil2. Malam ini bongkar tank, besok tancep. Lighting sudah 40w tapi posisi seadanya dulu. Filter sudah beli yang internal, sudah beli pasir silika juga, soil besok ambil di kebon dimix sama potting soil dan gravel, atasnya ditutup gravel. Praktekin Diana Walstad. Moga2 nggak melting parah.
    #brb bikinin kopi untuk yang berbaik hati ngasih tanaman.
  • @dundileo: enaknyaaa.. Aku masi kena macet parah nih pdhl udah jam segini. Udah stgh perjalanan ke rumah sih, nanggung mau balik ke apt. Lagian skrng gak lagi mikirin bf jg tapi malah kuatir ama seseorang.. Gak tau ah.. Bingung tingkat langit nih..
Sign In or Register to comment.