BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

SIDANG SKRIPSI

edited February 2009 in BoyzStyle
Sebagian 'penduduk' sini pasti udah ngalamin yang namanya sidang skripsi, sebelum kita ngedapetin gelar S1. To the point, jujur gua ngerasa nerveous, dag-dig-dug, ngadepin yang namanya sidang skripsi. Kira-kira tiga minggu lagi gua disidang. Dan makin berkurang sisa waktu persiapan, makin berasa aja sensasi -nya...(Susah tidur, gelisah, makan ga nikmat, etc..etc..)

Background gua Teknik Informatika, dan TA yang gua angkat tentang Pembangunan Perangkat Lunak Pemesanan Tiket Online. Biarpun topik yang diangkat termasuk kategori umum, tapi gua nyusun/bikin sendiri, jadi bukan reverse-engineering karya orang lain. TA udah gua kumpul, prototype buat perangkat lunak-nya masih under construction >_< (haduwhhh....)

Kira2, untuk yang pernah ngalamin sidang skripsi ( dan terutama yang sukses dapet nilai B+ / A (cum laude)) nah, gimana tuh cara efektif memantapkan diri menghadapi sidang skripsi...?.
Ya cukup point-point yang sifatnya umum aja, ga sebegitu detailnya juga ga apa2, jadi yang tadinya beda background juga bisa sumbang tips...
(Ya seenggaknya, bukan cum laude juga dapet B+)


< SILAHKAN, DITUNGGU KOMEN PARA SENIOR... ^_^ MANTAPKANLAH HATIKU INI >

[/b]
«13

Comments

  • beruntunglah yang pernah kuliah
  • Aq baru lulus S1 1-1/2 bulan lalu,
    Aq bagikan deh pengalaman yang aq alami waktu sidang sripsi (sori ya kalo ga sistematis hehe...)

    Pertama -tama pasti berdoa dulu ye....
    1. Yang pastinya semua materi harus kamu kuasai , meski skripsi bukan kita yang buat,kitaharus ngerti isi skripsi dan jika ada gambar harus dipelajari baik2(serperti bagan, DFD(data flow diagram), flowchart(nah ini paling sering ditanyakan),dll) dan tentunya setiap kata2 sulit, singkatan2 harus kamu kenal betul.
    Tapi aq percaya kamu mengerti betul isi skripsi karena loe buat
    sendiri.

    2. Kadang ada dosen penguji iseng menanyakan hal2 di luar isi skripsi kamu, jadi kalo memang kamu bener tidak tahu dan yakin itu di luar pembahasan kamu, kamu jangan ragu memberitahukan dengan sopan bahwa pertanyaan di luar pembahasan.

    3. Pertahankan isi skripsi mu, dolo aq sering ditanya macam2, serpti ini : "lho isi nya harus seperti ini...., kok kamu buat seperti itu ....." Kamu harus bisa menjelaskannya kenapa kamu tulis seperti ini. Tapi ada dosen yang tipe tak mau ngalah, kamu pun jgn ngotot merasa bener,meski kamu bener.

    Dan jika kamu memang kedapatan salah bilangin ke dosen nya : "ok pak/bu akan aq revisi". Jangan udah salah ngotot mau bener, dosen paling benci itu.

    4. Kebanyakan ditanya pada awal memulai : apa judul skripsi mu, terus apa yang kamu susun di dalamnya, apa nilai lebih dari skripsi mu, apa yang bisa orang dapatkan dari skripsimu, tujuan km buat skripsi apa dll

    5. Ya biasalah dosen suka cari kesalahan dan celah2 di skripsi kamu, jadi kamu harus bersiap2 untuk itu, tapi aq rasa bagi kamu ga masalah, karena kamu yang buat sendiri. dan aq yakin kamu pasti pinter orangnya.
    Kadang kalo udah bisa jawab 4 atau lebih pertanyaan kamu akan makin pede waktu di depan. Awal-awal aja terasa deg2 an

    Itu aja deh sori ya kalo kacau tulisan nya, itulah pengalaman selama sidang skripsi versi aq dan kampus aq....

    Di sidang itu , sebenarnya dosen hanya ingin lihat kesiapan kamu, penguasaan kamu terhadap materi yang kamu susun, cara kamu menghadapi pertanyaan, carakamu menjawab persoalan. Kadang mereka seolah2 mempersulit, tapi sebenarnya mereka ingin melatih mental kamu.

    Karena pasca sidang, dosen nya sendiri menjelaskan : "selama ini kami kelihatan mempersulit kalian, tapi kami ingin melatih mental kalian, karena mungkin ketika di masyarakat akan lebih dari itu, bla..bla.."

    Jadi ga usah takut, toh skripsi itu kamu yang buat , jerih payah kamu, keringatmu sendiri, mungkin kamu tidak tidur mengerjakan skripsi itu, mungkin aja udah habiskan banyak biaya, printer, kertas,juga memakan otak kamu, bahkan kesehatan kamu. nah di sidang ini buktikan semua yang sudah kamu susun dengan susah payah. Masa jerih payah berbulan2 dalam menyusun skripsi + masa kuliah 4 tahun (kalo s1 umumnya) kalah hanya dalam sidang 2 jam? No way....amit amit dah...

    So aq doain semoga sukses ya...
  • Wah...wah..jadi inget bulan Sepetember kmren..Q maju ujian skripsi, mna pas puasa-an lagi...hehehhehehe....

    Intinya cma doa dan keyakinan kmu aja. Kmu kan dah lama ngerjainnya en yg pasti kmu ngerti sampe dalem materi yg kmu kuasai. So, kmu tgl belajar materi2 yang jadi dasar skripsi kmu mulai dari smester 1-akhir. Aq sempat kecenthok gra2 ga bsa jawab apa itu reaksi esterifikasi... :( :(

    Alhamdulillah aq bsa lulus juga. En don't worry, suasana disana tergantung pembawaan dirimu. Santai, tenang en relax....Insya Allah bsa bantu kmu presentasi dan jawab all pertanyaan dari dosen2 kmu.

    Good luck.....
  • gw juga baru lulus...

    karena gw dah kerja, n dah sering ktm org2, jd deg2an nya agk gk seheboh temen2 gw. kalo gw supaya gk deg2an, adalah gw gk mo deket2 temen gw yg suka ngenakutin gw tentang sidang, trus cari sudut2 yg rada sepi, duduk aja menenangkan diri, jgn pikirin apapun, jgn mikirin materi TA. krn saat itu sudah bukan saatnya lagi buet ngafalin materi. saat itu adalah saat buet nenangin ddiri supaya materi2 yg lu hapal kemaren2 itu gk lupa. berdoa merupakan pilihan yg paling baik.

    good luck...lu pasti sukses :wink:
  • wah... tapi jangan kuatir sidang skripsi akan jadi moment yang tak terlupakan... menurutku sidang skripsi juga untuk mengetes mental kita, kita dituntut untuk bisa mempertanggung jawabkan atas apa yang kita tulis di skripsi so intinya jadilah orang yang bertanggung jawab penuh atas skripsi kamu, btw nie ada sedikit tips dr gw pribadi :
    1. jangan pernah jadi orang yang sok tahu, menjawab atau memotong pembicaraan dosen penguji, bersikap sok pinter dan arogan
    2. ingat sering tersenyum dan pasang muka ramah, jgn pasang muka cemberut
    3. jangan menjawab berbelit2 dan panjang lebar tanpa arah yang jelas karena akan membuat dosen penguji jengkel dan ingin membunuh karakter serta ingin mematahkan anda jawab yg efektif, contoh misal kamu ditanya " apa kamu yakin dengan persepsimu tentang ini? lalu apa penjelasannya? " km tinggal menjawab saya yakin atau tidak yakin lalu kemukakan penjelasan kamu, jangan malah dijawab yg lain2 itu kebiasaan yg sering kutemui.. kl ditanya yakin atau tidak yakin lalu alesannya apa bukannya dijawab yakin ato tidak malah dia nyerocos panjang lebar ngga karuan.
    4. kalau memang km mentok bgt ngga bisa jawab, hal yg paling penting km lakukan adalah jangan ngeles, jangan ngomong ngelantur seolah2 kita bisa menjawab padahal jawaban kita cuma omongan ngawur biar keliatan bisa jawab aja, ini bahaya dan bisa jd boomerang buat kamu mulumu harimaumu. hal yang hrs km lakukan saat mentok ngga bisa jawab diam sejenak lalu angkat kepala dan bilang " maaf ibu bapak mungkin saya agak kesulitan menjawab pertanyaan ibu atau bapak tapi saya tetap ingin mencoba mohon dibantu kl berkenan lalu jawab aja bla-bla-bla sedikit yg kamu ketahui, dengan begitu dosen penguji jauh lebih positif memandang km dan pertimbangan memberi nilai ke km. tapi ya jgn sering begini ini kl mentok ga bisa aja kl tiap dikasih pertanyaan kayak gini berarti km nya emg ngga worthed jd sarjana.
    5. berikan kesan yang bagus, sopan attitude yg mengundang simpatik, misal saat saat dosen penguji bertanya dan km yakin bisa jawab itu maka sebelum menjawab sisipkan kalimat. " terimakasih pertanyaannya... pertanyaan dari ibu A sangat menarik dan membuat saya lebih semangat lalu jawab dengan singkat jelas dan tepat, dengan begitu ketika jawabanmu dinilai benar maka penguji akan selalu mengingatnya karena pernyataanmu td, sehingga di benaknya meski km salah dua dari lima pertanyaan tapi di mata sang penguji dua kesalahan akan mudah dilupakan
    6. terkadang apa yang disampaikan tidak penting tapi yang terpenting adalah bagaimana cara menyampaikannya, igt itu terus... sampaikan semua pernyataan kamu dengan nada yg tidak tinggi, selalu dengan niat ingin menjelaskan dan bertanggung jawab, bukan dengan gaya atau intonasi yang sok tau atau menggurui, dosen sangat tidak suka.
  • @ firstlove, Terima kasih...

    Selamat, kamu dah ngelewatin masa sidang & lulus.

    ①Kalo gua simak, TA yg loe susun pasti pemrograman terstruktur ( DFD dkk...) Ya kan!?.
    Kebetulan yg gua susun tentang pemrograman berorientasi objek (Object-oriented Programming). Memang beda siy, ga ada DFD dsb.., yg ada Class Diagram, Deployment Diagram, dkk... (Thanx anyway)
    ② Gua ga pinter2 amat lah... cuma ya Insya Allah karna gua sendiri yg nyusun dari awal-ahir, jadi 85% - 90% materi masalah & konsep solusi udah ada di kepala...
    ③ Gua masih ragu di penguasaan teoritis... Memahami konsep Object Oriented secara teori, Masya Alloh... Rumit!! Ditambah lagi gua orangnya kalo dah nerveous berat, ngomong tuh berasa setengah gagu... (Duh gusti!)
    THANX BERAT YA. Spirit grow up!



    @ Indra23, Terima kasih....
    Selamat, udah berhasil lulus...
    Gua ga bakal lupa wejangan2nya...

    SPIRIT...
    SPIRIT...
    MORE SPIRIT SUPPORT, PLEASE...
  • @ firstlove, Terima kasih...

    Selamat, kamu dah ngelewatin masa sidang & lulus.

    ①Kalo gua simak, TA yg loe susun pasti pemrograman terstruktur ( DFD dkk...) Ya kan!?.
    Kebetulan yg gua susun tentang pemrograman berorientasi objek (Object-oriented Programming). Memang beda siy, ga ada DFD dsb.., yg ada Class Diagram, Deployment Diagram, dkk... (Thanx anyway)
    ② Gua ga pinter2 amat lah... cuma ya Insya Allah karna gua sendiri yg nyusun dari awal-ahir, jadi 85% - 90% materi masalah & konsep solusi udah ada di kepala...
    ③ Gua masih ragu di penguasaan teoritis... Memahami konsep Object Oriented secara teori, Masya Alloh... Rumit!! Ditambah lagi gua orangnya kalo dah nerveous berat, ngomong tuh berasa setengah gagu... (Duh gusti!)
    THANX BERAT YA. Spirit grow up!



    @ Indra23, Terima kasih....
    Selamat, udah berhasil lulus...
    Gua ga bakal lupa wejangan2nya...

    SPIRIT...
    SPIRIT...
    MORE SPIRIT SUPPORT, PLEASE...

    jgnkan lw yg 3mgg lg. gw yg ms taon dpn br nyusun skripsi aj dah deg2an kl mikirin skripsi. kr2 ap yg mw gw tulis y??secara kul gw kykny ga ad yg nyangkut.cm sebatas ujian aj trus lp lg...
  • ② Gua ga pinter2 amat lah... cuma ya Insya Allah karna gua sendiri yg nyusun dari awal-ahir, jadi 85% - 90% materi masalah & konsep solusi udah ada di kepala...-> that's good, ini dasar yg plg kuat spya kmu bsa lancar jawabnya...
    ③ Gua masih ragu di penguasaan teoritis... Memahami konsep Object Oriented secara teori, Masya Alloh... Rumit!! Ditambah lagi gua orangnya kalo dah nerveous berat, ngomong tuh berasa setengah gagu... (Duh gusti!)-> hahahahaahha...sama, aq jg gtu. Pas presentasi kmren udah banjir keringet deh. Mna pke kemeja, dasi en jas almamater...wuih...selesai presentasi aq langsung ngelap keringet en dosenku cuma senyum2 aja.. Yg penting berdoa en tarik napas dalem2 klo grogi. It's work for me..
    THANX BERAT YA. Spirit grow up!



    @ Indra23, Terima kasih....
    Selamat, udah berhasil lulus...
    Gua ga bakal lupa wejangan2nya...
    ->u're welcome....

    SPIRIT...
    SPIRIT...
    MORE SPIRIT SUPPORT, PLEASE...

    YUP...SEMANGAT2X.....!!!!!
  • arie_0704 wrote:
    @ firstlove, Terima kasih...

    Selamat, kamu dah ngelewatin masa sidang & lulus.

    ①Kalo gua simak, TA yg loe susun pasti pemrograman terstruktur ( DFD dkk...) Ya kan!?.
    Kebetulan...
    ...
    ...

    SPIRIT...
    SPIRIT...
    MORE SPIRIT SUPPORT, PLEASE...

    jgnkan lw yg 3mgg lg. gw yg ms taon dpn br nyusun skripsi aj dah deg2an kl mikirin skripsi. kr2 ap yg mw gw tulis y??secara kul gw kykny ga ad yg nyangkut.cm sebatas ujian aj trus lp lg...

    Bersukurlah loe masih ada waktu setaun...

    Jauh2 hari loe bisa persiapan cari topik masalah yg mau diangkat...
    Cari bahan materi, dsb...

    Oya, satu lagi, cari rekan2 yg bisa bantu pas kita mandeg. DISARANKAN loe kenal ama dosen yg sekiranya bisa kasih arahan, diluar arahan reguler dari dosen pembimbing...


    NB :
    Sebelom loe, doain gua dulu ya...moga sukses! Amin.
  • Sama-sama

    Sukses selalu
  • wah...so nostalgic...jadi keinget bulan Juni lalu, he3...Sidang Akhir gwa waktu itu 11 Juni...

    pokoknya klo dr gwa si, intinya 1: buat dirimu ttp PD, tp tidak pongah dan tidak sok tau (sotoy).

    itu udah mencakup semuanya deh.

    sukses yah!

    semangat!

    :wink: :P :) :D
  • Gw hari rabu kemaren baru seminar hasil skripsi.... Deg2an takut diulang penelitiannya.... Sidang bulan depan... Btw bukannya sidang yang ditanya masalah mata kuliah dari awal??? Pengujinya ada 5 (2 pembimbing) dan (3 penguji).... Apa setiap universitas beda2 cara sidangnya ya?
  • Aku udah lulus beberapa tahun yg lalu [udah tua ya :oops: ]

    Kuliah di PTN di Yk jurusan S1 sastra prancis spesialisasi Linguistic Terapan [A-]

    Di t4ku sidang skripsi juga 5 org penguji, udah gtu gak tau kenapa 3 orang penguji ahlinya koq ya udah bergelar doktor semua dibidang yg sama dg yg aku ambil.

    Tapi aneh sungguhh aneh....
    >> khusus gw cuman dikasi pilihan sidang tgl tsb ato nunggu satu semester kedepan <karena dosen penguji ahlinya mo ada acara ke luar negeri> Akhirnya ya udah aku ambil tanggal tersebut, Meski cuman dapat waktu sela seminggu sejak selese ujian akhir semsester. <aku nulis skripsinya dlm waktu 3 bulan selama kuliah2 terakhir>---soalnya udah bokek gak punya duit :lol:

    >> PAs hari "H" jam 8 pagi masuk malah dikasih teh hangat dan snack <aneh bgt khan dosen pembimbingku>. Aku gak bisa berdoa juga krn udah stress duluan dan juga pasrah aja deh... gak lulus jg gpp

    Eee.... koq ya ndilalah aku malah bisa dapat nilai A- antara percaya dan tidak.
    Kenapa dapat nilai A saja dikasih <minus> itu bukan karena bahasan yg disampaikan tidak memuaskan, tapi lebih karena aku masuk ruang sidang pendadaran cuman pake kemeja putih lengan pendek <belum sempat disetrika> celana panjang kain, dan SANDAL JEPIT !!!! :oops: :oops:
  • sandy_kam wrote:
    wah...so nostalgic...jadi keinget bulan Juni lalu, he3...Sidang Akhir gwa waktu itu 11 Juni...

    pokoknya klo dr gwa si, intinya 1: buat dirimu ttp PD, tp tidak pongah dan tidak sok tau (sotoy).

    itu udah mencakup semuanya deh.

    sukses yah!

    semangat!

    :wink: :P :) :D

    Wah selamat2...,
    Juga untuk rekan2 yg lainnya...pasti seneng dan lega udah ngelewatin masa itu...
  • Hitung mundur hari-H :

    10 HARI LAGI !!!


    Dag-dig-dug...
    Dag-dig-dug...


    "ya Tuhan, jangan sampe gara2 nerveous semua yg udh gua kuasai dikepala ini lenyap... Jangan. Amin"
Sign In or Register to comment.