BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Wacana: Tintin

edited September 2008 in BoyzStyle
Ini tulisan temen gue sekantor, seorang ekonom yang lagi iseng. pernah gue post di blog gue

***

T I N T I N

marche.jpg[/list:u]Siapakah manusia bumi pertama yang menjejakkan kaki di Bulan? Salah, jika anda menjawab Neil Armstrong. Karena di tahun 1952, atau 17 tahun sebelum Armstrong, Tintin sudah lebih dulu melangkahkan kakinya di Bulan.

Januari 2004 ini dunia merayakan 75 tahun petualangan Tintin. Selama 75 tahun, komik-komik Tintin sudah dicetak berjuta-juta eksemplar dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Publik dari berbagai generasi pun sudah akrab dengan Tintin dan tokoh-tokoh dalam berbagai petualangannya, seperti Snowy anjingnya, Kapten Haddock, Profesor Cuthbert Calculus, serta detektif kembar dogol Thomson dan Thompson. Selama 75 tahun, Tintin dengan berbagai petualangannya telah eksis selama beberapa generasi di seluruh dunia. Tintin telah menjadi tidak hanya sekedar tokoh komik. Ia telah menjadi sebuah ikon universal yang dibaca oleh jutaan penduduk bumi dari berbagai bangsa dan bahasa.

Tintin adalah produk era depresi besar ’30-an. Ia sudah melewati masa Perang Dunia II dan Perang Dingin hingga era ‘70an. Dalam berbagai petualangannya, Tintin sudah berkelana ke seluruh benua (kecuali Australia), Kutub Utara, Laut Merah, Karibia, bahkan ke bulan! Ia digambarkan sebagai seorang reporter yang tinggal di London, Inggris. Tepatnya di Jalan Labrador No. 7. Tak terlalu jelas untuk suratkabar apa ia bekerja. Ia pun tidak pernah terlihat berada di kantor redaksi, membawa alat perekam atau kamera. Paling ia hanya membawa sebuah notes dan pena di jaketnya.

Diciptakan oleh Hergé, penulis asal Belgia yang bernama asli Georges Rémi, Tintin pertama kali muncul pada Januari 1929 melalui petualangannya “Tintin di Uni Soviet”, yang diterbitkan dalam bentuk comic strip hitam-putih. Penampilan awal Tintin – juga Snowy – agak berbeda dengan yang ada di komik-komik selanjutnya. Guratan gambarnya masih cenderung kaku dan kasar. Cerita petualangan Tintin di Uni Soviet sangat kental membawa propaganda antikomunis. Digambarkan bagaimana Tintin membongkar berbagai kepalsuan rezim komunis. Misalnya, kepulan asap dari pabrik ternyata dihasilkan dari tumpukan jerami yang sengaja dibakar untuk mengelabui delegasi Barat, bukan karena pabrik tengah menjalankan produksi.

Di petualangannya yang kedua (1930), Tintin berkelana ke sebuah negeri di Afrika, Kongo, untuk membongkar jaringan penyelundupan berlian. Nuansa imperialisme begitu terasa diusung oleh Hergé. Banyak pihak menilai, cerita ini mencerminkan pandangan paternalistik dan rasis dari kaum imperialis yang masih dianut oleh masyarakat Eropa di periode itu. Di Kongo, Tintin sempat menjadi guru Sekolah Dasar yang mengajarkan murid-muridnya untuk berterimakasih kepada penjajah Belgia, negeri asal Hergé. Sebagaimana episode pertama, kisah “Tintin di Kongo” tidak beredar di Indonesia.

Namun di petualangannya yang ketiga, Tintin – maksudnya Hergé – membalikkan kesan pemihakannya pada ideologi kapitalis dan imperalis. Kali ini Tintin berkelana melintasi Atlantik ke Amerika (1931). Di situ Tintin justru mengangkat sisi-sisi lain dari kemajuan Amerika, seperti hukum dan birokrasi yang diatur oleh bandit-mafia (Tintin bahkan berhadapan dengan gembong mafia Chicago Al Capone) dan modernisasi yang menindas penduduk Indian asli Amerika.

Menariknya, Hergé sempat dituduh sebagai simpatisan Nazi. Gara-garanya adalah dalam episode “Ekspedisi ke Bulan” (1950) dan “Penjelajahan di Bulan” (1952), roket yang membawa Tintin dan kawan-kawan (diciptakan oleh Profesor Calculus) sangat mirip dengan prototipe roket yang sempat dikembangkan oleh Nazi Jerman. Hergé mengakui, idenya memang berasal dari roket Nazi yang dimuat di sebuah majalah teknologi antariksa.

Tetapi tuduhan simpatisan Nazi ini sesungguhnya tidak beralasan. Karena jauh sebelumnya dalam kisah “Tongkat Raja Ottokar” (1938), Tintin berada di pihak yang berseberangan dengan fasis. Tintin membantu Raja Ottokar dari Syldavia dalam sebuah percobaan kudeta yang didukung oleh pemerintah Borduria, tetangga Syldavia yang berhaluan fasis. Kemudian, di episode, “Penculikan Calculus”(1954), Tintin – kali ini bersama Kapten Haddock – kembali dikejar-kejar tentara fasis Borduria yang bermaksud menculik Profesor Calculus.

Di akhir ‘60an memasuki ‘70an, dunia politik internasional diwarnai oleh munculnya ideologi teologi pembebasan dan pemikiran dependensia yang banyak berkembang dan mengilhami gerakan revolusi di Amerika Latin. Entah terinspirasi atau tidak, petualangan Tintin yang terakhir terjadi di San Theodoros, sebuah negara fiktif di Amerika Latin (1975). Di sana Tintin membantu perjuangan gerilyawan Picaros pimpinan Jendral Alcazar untuk merebut kembali kekuasaan dari diktator Jendral Tapioka. Tintin pertama kali bertemu Alcazar dalam episode “Patung Kuping Belah”(1935). Ketika Tapioka berkuasa, Alcazar terpaksa meninggalkan negerinya dan bekerja sebagai pelempar pisau dalam atraksi hiburan dengan nama Ramon Zaraté (lihat “Tujuh Bola Ajaib”, 1943). Seperti kisah tokoh revolusioner Ché Guevara, Tintin dan kawan-kawan bergerilya bersama kelompok Picaros di hutan-hutan pedalaman Amazon. Di akhir cerita, Tintin
«1

Comments

  • Mau di bikin Film nya tuh mas Hati. Denger denger sih sutradaranya Peter Jackson yang pernah nangani Trilogi Lord Of The Rings dengan produser si Spielberg....jadi penasaran!!1
  • NOSTALGIA MODE ON
    Masa kecil saya dilalui bersama komik Tintin versi bahasa Belanda, Kuifje alias si Jambul! Hampir seluruh serie sudah saya baca. Saya pernah posting juga di blognya kolega de hati bahwa film dengan aktor manusia pernah dibuat tahun 1970an dengan judul Kuifje en de blauwe sinaasapple. Malah beliau bisa mendapatkan foto2nya. Ketika ke Brussel tahun 2002, sempat mampir di sebuah cafè di mana si Hergè zucca nongkrong. Soalnya ada lukisan si Kuifje di dindingnya! :P
  • Ini kan dit

    f02-fr-v.jpg toison_g.jpg

    oranges.jpg toison.jpg
  • d'batax wrote:
    Mau di bikin Film nya tuh mas Hati. Denger denger sih sutradaranya Peter Jackson yang pernah nangani Trilogi Lord Of The Rings dengan produser si Spielberg....jadi penasaran!!1
    yup ... Spielberg, Jackson team for Tintin ... ala Dreamworks, cartoon 3-D. mereka janji akan tetap setia pada komik aselinya.
  • Wah..gw punya boneka nya. Lengkap dengan Snowy, Capt. Haddock & red & white rocket nya.

    Btw, ada rumours kalau Tintin itu sebenarnya lover nya Haddock...hehehehe...ada2 aja. Mendingan sama General Alcazar yg lebih macho.
    :P :P :P
  • Eh, kan ada tuh yang ceritanya si Tintin berpetualang di Indonesia. Apa ya judulnya??
  • Waaa......aq suka banget ma Tintin!!!!
    Masa kecilku dulu Q habisin buat baca koleksinya Oomku yg smpe dijilid tebel....
    Duh..mana sekarang ilang lagi...
    Jadi kangen neh pengen baca lagi....
    Btw, di Toga Mas ada loh komiknya, cma agak mahal dikit...
    Sampul en kertasnya bagus bgt, lbh bagus dari yg dulu...
    Yang masih aq punya tuh yg Rahasia Kapal Unicorn en Harta Karun Rackham Merah...
    Yang plg Q suka tuh umpatannya si Kapten Hoddock tuh, hhhehehehehhe...

    Klo temen2 gmna? Masih ada kah yg punya komiknya?
  • SEJUTA TOPAN BADAI!!!!!!

    Ternyata ada juga thread Tintin Yak?


    Komik Tintin adalah cerita yang nemenin ane sebelum tidur... (selain serial Nina :oops: ) Dulu lengkap banget koleksinya, cuma gara-gara dipinjem oleh para sepupu yang gak bertanggung jawab (hobi minjem ga hobi balikin, *sengke!) akhirnya raib satu persatu....

    Gue suka detektif kembar Thomson & Thompson....
  • ekke tetep.. Binca Castafiore...
  • gara2 tintin
    aku terobsesi tuk berpetualang keliling dunia, as a backpacker
  • FAITH wrote:
    Eh, kan ada tuh yang ceritanya si Tintin berpetualang di Indonesia. Apa ya judulnya??
    cuma mampir aja kok, ke bandara Kemayoran, buku ke brapa ya? crita ke cina kalo ga salah...
  • ekke tetep.. Bianca Castafiore...
    Teteeeeeeeeeeuuuuuuup LOL
    Bianca_Castafiore.jpg[/list:u]
  • SEJUTA TOPAN BADAI!!!!!!

    Ternyata ada juga thread Tintin Yak?


    Komik Tintin adalah cerita yang nemenin ane sebelum tidur... (selain serial Nina :oops: ) Dulu lengkap banget koleksinya, cuma gara-gara dipinjem oleh para sepupu yang gak bertanggung jawab (hobi minjem ga hobi balikin, *sengke!) akhirnya raib satu persatu....

    Gue suka detektif kembar Thomson & Thompson....
    tau kan bedanya Thomson sama Thompson? ... bedanya di mana hayooo?
  • top_secret wrote:
    FAITH wrote:
    Eh, kan ada tuh yang ceritanya si Tintin berpetualang di Indonesia. Apa ya judulnya??
    cuma mampir aja kok, ke bandara Kemayoran, buku ke brapa ya? crita ke cina kalo ga salah...
    Yup ... Tintin cuma mampir ke Indonesia, tepatnya Bandara Kemayoran, di episoda “Penerbangan 714”. Ceritanya, Tintin dkk terbang dari Eropa mau ngehadiri acara di Australia. Trus pesawat yang mereka tumpangi transit di Kemayoran.

    Ada juga adegan mereka terapung-apung di lautan dan pesawat search and rescue menghubungi Makassar Tower.

    250px-Tintin_cover_-_Flight_714.jpg flight714.jpg[/list:u]
  • SEJUTA TOPAN BADAI!!!!!!

    Ternyata ada juga thread Tintin Yak?


    Komik Tintin adalah cerita yang nemenin ane sebelum tidur... (selain serial Nina :oops: ) Dulu lengkap banget koleksinya, cuma gara-gara dipinjem oleh para sepupu yang gak bertanggung jawab (hobi minjem ga hobi balikin, *sengke!) akhirnya raib satu persatu....

    Gue suka detektif kembar Thomson & Thompson....
    NINA? sumpah...bukan gue yang pinjem Rem....
Sign In or Register to comment.