BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

-

135

Comments

  • @Giovan, ada banyak mass extinction events yang pernah terjadi di Bumi ini, puluhan lebih. Dan setiap event-nya belum bisa dijawab tuntas memuaskan. Bahkan kepunahan K-Pg juga sebenarnya tidak tunggal hipotesisnya. Kejatuhan asteroid di Semenanjung Yukatan tsb hanya salah satu hipotesis penjelasan saja.

    Tapi, bukan ke arah sana sih "keberatan" saya. Orde ratusan juta tahun itu periode yang amat-amat sangat panjang. Orde ribuan tahun saja udah kepanjangan, banyak kisah fantasi yg ngambil orde ribuan dan keteteran dlm menjelaskan timeline yg bolong-bolong. Saga Middle-Earth Tolkien misalnya, dikritik karena dlm orde ribuan tahun yg amat panjang itu, teknologi yg digunakan masih "itu-itu saja", padahal, hanya dalam waktu 300 tahun sejak revolusi industri, manusia modern udah mengubah total bentuk peradaban dan teknologi.

    nah, bayangkan jika orde yg digunakan ratusan juta tahun. Ada banyak event geologi, biologi, dan evolusi yang berubah drastis dalam jangka ratusan juta tahun (misal kepulauan nusantara yg timbul tenggelam dalam peta). Ini menjadikan potensi plot-hole yang terlalu amat banyak untuk diisi. Saya bukannya anti sama hal-hal imajinatif seperti ini sih, tapi membayangkan apa yg dilakukan para makhluk fantastis itu dalam waktu jutaan tahun gak ngapa-ngapain (pasti istirahat kan, gak berantem terus), kayaknya terlalu kemana-mana. masa tidur doang dalam waktu jutaan tahun. Hehe.

    Ok, I am just being an overthinking overanalyzing worrywart. Need a break. #bongkar laci nyari sisa cokelat
  • Iyah, i got ur point kok @wing. emg sedikit terlalu imajinatif si pengarangnya. mgkn dy jga sesama fans palaeohistori seperti saya jadi seperti memaksakan ide untuk memperkenalkan ke generasi sekarang bahwa dlu pernah lho ada event seperti ini yg shaping up our earth to the point of it is now.

    tapi im putting my foot on the ground d kasus mass extinction terbesar yg pernah disaksikan bumi. klo mw bikin after-effect dari suatu epic battle paling devastating sepanjang sejarah terbentuknya bumi memang paling pas ya ambil Permian extinction event. Mgkn dy bermaksud menggambarkan betapa grandiose ny si battle ini kan?

    ohya satu lagi, misteri penyebab kepunahan massal Permian itu paling misterius, karena itu tadi lack of evidence. Jadi mgkn si author ingin semacam sekalian menjawab misteri terbesar d bumi. Klo yg K-Pg penemuan terakhir itu ada konsentrasi besar tidak normal unsur yg jarang d temuin d bumi tapi sgt byk d temuin d lapisan batuan meteorit. sepertinya sudah ada konsensus jga klo memang hantaman meteorit yg trigger K-Pg event.

    Klo ttg plot-hole gw setuju. emg kesannya jauh bgt nariknya. Setw gw jga pas jaman segitu permukaan bumi jga belum mengenal kepulauan nusantara ya, kepulauan penyusun indonesia masih mencar2 bahkan mgkn ada yg masih nyatu sama australia or daratan besar cina hha.
  • bang @yatagarasu , yg ijo mirip dirimu -kaca mata haha
  • edited July 2015
    ___tutup akun___
  • @khieveihk

    soalnya km yg promo bgt ni komik...haha

    abis kalo org yg sama sekali g brhubungan jarang yg mau sukarela begini...ini km bikin thread jg terhitung lmayan niat bgt lho
  • Orang utan????
    Really???????

    Knp ga tapir aja? Ato komodo.
  • Tanya ke creator-nya
  • edited July 2015
    ___tutup akun___
  • mantap nih!
  • ada link downloadnya ga ya?
  • edited July 2015
    ___tutup akun___
  • maksudnya dah di archive. jadi ga usah save satu2... blom cek juga sih.
  • edited July 2015
    ___tutup akun___
  • Renata keren ya.
  • Siap2 baca..
Sign In or Register to comment.