BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Pecinta Alam Boyzforum

edited September 2013 in BoyzStyle
Dear all,

Sekedar sharing seorang backpacker newbie.

Gw baru aja pulang dari jalan-jalan ke dua tempat itu: Taman Nasional Baluran (yang disebut-sebut Afrika van Java) dan Taman Nasional Alas Purwo. Ada yang pernah ke tempat-tempat itu juga? Atau malah tinggal di sana? Beruntunglah kalok memang tinggal di Banyuwangi.

Buat gw tempat-tempat itu betul-betul indah dan fantastis! Kayak surga, kali, ya? Liat rusa, banteng, dan hewan liar lain lepas bebas di savana kayak di Afrika itu bener-bener bikin gw gak bisa tidur malem-malem... kepikiran terus. Belum pantai-pantainya yang juga masih bersih. Super keren!

Kota Banyuwangi pun menurut gw rapi sekali dan belum terlalu ramai. Orang-orangnya ramah banget. Sempet terjebak ujan deres banget pas keluar dari Alas Purwo dan berteduh di rumah penduduk gak jauh dari situ. Empunya rumah langsung ngeluarin persediaan kursi plastik yang dia punya... nawari ruangan untuk ganti baju... duh, tersentuh sama keramahan yang jarang banget dirasain di ibukota negara tercinta ini.

Oya, belom lagi makanannya... sempet makan penyetan tempe di Banyuwangi kota. Penyetan tempe terenak se-asia pasifik deh tu kayaknya... Hehehe

Sayangnya belum sempet ngunjungi Taman Nasional Meru Betiri yang nyimpen pantai-pantai keren dan kawah Ijen yang beken ke seluruh dunia karena api birunya. Bertekad bulat untuk balik lagi begitu ada kesempatan.

Btw, ada yang suka backpacking-an juga?


Di atas adalah isi dari topik awal yang gue bikin dengan judul, "Jalan-jalan Ke TN Baluran & Alas Purwo, Banyuwangi, Jatim."

Karena makin ke sini komentar semakin meriah tentang jalan-jalan ke alam belum lagi yang ilmuwan betulan ikut komentar, gw mengganti judul topik agar isinya sesuvey dengan topik.

Setuju? Udah lah, setuju aja.
«13456740

Comments

  • Oalah backpacker yahh saya juga pengen sih :''') ah tapi berhubung saya masih batita dan biaya hidup dan susu masih di biayai orang tuaa ituuu rencana backpacker gak kesampeann :(( hikss banyuwangi yah ? wah rekoment deh kayanya emang bagus,di indo banyak tempat bagus yg kita sendiri gak sadar dengan surga yg banyak ditempat kita, eh sekalian coba deh ke pulau komodo katanya pantainya indah lohh, terus coba ke daerah sumut yg pulau kecil deket sana *lupa namanya* katanya pantainya so damn beautiful dehhh !!
  • wah..... photonya bagus. Bikin iri. Tambah lagi dong ...!! ^:)^
  • @Yui_yoshioko

    Eh, gw juga kemaren dana terbatas kok... Total dana yang dihabiskan sekitar +/- 800 rb. Udah semua-mua. Termasuk tiket kereta pp (naik kereta ekonomi non AC murah meriah yang, sayangnya, tidak ada lagi sejak kemarin, 1 April 2013), akomodasi (ada penginapan murah deket stasiun, kamar AC cuma 75 rb, kipas angin 50 rb. Gw pakek yg AC bayar patungan sama 2 temen lainnya), bayar guide & sewa motor selama di sana, makan, beli oleh-oleh.

    Rumah lo dimana, Yui? Kalo Jabodetabek, pergi ke t4 yang deket-deket aja dulu. Pulau Seribu atau Ujung Kulon, misalnya. Pastinya bisa lebih murah. Kalok punya temen yang rumahnya di daerah t4 tujuan, bisa dimanfaatkan untuk penginapan, 'kan? ;)

    Memang, pastinya pakek uang, besar maupun kecil jumlahnya. Nabung, lah, kalok betulan mau jalan-jalan. :)

    Pulau Komodo sudah ada di list. Tapi ke daerah timur itu, segembel-gembelnya, biaya tetep lumayan gede. Masih nabung dulu. Pulau kecil di Sumut apa ya? Kalok gw sih target berikutnya (selain Meru Betiri dan Ijen yang kudu nunggu aman dulu) memang di Sumatera, tapi bukan di utara. Maunya ke barat. Tepatnya kepulauan Mentawai, Siberut. Gara-garanya ngiler liat foto-foto 1 temen yang taun lalu sempet ke sana sendirian. Tertantang juga mau pergi sendirian.

    @Yayang_Nasionalis

    Wah, ntar tambah iri... hehehe... Google aja, pak. Lebih bagus lagi foto-fotonya. Lagian kalok dipasang di sini rasanya kok narsis dan pamer. Itu satu biji dipasang supaya gak disangka hoax aja. Hehehe...
  • @dantososo

    Mudah, kok, pak. Ke Banyuwangi gw naek kereta terus sampe Surabaya. Trus dari Surabaya nyambung lagi ke Banyuwangi. Duapuluh empat jam penuh. Hihihi. Sampe di sana, ngiter-ngiternya naek motor. Gampang. Tapi, siap-siapin pantat, ya...Hahaha... Pegel abess..
  • saya masih SMA masalahnya dan lagi kelas 3 jadi belum bsa namany traveling, jujur dari dulu saya mau ngelakuin traveling pasca depresi lebih tepatnya traveling yg kaya film eat pray love, gak cuma mencari keindahan alam tapi juga mencari arti hidup dari travel dan bacpacker, mau backpacker sendirian ._. tapi ane penakut, pengen deh suatu saat bisa traveling bener" ke daerah pelosok yah ibaratnya traveling utk lebih mengerti makna hidup :D moga aja bisa aminn
    tarik @han_gaozu kali aja punya rekoment juga...
  • ane sih stay nya di tangerang pengen juga nanti traveling ke daerah deket sini dulu aja :D
  • @Han_Gaozu

    Ah, yaya... Tanjung Papuma ini gw dah pernah denger juga. Akses ke sana gimana, bos?

    @dantososo

    Kemaren itu aku juga gak nyetir motor sendiri, kok... guide-nya yang nyetirin. Hehehe..

    @Yui_yoshioko

    Wah, kelas 3 SMA toh... Yaudah, pikirin UN aja dulu! Hihihi There are plenty of times to travel later in college. Don't worry..
  • masukan buat ka @esaebi yg suka pantai diliat yaaa pantai papuma
  • Kebetulan nih saya juga suka jalan-jalan .. Atuh bareng laah sekali kali :D
  • Alas Purwo? Sundul @boljugg.
  • @riri_bete

    Hayuk, lah, kang! Kapan kita berangkat ke mana? Hehehe
  • hahaaaa

    dasar @dundileo the explorer

    jadi avonturir kyk dundi mmg asik bgt
    bisa cerita ttg setan2...

    dan bisa dapet pacar ganteng sesama petualang cinta...uppss...


    baluran itu sabana kl pjg 50 kms...
    indah bgt; gw liat kanopi jalannya si ijo bgt rindang tinggi...


    scr itu utan mulu gada rumah2 nya dan di masa lalu jadi saksi kunci masa2 berdarah saat2 silam;
    jaman jepang da jaman pki juga jaman petrus...

    ada jurang curah tangis di sana...

    dulu ada yg bisa liat anak2 kecil pada men bola di jalanan....
    juga an yg lain2...


    trus kalo mo nyari jimat2 yg serem2 datang aja ke AP barg dundi

    di sana prnh ketauan ada org yg bertapa ampe lumutan;
    dan minum dari air ujan

    cerita lucu gw?

    terkapar pingsan di ujung baluran/ wongsorejo

    bangun2 bingung aja;
    wondering gw posisi mo brangkat or udah pulang...

    avonturing is great

    hahaaaa
  • http://www.indomp3z.us/showthread.php/63534-Titik-angker-di-Hutan-Baluran-Banyuwangi



    Titik angker di Hutan Baluran Banyuwangi


    Ini pengalaman pribadi dan saya share-kan bagi para pengendara mobil yang suka perjalanan di malam hari.

    Sekitar 10 tahun lalu, saya sedang dalam perjalanan ke Bali dari Surabaya, maunya sich ambil perjalanan siang, tapi ternyata banyak yang harus di selesaikan, sehingga baru jam 14 wib bisa berangkat.

    Saya mulai masuk hutan baluran (alas bajul mati) di perbatasan situbondo - banyuwangi sekitar jam 18.20 wib, supaya perjalanan tidak membosankan, kita bertiga (saya, teman dan sopir) mulai bercerita yang aneh2, cenderung ke hal2 mistis. Teman saya mulai cerita soal arwah Nike Ardilla yang gentayangan dan sopir saya menimpali dengan bercerita ketika melewati alas roban (semarang) yang tiba2 menjadi jalan kembar (padahal aslinya cuman 1), dan setelah di kencingi, jalan kembali normal 1 jalur.

    Sesaat setelah berhenti cerita, tiba2 central lock mobil panther yang kita tumpangi berbunyi (buka tutup seperti ada yang mainin). Saya negur sopir jangan bikin mainan central lock ntar rusak, tapi sopir saya bilang bukan dia dan itu di buktikan dengan kedua tangan di atas setir dan central lock masih ber'main2'.

    Lokasi mulai di ajak 'main' itu setelah pos penjaga hutan/polisi hutan dan berakhir di jembatan yang konon menjadi tempat pembuangan mayat2 anggota PKI.

    Kita bertiga terdiam setelah itu, dan sesampai di pelabuhan ketapang baru cair situasinya, kita tidak saling menyalahkan, hanya harus intropeksi bahwa ada beberapa wilayah tertentu yang rawan angker, tidak bisa di lawan kecuali iman kita sudah benar2 siap.
    Saya tidak bertanya kepada sopir saya sampai detik ini, tapi saya yakin dia sempat melihat 'sesuatu' yang terbang di belakang mobil yang kita tumpangi.

    Jadi bagi para night drivers kendaraan pribadi, ada baiknya tidak berbincang2 soal mistik ketika melewati hutan baluran, ini sekedar saran dari saya.



    tuh kan baru tau ya kalo hutan Baluran angker. ada lagi tuh kalo pingin yang angker lagi. di hutan alas purwo Banyuwangi tuh dijamin keramat. coz hutannya masih perawan ting ting


    kalo kebali itu bukannya ngelewatin banyak hutan yak... dulu sempet naek mobil ban nya meledos ... shit shit shit.. untung ndak ada apa apa,...


    Lewat sana berkali2 kok gak ada apa2 yaaaaaaaaaaa
    Mungkin krn aku org baik..............
    Lha klo Alas Purwo Banyuwangi emang aneh. Bisa puter2 di hutan gak ada abisnya klo kita bikin kesalahan. Ini terjadi ma temenku.


    ah..itu sih karena hantunya takut ama kucing sampeyan mbak... setau aku memang di rute jalan menuju ke bali banyak melewati hutan yang memang katanya angker, tapi selama kita tidak punya pikiran yang aneh2 niscaya nggak ada apa2 deh..yang penting sebelum melakukan perjalan jauh berdoa dulu supaya perjalanan lancar dan mendapatkan perlindungan dari Tuhan.


    Default

    daerah di pinggir jurang yg konon dulu tempat membuang orang2 PKI, namanya JURANG TANGIS.
    konon orang2 PKI dulu cuma diikat pake kawat satu sama lain, lalu dijongkrongin pake kaki ke jurang itu.....

    percaya atau tidak ? terserah anda



    bah klo Alas Purwo mah ga berani maen-maen dah ...

    ogah kesana ogah juga ngomonginnya ...

    katanya disitu emang tempatnya ...

    yah klo bahasa manusia bisa dibilang perumahan lah ....

    au' klo buat makhluk yg alus² kaya gitu ...


    Wah Nice Story .....
    Dulu di Baluran aq,ayah,teman2 PERBAKIN juga pernah nembak / berburu kijang. Pas kita lewat ada sekumpulan kijang bernyanyi2,trus kita dor pake Cis peluru jenis mosser, tuh kijang mental kena tembak.

    Tapi pas kita mau ambil mayat tuh kijang ternyata tidak ada sama sekali. Jejak kaki kijang pun ga ada.Semua yg tadi serupa rumput hijau berubah jadi rumput gersang & kering.
    Ini cerita Real bukan HOAX



    @yeltz
    @shank
    @zorrobaya









  • http://www.merdeka.com/peristiwa/alas-bonggan-dan-cerita-kota-gaib-jalan-angker-10.html


    Alas Bonggan dan cerita kota gaib




    Jalan Alas Roban. wordpress.com


    Pasca kejadian bus Pahala Kencana dan dua truk PT Varia Usaha, Semen Gresik nyasar di hutan Bonggan, Blora, Jawa Tengah, beragam cerita mistis terkuak satu persatu. Dikabarkan Alas Bonggan merupakan kota gaib yang ditinggali banyak mahluk gaib.

    Kisah mistis itu mulai dari penyedia hiburan video yang mengaku disewa oleh warga, padahal warga mengaku tidak menyewa mereka, kelompok seniman yang seolah-olah menghibur warga di dalam hutan, hingga polisi yang nyasar hingga ke kuburan, bukan hal yang aneh bagi warga.

    Peristiwa aneh yang menimpa bus Pahala Kencana dan dua truk terjadi pada Kamis (22/6) lalu. Awalnya ketiga kendaraan sedang melaju di Jalur Pantura berjalan lancar tanpa ada hambatan. Saat memasuki jalur Rembang-Juwana-Pati, jalanan macet total, sopir bus yang melihat ada truk di depannya berhenti, mencoba menyalip.

    Namun karena kondisi jalan yang menanjak, kernet bus meminta sopir bus agar membiarkan truk mendaki. Setelah truk berhasil melalui tanjakan, sopir bus pun mencoba mendaki. Namun tiba-tiba mesin bus yang didominasi warna putih itu mendadak mati.

    Karena mesin mati, sopir dan kernet memutuskan untuk turun dari bus. Ketika turun, keduanya terkejut, karena mereka sudah berada di tengah hutan yang di sekelilingnya dipenuhi pohon jati. Keduanya baru sadar kalau mereka sudah berada sekitar 35 kilometer jauhnya dari Jalur Pantura.

    Dari cerita leluhur, Alas Bonggan merupakan kota gaib yang ditinggali banyak mahluk gaib. Hanya orang tertentu saja yang bisa melihat kota yang digambarkan besar dan megah itu. Selain itu, banyak orang yang kerap menggunakan daerah Alas Bonggan sebagai tempat mencari pesugihan.

    Cerita mistis tentang Alas Bonggan juga dibenarkan oleh petugas Polsek Todanan Briptu Trio. Menurutnya, banyak cerita kendaraan yang tiba-tiba nyasar ke Alas Bonggan.

    "Mereka pikir masih berada di jalur pantura. Tetapi yang terjadi justru berada di tengah hutan. Pohon jati besar di sekeliling bus. Sementara jalan tempat bus berada adalah jalan kecil, jalan kampung," kata Briptu Trio.
    ................




    TRIBUNNEWS.COM, BLORA-




    Sunaryo, warga Desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengaku mendengar suara deru mesin kendaraan yang melintas di depan rumahnya pada malam, Kamis pekan lalu. Saat itu, bus Pahala Kencana bepenumpang 33 orang dan dua truk pengangkut semen tersasar ke hutan Jaken, melewati jalan setapak.

    Namun saat itu, ia tak keluar rumah karena memang sudah larut malam. Ia pun tak berpikir macam-macam, karena menduga kendaraan itu adalah mobil bak terbuka kecil yang biasa lewat.

    "Paginya, saya kaget, apa mungkin kendaraan yang lewat semalam itu adalah truk dan bus tadi. Tapi sepertinya tak mungkin karena jalan depan rumah sangat sempit," katanya.

    Setelah ditemukan warga, proses evakuasi dua truk tronton dan bus itu membutuhkan waktu seharian. Jalan sempit membuat ketiga kendaraan besar sulit bergerak.

    Teka-teki tentang misteri tersesatnya bus Pahala Kencana dan dua truk Hino Ranger tronton pengangkut semen milik PT Varia Usaha, Gresik, di hutan Jaken, Desa Kedung Bacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis dini hari, pekan lalu terus menjadi buah bibir di masyarakat, termasuk di kalangan komunitas pecinta bus serta di kalangan karyawan PO Pahala Kencana sendiri.

    Banyak yang menilai, kejadian tersebut di luar nalar, apalagi jika melihat bus tersebut saat berada di hutan Jaken, dalam kondisi baik, tidak beret atau penyok bodi padahal tidak ada jalan akses ke atas yang bisa dilewati kendaraan besar.

    Member berninisial Fredyana Mardiansyah di grup obrolan Bismania Community di Facebook mengaku takjub dengan kejadian tersebut. "Wah, ajaib sekali..." tulisnya.

    Member lainnya, Ruslan Abdul Gani menulis, "Ajaib... sisi unik untuk kita." Rakhmat Hadianto menulis, "Wallahu'alam. Semua kejadian di atas sudah kehendak-Nya. Jangan lupa, sebelum berangkat berdoa."

    Di kalangan karyawan PO Pahala Kencana, kejadian ini juga menjadi buah bibir. Tak cuma di kalangan awak bus di lapangan tapi juga di kalangan karyawan bagian administrasi. "Kok bisa ya, ternyata ada dua dunia semacam itu," ungkap seorang karyawan kepada Tribun yang enggan disebut namanya.

    Dia membenarkan, peristiwa unik yang membuat jantung berdebar tersebut juga menjadi bahan obrolan di internal karyawan. Tapi, semua aktivitas kerja tetap berlangsung normal, tidak sampai jadi heboh.

    Sumber Tribun menyebutkan, pasca-kejadian, setelah bus berhasil diturunkan dari perbukitan hutan jati Jaken di Todanan, Blora, dengan bantuan paranormal, bus kemudian langsung ditarik ke Jakarta. "Busnya sekarang ada di pool Pegangsaan," kata sumber kepada Tribun.

    Pool Pegangsaan, tepatnya di Pegangsaan II Kelapa Gading, merupakan pool yang juga menjadi kantor pusat PO Pahala Kencana. Perusahaan otobus yang didirikan di Kota Kudus, Jawa Tengah, ini memiliki empat pool/cabang yakni, di Jakarta, Bandung, Malang dan Kudus.

    PO ini memiliki puluhan trayek bus malam lintas Jawa, Sumatera, Bali, dan Madura dengan ratusan armada. Perusahaan ini juga memiliki layanan armada bus pariwisata Nirwana dan jasa ekspedisi paket Pahala Ekspres. (Tribunnews.com/Ikrob Didik Irawan/Choirul Arifin)


    ................

    Pengalaman teman, disamber bus siluman dialas roban, Batang-Jawa tengah
    Posted on Juli 5, 2012 by yudibatang

    Halo brother biker :D .. Malam Jum’at waktunya publish artikel horor… Artikel ini terinspirasi dari berita sekitar dua minggu yang lalu tentang bus pahala kencana dan dua truk semen yang berpindah tempat dari jalan aspal keatas perbukitan didaerah hutan jati Blora-Jawa tengah CMIIW. konon kata paranormal setempat seandainya tidak ketolong suara adzan subuh, semua penumpang bis dan truk akan lenyap berpindah alam. Tidak menutup kemungkinan pada jaman dulu sudah ada bus beserta penumangnya yang berpindah alam lain…mungkin lho ya…

    *Brodigyo :D

    Nah..kebetulan yudibatang punya seorang teman yang pernah mengalami kejadian aneh didaerah alas roban, Batang-Jawa tengah. Namanya brodigyo, sekarang beliau bekerja sebagai kepala cabang Unitrans-Cirbon. Kejadiannya skitar tahun 1996, brodigyo adalah asli orang Tegal-jawa tengah. Pada waktu itu brodigyo bekerja didaerah Surabaya, Saat itu brodigyo termasuk biker juga… malah tegolong biker nekad. Bayangkan…untuk melakukan perjalanan Tegal-Surabaya, Sebulan sekali brodigyo menggunakan motor honda bebek Astrea prima.

    Suatu saat karena ada urusan yang sangat penting brodigyo melakukan perjalanan pulang dari surabaya menuju tegal bukan pada jam biasanya. Singkat kata jam sebelas malam brodigyo baru sampai Kendal dan kondisinya gerimis. Brodigyo segera berhenti dan memakai jas hujan kemudian tetap melanjutkan perjalanan. lambat laun hujan turun semakin deras…jam 12 malam brodigyo sampai didaerah gringsing, sebuah desa yang terletak dijalan yang akan memasuki alas roban. Oh..ya..tahun 1996, jalan alas roban hanya terdap;at satu jalur dua arah yang berkelok-kelok.

    Brodigyo nekad tetap melanjutkan perjalanan dengan kondisi hujan deras, gelap gulita, sepi dan angin bertiup sangat kencang. Pelan-pelan brodigyo menyusuri jalan alas roban, pertama-tama jalan masih datar, lurus dan biasa..kemudian masuk ketanjakan belok kekiri, terus menikung tajam kekanan…cuaca sangat dingin sekali..brodigyo tidak perduli, dia terus mengendarai astrea primanya. Entah ditikungan keberapa, brodigyo melihat sorot lampu dari belakang. Brodigyo menduga itu sebuah bis yang melaju pelan dibelakangnya. Brodigyo masih berjalan pelan dengan harapan, bis segera menyalipnya agar dia bisa mengikuti dari belakang. Ternyata bis bukannya segera menyalip brodigyo tapi malahan berjalan pelan dibelakang brodigyo.

    brodigyo mulai merasakan sesuatu yang aneh..terlihat dispion bentuk bis bukannya kotak seperti bentuk bis pada umumnya, tapi bentuk bis seperti bis-bis jaman dulu yng bgin depannya terdpt moncong (seperti mobil kijang). bro digyo segera mnambah kcepatan sepeda motornya. baru sedikit buka gas, terdengar suara klakson bis keras sekali..toooett!! terlihat dispion bus semakin mendekat!..semakin mendekat!.. dan moncong bus terasa menyentuh punggung borodigyo. brodigyo reflek berteriak….Aaaaaaaa!!!..ternyata bus bukan menabrak melainkan seperti menembus tubuh dan motor brodigyo. Saking kagetnya, brodigyo mengarahkan motornya turun dari jalan aspal… dan Gubrakk!!!… bukannya ketakutan tapi brodigyo segera berdiri dan malah mengumpat sendiri dengan bahas tegal… “Bajin**n!!..A*u!!!…
    Dalam suasana gelap, hujan deras dan dingin, brodigyo berusaha mendirikan motornya dan segera menuntunnya. setelah keluar dari jalan alas roban, brodigyo meminta bantuan penduduk terdekat untuk memperbaiki motornya. mesin gak masalah, hanya foot step kiri dan tuas pemindah gigi melengkung keatas serta businya mati. setelah motor beres brodigyopun melanjutkan perjalanan. sampai tegal sekitar jam 3 pagi. Begitulah pengalaman broDigyo disambar bus siluman… bisa jadi bus tersebut adalah salah satu bus yng berpindah alm pada jamn dulu…hhiiii…
    http://yudibatang.wordpress.com/2012/07/05/pengalaman-teman-disamber-bus-siluman-dialas-roban-batang-jawa-tengah/
    ................




    http://ceritapendekhoror.blogspot.com/2012/12/cerpen-horor-bus-siluman-di-alas-roban.html




    Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban

    Alas Roban memang masih menyimpan sejumlah misteri tersendiri. Tak pelak, beberapa orang yang melintasi di jalan raya hutan yang berada di sekitaran Batang - Jawa Tengah ini kerap mendapatkan cerita aneh.

    Barangkali masih lekat dalam ingatan kita, berita geger tentang bus Pahala Kencana dan dua truk semen yang berpindah secara ajaib dari jalan raya ke atas perbukitan di daerah hutan Jati Blora, Jawa Tengah. Peristiwa misterius ini terjadi pada Juli 2012. Dan mungkin, kejadian ini tak hanya terjadi di masa kini, melainkan terjadi juga di masa lalu. Benarkah?

    Simak saja kisah yang dialami Digyo, seorang kepala cabang Unitrans-Cirebon asli Tegal. Peristiwa yang menimpanya jauh lebih lama daripada geger bus Pahala Kencana dan dua truk semen tersebut, yaitu pada 1996. Saat dirinya bekerja di Surabaya.

    Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban
    Credit Photo: YudiBatang.wordpress.com.

    Begini kisahnya...

    Karena urusan penting yang sangat mendadak, tanpa mempedulikan malam, Digyo menggeber motor Honda Astrea Prima-nya. Melakukan perjalanan Surabaya-Tegal.

    Pukul 11 malam, Digyo sudah sampai di Kendal. Saat itu, gerimis sehingga Digyo berhenti sejenak untuk mengenakan mantrol (jas hujan). Setelah itu langsung tancap gas lagi. Satu jam berikutnya, hujan turun makin deras. Saat itu, Digyo sudah sampai di daerah Gringsing - sebuah desa yang berada di jalan sebelum alas Roban*.

    Digyo termasuk orang nekat. Dengan kondisi seperti itu (hujan deras, gelap gulita, sepi, dan angin bertiup kencang), Digyo menyusuri jalan raya alas Roban. Pelan-pelan. Awalnya, jalan masih datar, lurus dan biasa. Kemudian masuk tanjakan belok ke kiri, lanjut menikung tajam ke kanan. Cuaca dingin betul waktu itu. Tapi, Digyo tak peduli.

    Entah di tikungan berapa, Digyo melihat sorot lampu bus dari belakang. Digyo menduga itu bus yang sedang bergerak searah dengannya. Digyo memelankan Astrea Prima miliknya. Dia berharap, bus di belakangnya segera menyalipnya. Dengan demikian, dia bisa mengikuti di belakangnya. Nyatanya, bus itu bukannya menyalip, malah mengikuti di belakang Digyo dengan perlahan.

    Kening Digyo berkerut saat melihat di spion, bentuk bus bukannya kotak seperti umumnya bentuk bus saat ini. Tapi, ada moncongnya seperti bus zaman dulu. Sontak Digyo buka gas untuk menambah kecepatan laju motornya.

    Baru sedikit buka gas, terdengar klakson nyaring benar. Dispion, Digyo melihat bus juga mempercepat kecepatannya. Semakin mendekat... semakin mendekat. Digyo merasakan moncong bus menyentuh punggungnya. Refleks, Digyo berteriak. "Aaaa..." Tapi ternyata bus bukannya menabraknya melainkan seperti menembus dirinya. Terkejut dengan kejadian itu, Digyo mengarahkan motornya keluar jalan aspal, hingga tersungkur.

    Bukannya ketakutan, Digyo segera berdiri dan mengumpat dengan logat Tegal yang kental. "BUAJINGFOY!!! UWASYU!!!"

    Dalam kondisi gelap, hujan deras, dan dingin, Digyo berusaha mendirikan motornya dan segera menuntunnya kembali ke jalan aspal. Dia lalu naik motornya pelan-pelan. Setelah keluar dari alas Roban, Digyo meminta bantuan penduduk terdekat untuk memperbaikin motornya. Tak ada masalah serius dengan motornya. Kecuali, foot step kiri, dan step pemindah gigi melengkung ke atas.

    Itulah pengalaman Digyo disambar bus siluman. Bisa jadi bus tersebut merupakan salah satu bus yang berpindah alam pada zaman dulu, seperti yang terjadi pada bus Pahala Kencana dan dua truk yang berpindah secara ajaib.[]

    *) Tahun 1996, alas Roban hanya memiliki satu jalur dua arah yang berkelok-kelok.

    Follow Twitter kami di @CerpenHoror

    Description: Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban Rating: 3.5 Reviewer: Cerpen Horor ItemReviewed: Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban
    ................




  • http://www.merdeka.com/peristiwa/alas-bonggan-dan-cerita-kota-gaib-jalan-angker-10.html


    Alas Bonggan dan cerita kota gaib




    Jalan Alas Roban. wordpress.com


    Pasca kejadian bus Pahala Kencana dan dua truk PT Varia Usaha, Semen Gresik nyasar di hutan Bonggan, Blora, Jawa Tengah, beragam cerita mistis terkuak satu persatu. Dikabarkan Alas Bonggan merupakan kota gaib yang ditinggali banyak mahluk gaib.

    Kisah mistis itu mulai dari penyedia hiburan video yang mengaku disewa oleh warga, padahal warga mengaku tidak menyewa mereka, kelompok seniman yang seolah-olah menghibur warga di dalam hutan, hingga polisi yang nyasar hingga ke kuburan, bukan hal yang aneh bagi warga.

    Peristiwa aneh yang menimpa bus Pahala Kencana dan dua truk terjadi pada Kamis (22/6) lalu. Awalnya ketiga kendaraan sedang melaju di Jalur Pantura berjalan lancar tanpa ada hambatan. Saat memasuki jalur Rembang-Juwana-Pati, jalanan macet total, sopir bus yang melihat ada truk di depannya berhenti, mencoba menyalip.

    Namun karena kondisi jalan yang menanjak, kernet bus meminta sopir bus agar membiarkan truk mendaki. Setelah truk berhasil melalui tanjakan, sopir bus pun mencoba mendaki. Namun tiba-tiba mesin bus yang didominasi warna putih itu mendadak mati.

    Karena mesin mati, sopir dan kernet memutuskan untuk turun dari bus. Ketika turun, keduanya terkejut, karena mereka sudah berada di tengah hutan yang di sekelilingnya dipenuhi pohon jati. Keduanya baru sadar kalau mereka sudah berada sekitar 35 kilometer jauhnya dari Jalur Pantura.

    Dari cerita leluhur, Alas Bonggan merupakan kota gaib yang ditinggali banyak mahluk gaib. Hanya orang tertentu saja yang bisa melihat kota yang digambarkan besar dan megah itu. Selain itu, banyak orang yang kerap menggunakan daerah Alas Bonggan sebagai tempat mencari pesugihan.

    Cerita mistis tentang Alas Bonggan juga dibenarkan oleh petugas Polsek Todanan Briptu Trio. Menurutnya, banyak cerita kendaraan yang tiba-tiba nyasar ke Alas Bonggan.

    "Mereka pikir masih berada di jalur pantura. Tetapi yang terjadi justru berada di tengah hutan. Pohon jati besar di sekeliling bus. Sementara jalan tempat bus berada adalah jalan kecil, jalan kampung," kata Briptu Trio.
    ................




    TRIBUNNEWS.COM, BLORA-




    Sunaryo, warga Desa Kedungbacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengaku mendengar suara deru mesin kendaraan yang melintas di depan rumahnya pada malam, Kamis pekan lalu. Saat itu, bus Pahala Kencana bepenumpang 33 orang dan dua truk pengangkut semen tersasar ke hutan Jaken, melewati jalan setapak.

    Namun saat itu, ia tak keluar rumah karena memang sudah larut malam. Ia pun tak berpikir macam-macam, karena menduga kendaraan itu adalah mobil bak terbuka kecil yang biasa lewat.

    "Paginya, saya kaget, apa mungkin kendaraan yang lewat semalam itu adalah truk dan bus tadi. Tapi sepertinya tak mungkin karena jalan depan rumah sangat sempit," katanya.

    Setelah ditemukan warga, proses evakuasi dua truk tronton dan bus itu membutuhkan waktu seharian. Jalan sempit membuat ketiga kendaraan besar sulit bergerak.

    Teka-teki tentang misteri tersesatnya bus Pahala Kencana dan dua truk Hino Ranger tronton pengangkut semen milik PT Varia Usaha, Gresik, di hutan Jaken, Desa Kedung Bacin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis dini hari, pekan lalu terus menjadi buah bibir di masyarakat, termasuk di kalangan komunitas pecinta bus serta di kalangan karyawan PO Pahala Kencana sendiri.

    Banyak yang menilai, kejadian tersebut di luar nalar, apalagi jika melihat bus tersebut saat berada di hutan Jaken, dalam kondisi baik, tidak beret atau penyok bodi padahal tidak ada jalan akses ke atas yang bisa dilewati kendaraan besar.

    Member berninisial Fredyana Mardiansyah di grup obrolan Bismania Community di Facebook mengaku takjub dengan kejadian tersebut. "Wah, ajaib sekali..." tulisnya.

    Member lainnya, Ruslan Abdul Gani menulis, "Ajaib... sisi unik untuk kita." Rakhmat Hadianto menulis, "Wallahu'alam. Semua kejadian di atas sudah kehendak-Nya. Jangan lupa, sebelum berangkat berdoa."

    Di kalangan karyawan PO Pahala Kencana, kejadian ini juga menjadi buah bibir. Tak cuma di kalangan awak bus di lapangan tapi juga di kalangan karyawan bagian administrasi. "Kok bisa ya, ternyata ada dua dunia semacam itu," ungkap seorang karyawan kepada Tribun yang enggan disebut namanya.

    Dia membenarkan, peristiwa unik yang membuat jantung berdebar tersebut juga menjadi bahan obrolan di internal karyawan. Tapi, semua aktivitas kerja tetap berlangsung normal, tidak sampai jadi heboh.

    Sumber Tribun menyebutkan, pasca-kejadian, setelah bus berhasil diturunkan dari perbukitan hutan jati Jaken di Todanan, Blora, dengan bantuan paranormal, bus kemudian langsung ditarik ke Jakarta. "Busnya sekarang ada di pool Pegangsaan," kata sumber kepada Tribun.

    Pool Pegangsaan, tepatnya di Pegangsaan II Kelapa Gading, merupakan pool yang juga menjadi kantor pusat PO Pahala Kencana. Perusahaan otobus yang didirikan di Kota Kudus, Jawa Tengah, ini memiliki empat pool/cabang yakni, di Jakarta, Bandung, Malang dan Kudus.

    PO ini memiliki puluhan trayek bus malam lintas Jawa, Sumatera, Bali, dan Madura dengan ratusan armada. Perusahaan ini juga memiliki layanan armada bus pariwisata Nirwana dan jasa ekspedisi paket Pahala Ekspres. (Tribunnews.com/Ikrob Didik Irawan/Choirul Arifin)


    ................

    Pengalaman teman, disamber bus siluman dialas roban, Batang-Jawa tengah
    Posted on Juli 5, 2012 by yudibatang

    Halo brother biker :D .. Malam Jum’at waktunya publish artikel horor… Artikel ini terinspirasi dari berita sekitar dua minggu yang lalu tentang bus pahala kencana dan dua truk semen yang berpindah tempat dari jalan aspal keatas perbukitan didaerah hutan jati Blora-Jawa tengah CMIIW. konon kata paranormal setempat seandainya tidak ketolong suara adzan subuh, semua penumpang bis dan truk akan lenyap berpindah alam. Tidak menutup kemungkinan pada jaman dulu sudah ada bus beserta penumangnya yang berpindah alam lain…mungkin lho ya…

    *Brodigyo :D

    Nah..kebetulan yudibatang punya seorang teman yang pernah mengalami kejadian aneh didaerah alas roban, Batang-Jawa tengah. Namanya brodigyo, sekarang beliau bekerja sebagai kepala cabang Unitrans-Cirbon. Kejadiannya skitar tahun 1996, brodigyo adalah asli orang Tegal-jawa tengah. Pada waktu itu brodigyo bekerja didaerah Surabaya, Saat itu brodigyo termasuk biker juga… malah tegolong biker nekad. Bayangkan…untuk melakukan perjalanan Tegal-Surabaya, Sebulan sekali brodigyo menggunakan motor honda bebek Astrea prima.

    Suatu saat karena ada urusan yang sangat penting brodigyo melakukan perjalanan pulang dari surabaya menuju tegal bukan pada jam biasanya. Singkat kata jam sebelas malam brodigyo baru sampai Kendal dan kondisinya gerimis. Brodigyo segera berhenti dan memakai jas hujan kemudian tetap melanjutkan perjalanan. lambat laun hujan turun semakin deras…jam 12 malam brodigyo sampai didaerah gringsing, sebuah desa yang terletak dijalan yang akan memasuki alas roban. Oh..ya..tahun 1996, jalan alas roban hanya terdap;at satu jalur dua arah yang berkelok-kelok.

    Brodigyo nekad tetap melanjutkan perjalanan dengan kondisi hujan deras, gelap gulita, sepi dan angin bertiup sangat kencang. Pelan-pelan brodigyo menyusuri jalan alas roban, pertama-tama jalan masih datar, lurus dan biasa..kemudian masuk ketanjakan belok kekiri, terus menikung tajam kekanan…cuaca sangat dingin sekali..brodigyo tidak perduli, dia terus mengendarai astrea primanya. Entah ditikungan keberapa, brodigyo melihat sorot lampu dari belakang. Brodigyo menduga itu sebuah bis yang melaju pelan dibelakangnya. Brodigyo masih berjalan pelan dengan harapan, bis segera menyalipnya agar dia bisa mengikuti dari belakang. Ternyata bis bukannya segera menyalip brodigyo tapi malahan berjalan pelan dibelakang brodigyo.

    brodigyo mulai merasakan sesuatu yang aneh..terlihat dispion bentuk bis bukannya kotak seperti bentuk bis pada umumnya, tapi bentuk bis seperti bis-bis jaman dulu yng bgin depannya terdpt moncong (seperti mobil kijang). bro digyo segera mnambah kcepatan sepeda motornya. baru sedikit buka gas, terdengar suara klakson bis keras sekali..toooett!! terlihat dispion bus semakin mendekat!..semakin mendekat!.. dan moncong bus terasa menyentuh punggung borodigyo. brodigyo reflek berteriak….Aaaaaaaa!!!..ternyata bus bukan menabrak melainkan seperti menembus tubuh dan motor brodigyo. Saking kagetnya, brodigyo mengarahkan motornya turun dari jalan aspal… dan Gubrakk!!!… bukannya ketakutan tapi brodigyo segera berdiri dan malah mengumpat sendiri dengan bahas tegal… “Bajin**n!!..A*u!!!…
    Dalam suasana gelap, hujan deras dan dingin, brodigyo berusaha mendirikan motornya dan segera menuntunnya. setelah keluar dari jalan alas roban, brodigyo meminta bantuan penduduk terdekat untuk memperbaiki motornya. mesin gak masalah, hanya foot step kiri dan tuas pemindah gigi melengkung keatas serta businya mati. setelah motor beres brodigyopun melanjutkan perjalanan. sampai tegal sekitar jam 3 pagi. Begitulah pengalaman broDigyo disambar bus siluman… bisa jadi bus tersebut adalah salah satu bus yng berpindah alm pada jamn dulu…hhiiii…
    http://yudibatang.wordpress.com/2012/07/05/pengalaman-teman-disamber-bus-siluman-dialas-roban-batang-jawa-tengah/
    ................




    http://ceritapendekhoror.blogspot.com/2012/12/cerpen-horor-bus-siluman-di-alas-roban.html




    Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban

    Alas Roban memang masih menyimpan sejumlah misteri tersendiri. Tak pelak, beberapa orang yang melintasi di jalan raya hutan yang berada di sekitaran Batang - Jawa Tengah ini kerap mendapatkan cerita aneh.

    Barangkali masih lekat dalam ingatan kita, berita geger tentang bus Pahala Kencana dan dua truk semen yang berpindah secara ajaib dari jalan raya ke atas perbukitan di daerah hutan Jati Blora, Jawa Tengah. Peristiwa misterius ini terjadi pada Juli 2012. Dan mungkin, kejadian ini tak hanya terjadi di masa kini, melainkan terjadi juga di masa lalu. Benarkah?

    Simak saja kisah yang dialami Digyo, seorang kepala cabang Unitrans-Cirebon asli Tegal. Peristiwa yang menimpanya jauh lebih lama daripada geger bus Pahala Kencana dan dua truk semen tersebut, yaitu pada 1996. Saat dirinya bekerja di Surabaya.

    Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban
    Credit Photo: YudiBatang.wordpress.com.

    Begini kisahnya...

    Karena urusan penting yang sangat mendadak, tanpa mempedulikan malam, Digyo menggeber motor Honda Astrea Prima-nya. Melakukan perjalanan Surabaya-Tegal.

    Pukul 11 malam, Digyo sudah sampai di Kendal. Saat itu, gerimis sehingga Digyo berhenti sejenak untuk mengenakan mantrol (jas hujan). Setelah itu langsung tancap gas lagi. Satu jam berikutnya, hujan turun makin deras. Saat itu, Digyo sudah sampai di daerah Gringsing - sebuah desa yang berada di jalan sebelum alas Roban*.

    Digyo termasuk orang nekat. Dengan kondisi seperti itu (hujan deras, gelap gulita, sepi, dan angin bertiup kencang), Digyo menyusuri jalan raya alas Roban. Pelan-pelan. Awalnya, jalan masih datar, lurus dan biasa. Kemudian masuk tanjakan belok ke kiri, lanjut menikung tajam ke kanan. Cuaca dingin betul waktu itu. Tapi, Digyo tak peduli.

    Entah di tikungan berapa, Digyo melihat sorot lampu bus dari belakang. Digyo menduga itu bus yang sedang bergerak searah dengannya. Digyo memelankan Astrea Prima miliknya. Dia berharap, bus di belakangnya segera menyalipnya. Dengan demikian, dia bisa mengikuti di belakangnya. Nyatanya, bus itu bukannya menyalip, malah mengikuti di belakang Digyo dengan perlahan.

    Kening Digyo berkerut saat melihat di spion, bentuk bus bukannya kotak seperti umumnya bentuk bus saat ini. Tapi, ada moncongnya seperti bus zaman dulu. Sontak Digyo buka gas untuk menambah kecepatan laju motornya.

    Baru sedikit buka gas, terdengar klakson nyaring benar. Dispion, Digyo melihat bus juga mempercepat kecepatannya. Semakin mendekat... semakin mendekat. Digyo merasakan moncong bus menyentuh punggungnya. Refleks, Digyo berteriak. "Aaaa..." Tapi ternyata bus bukannya menabraknya melainkan seperti menembus dirinya. Terkejut dengan kejadian itu, Digyo mengarahkan motornya keluar jalan aspal, hingga tersungkur.

    Bukannya ketakutan, Digyo segera berdiri dan mengumpat dengan logat Tegal yang kental. "BUAJINGFOY!!! UWASYU!!!"

    Dalam kondisi gelap, hujan deras, dan dingin, Digyo berusaha mendirikan motornya dan segera menuntunnya kembali ke jalan aspal. Dia lalu naik motornya pelan-pelan. Setelah keluar dari alas Roban, Digyo meminta bantuan penduduk terdekat untuk memperbaikin motornya. Tak ada masalah serius dengan motornya. Kecuali, foot step kiri, dan step pemindah gigi melengkung ke atas.

    Itulah pengalaman Digyo disambar bus siluman. Bisa jadi bus tersebut merupakan salah satu bus yang berpindah alam pada zaman dulu, seperti yang terjadi pada bus Pahala Kencana dan dua truk yang berpindah secara ajaib.[]

    *) Tahun 1996, alas Roban hanya memiliki satu jalur dua arah yang berkelok-kelok.

    Follow Twitter kami di @CerpenHoror

    Description: Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban Rating: 3.5 Reviewer: Cerpen Horor ItemReviewed: Cerpen Horor: Bus Siluman di Alas Roban
    ................




Sign In or Register to comment.