BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

ANGKLUNG SMA – Chapter 3 : Buku Pelajaran Biologi

Pernah ngebayangin jadi pemain musik tradisional? Perform di depan orang banyak? Nerima riuhnya tepuk tangan penonton? Atau mungkin ngalamin kisah indah di balik musik? Sama, saya juga belum pernah sebelumnya. Sampai tiba saatnya saya mengenakan putih abu-abu.

***

Chapter 1 : Alat Musik Baru

“Selamat Datang di SMA Belitung 8 Kota Bandung. Knowledge is power, but character is more.” Kata-kata itu sering banget diulang waktu orientasi siswa baru, sampe rada eneg lama-lama dengernya. Yak, inilah saatnya saya melanjutkan masa remaja di sekolah yang ternyata gak boleh telat meski cuma 5 menit, gak bisa kalo gak dapet nilai 10, dan gak mungkin kalo gak denger ta’lim tiap pagi hari. Hufffft..cape emang. Tapi biar lah, asal indung bapa (=ibu-bapak; sunda) seneng wae. Sebagai solusinya, harus pinter-pinter cari kesenangan di sekolah ini. Cari kegiatan yang bisa membayar kejenuhan di dalam kelas.

“Daftar ekskul yuk!” seorang cewek periang berambut ikal berkata begitu keluar pintu kelas.
“Emang kamu teh mau ikutan apa?” teman cewek lain menanggapi dengan nada kesundaan.

Saya sedang berdiri di depan pintu kelas, tak sengaja mengamati percakapan dua orang teman baru. Cewek periang kemudian segera menarik tangan temannya sambil menunjukkan sesuatu. Ia memegang sebuah bros, terbuat dari dua batang bambu bulat dan ada bilah-bilah yang mengubungkan keduanya. Dibalik bros terdapat carik kertas bertuliskan: “ngiringan urang yuk!”(=mari ikuti kami).

Benda itu adalah miniatur alat musik tradisional Jawa Barat, yang bernama Angklung. Terbuat dari bambu, dan dimainkan secara tim dalam jumlah personil yang cukup banyak, bisa 20 hingga 50 orang. Untuk mempermanis penampilan lagu, angklung biasa dimainkan dengan diiringi dengan alat-alat musik lain, seperti bass, perkusi, piano, atau xylophone.

“Katanya kalo ikut angklung bisa ke Eropa euy!” cewek periang menambahkan dengan sangat antusias.
“Euleuh, bener gituh?” seorang cowok datang tiba-tiba dari sebelah saya dan menanggapi, “Paling juga isinya awewe (=perempuan) semua.”

“Engga kok, lalaki juga ada yang ikutan. Main bass kalo engga perkusi.” Lalu si periang mendekat ke telinga teman ceweknya, “Dan lagi katanya, kakak senior lalakinya cute-cute!” sambil setengah berbisik dan tersenyum.

Sejujurnya, saya juga pingin punya banyak teman dengan ikut kegiatan ekstrakurikuler. Kebetulan melihat omongan dua cewek ini, saya jadi penasaran dan tertarik untuk mencoba mendaftar. Syukur-syukur bisa pergi ke Eropa, tapi kalo pun enggak, ya lumayan kan dapet temen-temen yang cute. Siapa tahu bisa ketularan..hehe.

Saya Arman Nafian. Sebenernya saya orang yang gak terlalu pandai mencari teman, cenderung pemalu dan introvert. Padahal kalo mau pede dan sedikit luwes, penampilan saya lumayan mendukung. Tinggi badan 174 cm, kulit sawo matang, perawakan sedengan (cenderung kurus sih), rambut ikal, hidung mancung, dan mata besar. Kalo orang bilang saya kayak keturunan Arab..huahaha. Padahal mana ada,... Oke, udah ah narsisnya, malu.

***

Saya melihat ke sekeliling ruang kelas, ada banyak teman yang sedang asyik dengan alat musik yang kayaknya untuk sebagian besar ini adalah kali pertama mereka memegangnya, walau mungkin sudah sering lihat pertunjukannya di stasiun TV lokal. Saya berdiri dengan tangan sedikit terangkat. Saya memegang sebuah angklung di tangan kiri, sementara tangan kanan memegang bagian bambu yang mendatar pada angklung tersebut, sambil menggetarkannya beberapa saat. “krek..krek..krek..” kok kayaknya gak enak banget ya suaranya?

“Eeh, bukan gitu atuh cara megangnya!” seorang cowok tiba-tiba menegur saya.

Agak terkejut, saya pun menoleh. Ternyata ada yang sedang memperhatikan percobaan bunyi angklung saya toh..

“Kasih tau Tra, jangan dimarahin wae!” hoo..ternyata ada temannya yang lain juga sedang memperhatikan. Jadi grogi nih. Biasa saya emang agak canggung kalo bergaul, apalagi sama cowok.

“Kamu balik coba. Seperti saya pegang ini niih.” ia berkata seraya berisyarat dengan tangan yang satu, sementara yang lain juga memegang angklung.

Saya coba perhatikan cara dia memegang, tapi malah jadi bingung, sebelah mana yang harus di balik dan bagaimana??? Cowok itu sudah berulang kali mengulang isyarat tangan sampai kemudian temannya mendorong pelan pundak cowok itu ke arah saya. Ia pun membalikkan angklung saya dan mengembalikannya sambil memegangi tangan saya, maksudnya supaya angklung tidak jatuh. Saya terus memperhatikan proses tadi dengan serius. Maksudnya biar tahu dan gak salah lagi, eh, tapi seneng juga waktu tangan saya disentuh..hehe

Perhatian banget nih orang, padahal kenal nama juga belom.

“Getarin pake tangan yang satunya.” ia lanjut berkata.

Alhasil terdengarlah suara, “kruluuuung...” Nah, bener ternyata, sekarang bunyinya lebih baik dibanding trial and error saya tadi. Saya pun tersenyum pada cowok itu, “Makasih ya.”

Haha..lucu! Belum pernah saya main alat musik dari bambu kayak begini.

Di tengah pembicaraan kita dan keasyikan percobaan membunyikan angklung di kelas itu, tiba-tiba terdengar suara seorang wanita yang mengatasi semuanya,

“Baik! Sekarang semua mata tertuju pada tangan saya. Perhatikan angka yang ada di angklung kalian. Saat saya tunjuk suatu angka di papan, maka pemegang angklung dengan angka tersebut harus membunyikannya.”

Saya dan dua orang cowok tadi berdiri agak di belakang, sebuah ruangan kelas yang biasanya kita duduk memandangi buku dan guru mengawasi di depan, kali ini pemandangannya agak berbeda karena kita berdiri sambil memegang dan membunyikan angklung, dengan seorang pelatih di depan sambil menunjuk nada-nada di papan. Kami membunyikan angklung secara bergantian, dan ternyata setelah didengarkan dengan saksama, suara angklung yang kami mainkan adalah melantunkan lagu “Burung Kakak Tua”. Yak, begitulah kira-kira cara tim angklung memainkan lagu. Saya juga baru pertama kali mengetahui dan melakukannya.

Oh ya, pembicaraan dengan dua cowok tadi sebenernya ingin sekali saya coba lanjutkan. Tapi, ternyata gak ada kesempatan. Saya juga sih yang masih agak malu. Hingga akhirnya sesi latihan angklung perdana pun berakhir.

***

(bersambung ke Chapter 2...)
«134

Comments

  • baru pertama belajar nulis.
    maaf kalo garing, cuma berbagi pengalaman pribadi. semoga bermanfaat! :)
  • dilanjutin ya, jangan berenti di tengah jalan
  • whaoo... kayaknya bakal menarik nih! membuat cerita dengan elemen musikal itu nggak sembarang penulis bs melakukannya, krn tentunya hrs benar2 mengerti musik. apalagi musiknya tradisional!

    masa SMA, aksen Sunda, musikal, yg kayak gini nih paduan yg potensial suatu cerita buat disukai. cara nulisnya jg udah enak dibaca. semangat ya! cerita ini hrs jd cerita yg bagus!!!

    salam...
  • chapter pertama aja uda menarik, gmna chapter" berikutnya.. hhahaa ayo lanjut a'..
  • terlalu kaku klo pake ”saya”.. aku kamu aja
  • Pake éke aja..
  • jadi ingat @cskopi: panji+argi+sopi kemana ya akang2?
    belitung 8 yg mana, KPA / CAV?
  • SMA 3 yaaaa??ahahaha....boleh nih,skalian mengenang...wahaha...tapi dapet nilai 10 di SMA 3??ga mungkiiiin....wkwkkwkw....ditunggu selanjutnya
  • ada cerita baru neh,lanjut.
  • Keren kok, setuju ma kata2 bang noel (O̴̴̴̴̯͡ .̮ O̴̴̴̴̯͡)
  • saya jadi inget kang panji, kang argi sama kang sofi deh hehe :D

    Ayo kang arman, diantos lanjutannana.
  • saya jadi inget kang panji, kang argi sama kang sofi deh hehe :D

    Ayo kang arman, diantos lanjutannana.

    wah cerita di sma yg sama nih

  • Hahaha, ternyata tiap taun ada aja yaaa yang 'begini'.. Kalo kemaren-kemaren mah si Kang Panji :P Dulu kan kalo ga salah Kang Panji KPA juga bukan sih?

    Atuh itu kentara banget mottonya euy, jadi semacam kangen sama bangunan tua lantai 2 pojok. Deket WC. (Too much info :P) Btw kayanya ga segitunya ah harus 10. Gw aja pernah dapet nilai -2 (minus 2 hahaha)

    Buat susundaan, gw rasa yang nulis bukan sunda asli deh. Agak kepaksa gitu beberapa percakapannya haha.. IMHO loh, soalnya kalo sunda mah ga gitu-gitu teuing :P
  • Gara2 CSK trio Panji, Sofi & Argi,.... aku ngadain perjalanan khusus dr Makassar ke Bandung .... ngunjungin bbrp setting cerita, Lapangan siliwangi, masjid dkt situ juga, SMA 3 & 5 .... keliling sekitar Jl. Kalimantan, Belitung, .... sampe cari2 rumahnya Sofi & Argi .... payah ga ada petunjuk ...tp lumayan lah sekalian berwisata ke t4 wisata terbaik sekitar Bandung ....


    paling suka ma cerita yg ngangkat nuansa lokal dan asli kedaerahan ....
    TE-O-PE buat author2 hebat ....
  • @Solitude @fansnyaAdele @Clorofil @lain haha..terima kasih, sy gak ahli banget sih, tp mudah2an bisa bermanfaat.

    @dan99ization saya udah coba nulis chap berikutnya pake ‘aku’, tapi malah saya yg ngerasa kaku :( ..duh, maaf ya

    @adinu hoho..ikutin aja ceritanya, ntar juga ketebak kok.

    @mikko iya sih, ga se-lebay itu..haha thanks

    @buzz. Ihiiiy..tau aja si akang, punten sy emg bukan aseli sunda. Numpang sekolaha ajah :)
Sign In or Register to comment.