BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

CERITA PENGALAMAN KAMU MENJADI ATHEIST - AGNOSTIC

edited July 2015 in BoyzRoom
Cerita yuk pengalaman tentang bergesernya keyakinan kamu. Saya yakin di forum ini banyak yang berkontemplasi dan mempertanyakan keyakinan yang didoktrinkan orangtua dan lingkungan sejak kita masih kecil dulu.

Berbicara tentang atheism, pasti akan bersinggungan dengan masalah agama. Semua agama. Jadi saya harap temen-temen bisa bijaksana dengan tidak terburu menyimpulkan bahwa thread ini bermuatan sentimen SARA.

Meragukan hingga akhirnya memilih untuk tidak percaya, merupakan pengalaman yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Setidaknya itu yang saya dan teman2 atheist-agnostic lainnya alami. Menceritakan, berkumpul dan berbagi pada thread ini merupakan hak kita sebagai manusia untuk mendapatkan kebebasan bersuara dan berserikat. So, jangan panik dulu ya

Thread ini juga sangat terbuka untuk kalian yang mengidentifikasi diri sebagai spiritualist, deist, even theist. So, i don't exclude other people ;)
«1345

Comments

  • hmmm
    topiknya berat
  • serasa di DC
  • Ah saya pernah meragukan agama saya. Bukan cuma gara gara being a gay doang sih. Banyak hal lain yang meragukan di dalam agama. Tapi kebiasaan dan kewajiban yang saya lakukan di agama saya sudah sangat tertanam sangat dalam di jiwa saya. entahlah rasanya masih saja butuh buat ibadah gitu.

    Oh iya saya cenderung memandang rendah atheist yang gak beragama karena cuma gak suka dengan rutinitas beragama nya. Tapi dirinya masih aja percaya takhayul atau hal hal lain yang tanpa dasar ilmiah macam astrology atau apalah itu.
  • sedari tadi gw ngetik komen
    tapi klo dibahas panjang bgt
    malah jadi sangat kompleks.

    trus gw hapus deh.

    gw males ngungkapin ampe berbusa2
    tapi ga dapet benefit secara nyata
    dari hasil berdialog disini.

    lo duluan deh yg bikin statement/pemikiran
    klo sempet ntar gw lanjut jawab
    dari sudut pandang gw
  • gw islam tapi puasa enggak, bukan karna gk bisa tapi karna kurang iman. padahal seharian gak majan, males makan males puasa juga.

    bicara iman agak susah, kadang kita percaya tapi males ngejalanin.

  • muda kurang butuh tuhan, tuhan udah tua(?) gak asik, diajak nongkrong bareng ada aja alasanya, tuhan smsan gue pake line, tuhan pake wasap gue kirim text cuma centang biru, kan agak capek #lah
  • fansya banyak kali ya, hiks
  • Saya muslim sejak lahir dan saya pernah mempertimbangkan untuk murtad dan saya kembali lagi kepada Islam. Alhamdulillah saya masih percaya bahwa Allah Subhanahuwata'ala adalah TUHAN sebenarnya. Tetapi saya berminat mempelajari agama lain secara otodidak sebagai sebuah subjek ilmu pengetahuan untuk menambah dan memperluas pengetahuan dan wawasan yang saya miliki.
  • Saya muslim sejak lahir dan saya pernah mempertimbangkan untuk murtad dan saya kembali lagi kepada Islam. Alhamdulillah saya masih percaya bahwa Allah Subhanahuwata'ala adalah TUHAN sebenarnya. Tetapi saya berminat mempelajari agama lain secara otodidak sebagai sebuah subjek ilmu pengetahuan untuk menambah dan memperluas pengetahuan dan wawasan yang saya miliki.
  • operaGUN wrote: »
    serasa di DC

    Debate club? Anak sana jg tong? :))
  • sekalipun aku kurang banget dalam kegiatan beragama, tapi entah kenapa ada sesuatu yang menahanku pada agama ini. sekalipun sampai saat ini belum bisa terima sama beberapa ketentuan Tuhan yang cenderung narsis dan tidak masuk akal
  • itu karna "doktrin" dari kecil diajarin gitu, jadinya ya percaya aja, padahal gk sreg dg bbrp aturan agama tsb.
  • alhmdlah akan selalu islam,gak ada pikiran macem2
  • edited July 2015
    untuk yg kga percaya tuhan gw tanya dong..
    kalo kalian dalam kesusahan atau dlm titik terendah dalam hidup lu, hati kecil lu berkata apa?
Sign In or Register to comment.