BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

[konsul] kesulitan komunikasi saat durasi lama

salut,

sy mengalami kesulitan dlm memahami pesan jika disampaikan terlalu lama, terutama saat sdg perkuliahan. 1jam pertama saya msh bisa paham apa yg dijelaskan. tp stlh itu sy tdk bs menangkap pesan walau kalimat itu msh bs didengar hingga 30 menit kelas akan berakhir sy tidak mampu mendengar kalimat dgn jelas.

saya sdh coba merekam penjelasan dosen untuk dipelajari kembali di rumah, namun saat mendengarkan ulang sy slalu tertidur.

Adakah teman yg pernah mengalaminya? bagaimana solusinya?

Comments

  • Boleh tahu nggak, kuliahnya pake bhs indo ato bhs inggris, trus sehari2 km kl komunikasi pake bhs apa ? Dan seberapa sering km menggunakan bhs yg digunakan untuk pengantar kuliahmu itu ?
  • Kl dr postingan anda yg ada di group international, kemungkinan besar bukan bhs indo. Cmiiw.

    Aku jg pernah ngalamin itu, waktu pertama kali kuliah di luar dgn pengantar inggris. Maksimal 30mnt, lbh dr itu, udah blur, walopun cb kobsentrasi penuh, cb rekam pun jg gak trll beda. Malah ketiduran jg.
  • bhs perancis dan br bljar 4bln sblm berangkat. sering bgt 10jam x 5hr aktifitas di kampus.

    klo skedar percakapan sehari2 msh ok, walau kadang terselip kalimat bhs inggris dan meminta partner berbicara agak lambat. masalahnya muncul saat sdg diskusi panjang/kerja kelompok/kuliah.
  • lelah mentranslasikan bahasa asing ke bahasa ibu. itu penyakit biasa.

    untuk menguranginya, cobalah berpikir langsung dalan bahasa asing, bukan bahasa ibu. dengan demikian lama2 kita tidak perlu ada proses translasi bahasa di dalam otak kita.
Sign In or Register to comment.