BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Hari ini, kontribusi apa yg udah km lakukan u/ diri sendiri yg manfaatnya bs dirasa oleh org lain?

edited October 2014 in BoyzRoom
Dunia ini udah penuh dengan hal yang negative karena sifat dasar manusia itu sendiri: ego. Sayangnya, dengan hadirnya media sosial dan harga alat komunikasi yang semakin terjangkau tidak serta merta diiringi oleh perbaikan kelakuan pengguna jejaring sosial. Ya, sebelum media sosial hadir, standar perilaku terlihat begitu terkendali karena sifat dasar ego dapat ditekan sedemikian rupa. Sanksi sosial dan/atau teguran dapat segera dikenakan untuk meminimalisir perilaku egois yang memang seringkali menghambat dinamisme kehidupan bermasyarakat.

Media sosial dan biaya komunikasi yang semakin terjangkau ini merubah banyak hal, terutama pada penampakan ego yang semakin kentara. Kendali dalam berperilaku terlihat melonggar karena pembenaran terhadap kelakuan yang tidak sesuai norma lebih dipermudah untuk mendapatkan dukungan, terutama dari mereka yang memiliki pengalaman minim dalam berinteraksi sosial. Mereka merasa keakraban yang selama ini telah mereka jalin dalam kelompok kecil mereka sendiri dan kebiasaan yang selama ini tidak sejalan dengan standar norma untuk bergaul itu adalah sebuah ijin untuk memperlakukan orang yang mereka belum kenal diluar standar norma pergaulan itu tadi.

Menunjukkan ego adalah hal yang manusiawi, tapi yang membedakan manusia beradab dengan yang primitif adalah kemampuan pada mengendalikan ego tersebut. Lapak ini saya coba hadirkan untuk membuat kita lebih peduli dengan sekitar kita ditengah gempuran-gempuran komentar & opini egois di sosial media dan bahan candaan yang memanfaatkan kekurangan orang lain. Di lapak ini juga kita bisa belajar menghargai hal kecil yang sering dianggap sepele (entah oleh diri sendiri ataupun orang lain) karena kadang kita dicekoki dengan pengharapan muluk dan pragmatis.

Untuk menjaga agar lapak ini tetap sehat dan bebas dari komentar sumbang, yang ingin berkontribusi dimohon untuk tidak menghina tulisan anggota forum lain. Pastikan komentar yang ditulis sudah dipikirkan dengan matang sebelum menggulirkan kursor panah ke tombol 'send' dan akhirnya menekan tombol tersebut. Penulis bertanggungjawab penuh atas opini yang sudah ditulis. Artinya, bila ada anggota lain yang tersinggung atau tidak suka dengan opini yang telah terkirim, segeralah tulis pernyataan maaf. Hindari penggunaan kata 'becanda' untuk meresponse pernyataan ketidaksukaan atas sebuah opini.

Contoh:
kontribusi anggota: tadi menjenguk temen yang lagi sakit.
dikomentari negative: bo'ong lo ...
anggota yang berkontribusi: tau dari mana gue bo'ong?
penulis komentar negative: hehe, becanda.

Norak dan basi kan gaya becanda kayak gitu ...

Aturan, himbauan dan contoh kasus sudah dijabarkan. Mari berkontribusi hal baik di lapak ini, semoga hal baik tersebut bisa menjadi inspirasi untuk anggota lain :)
«13

Comments

Sign In or Register to comment.