BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Selamat datang di situs Boyzforum yang diarsipkan oleh Queer Indonesia Archive. Forum untuk komunitas gay Indonesia yang populer ini didirikan pada tahun 2003, dan ditutup pada tanggal 15 Desember 2020.

Forum ini diabadikan untuk kepentingan sejarah. Tidak akan ada konten baru di forum ini. Silakan menikmati forum ini sebagai potongan dari sejarah queer Indonesia.

Cerita Secangkir Kopi (Wayang Golek page 90)

1444546474850»

Comments

  • @parkhyujin eta pisan itu apa ya? Maaf saya bukan orang Sunda..
  • RaraSopi wrote: »
    @parkhyujin eta pisan itu apa ya? Maaf saya bukan orang Sunda..

    Kalo yg gw si itu maksudnya setuju.
    Tapi kalo mau di artikan secara terpisah
    Eta : itu
    Pisan : (ini si kalo menurut gw kata penghubung cmiiw) banget
  • 22.00 pm



    kita semua (beneran semua anak2 termasuk mas arya) udah menguap-nguap dari tadi. habisnya ngantuk banget nungguin bajidoran. sofi keukeuh ngajakin kita semua.

    akhirnya kita nurut deh. cuma berhubung bajidoran itu acara paling akhir jadinya kita terpakasa nunggu acara yang sebelumnya deh. padahal mata teh udah sepet semua, plus banyak nyamuk banget nih diluar.

    jreng jreng jreng....akhirnya...mc pun naik ke atas panggung, dan memanggil beberapa anggota pemain alat musik (nayaga), kemudian memanggil sinden, yang ternyata ada 3 orang.

    dan waktu mc nya manggil ronggeng (penari) nya, penonton langsung pada heboh deh. hahaha. maklum,ronggeng nya bahenol bo! udah mah bajunya teh bikin ngacay (ngiler) deh. produk subang tea. hahaha.

    setelah semuanya dipanggil...ronggeng2 tersebut (ada sekitar 3 orang juga) duduk dengan manis, kemudian sinden mulai menyampaikan salam pembuka dalam bahasa sunda, ya biasalah sejenis basa-basi/pantun. saat sinden membuka dengan salam, penonton pun langsung riuh...dan mulai ramai oleh suara tepuk tangan.

    penonton yang tadinya daruduk (duduk) langsung pada berdiri semua..walaupun belum mendekat ke arah panggung, jadi masih mengambil jarak dari panggung. kemudian sinden pun mengangkat tangan nya, pertanda akan menyanyikan lagu pembuka, yaitu lagu 'kembang gadung'.

    buat yang tidak tahu, kembang gadung adalah lagu wajib ketika ada upacara adat dalam tradisi sunda, bisa juga ketika seorang dalang akan mendalang, wajib untuk membuka dengan lagu kembang gadung, begitu pula acara bajidoran ini.

    jadi semacam lagu salam pembuka untuk meminta restu kepada leluhur, karena katanya kalau tidak membuka dengan lagu ini, acaranya pasti tidak direstui atau pasti ada saja gangguan nya.

    saat sinden menyanyikan kembang gadung, penonton yang semula riuh langsung terdiam. klo jaman dulu, biasanya klo ada yang berani ribut ketika lagu ini dinyanyikan, biasanya akan cilaka (celaka).

    setelah lagu kembang gadung selesai dinyanyikan, kemudian para penari ronggeng pun berdiri, melakukan tarian salam/pembuka kepada penonton.

    beberapa penonton pun mulai berjoget...tetapi tiba-tiba para penari ronggeng kembali duduk. ternyata itu adalah taktik, karena sinden langsung menyanyikan lagu pemanggil kepada penonton agar penonton rela untuk 'nyawer'.

    Dan akhirnya setelah di'balakan' (ada yang nyawer) oleh beberapa orang, penari ronggeng itu kembali menari dan akhirnya semua penonton pun menyerbu ke dekat panggung...dan langsung mengalir alunan dan dentuman suara kendang yang berirama. bagi yang pernah mendengar musik jaipong, pasti tau irama kendang yang sangat sangat bersemangat itu...

    awalnya kita masih bingung mau menari seperti apa, tapi lama kelamaan setelah mendengar dentuman suara kendang, kita pun langsung bersemangat dan ikut-ikutan joged dengan liar. hahaha.


    bajidoran3.jpg

    bajidoran2.jpg


    asli, lagunya (buat orang sunda) bikin kita jadi semangat, dan bikin kita pengen joget terus. mas arya, yang awalnya jaim dan kurang mengerti masalah joged (maklum karena mas arya berdarah jawa, bukan asli sunda) akhirnya ikut-ikutan nyawer ronggeng nya...dan waktu kita sawer, sang ronggeng pasti langsung menari dengan semangat.

    karena penasaran, akhirnya kami semua mencoba ikut-ikutan nyawer...walaupun cuma dengan uang sepuluh ribuan. dan ternyata...NIKMAT banget. temen-temen cewe yang sudah biasa dugem,
    yang tadinya enggan ikut-ikutan bajidoran karena merasa gengsi, akhirnya menyerah juga. mereka ketagihan! kita joged saling berhadap-hadapan, laki-laki dan perempuan, tapi sekali-sekali gw nyolong kesempatan supaya bisa joged bareng sofi. hehe...

    ngga terasa, bajidoran berlangsung selama 2 jam! karena saking keenakan joged, kita sampe lupa waktu. itupun sinden nya yang berkata bahwa ini adalah 2 lagu terakhir yang mereka nyanyikan yaitu 'sinden beken' dan 'gandrung'. ternyata, tambah malam, yang joged justru tambah banyak. kebanyakan justru yang joged disini adalah wisatawan asing yang kebetulan sedang menginap di lido. banyak banget bule yang ikut-ikutan nari dan mereka juga nampak keasyikan.

    buat yang belum pernah nyoba (terutama orang sunda), wajib deh nyoba bajidoran, dijamin nagih! dugem2 doang sih lewaaaat......





    buat yang mau (yang mau aja ini mah...) ini sy juga upload lagu2 theme song bajidoran tea. yang ngga suka..jangan nyela yee..... :P

    http://www.4shared.com/file/131557041/fdf76bec/ijah_hadijah_-_gandrung.html
    http://www.4shared.com/file/131558561/9169dbd3/ijah_hadijah_-_kembang_gadung.html
    http://www.4shared.com/file/131555522/9e6697b0/ijah_hadijah_-_sinden_beken.html
    http://www.4shared.com/file/131573172/bbb3c795/upit_sarimanah_-_bajing_luncat.html

    Nandaan heula, :blush:
  • ada yang upload di wattpad tapi gak ada kredit buat boyzforum, jadi sedih. :( please siapa pun yang ada di sana kasih kredit ke boyzforum. tak ada boyzforum belum tentu cerita itu ada.
  • Dulu jaman masih seragam dakian seneng banget ngikutin ini cerita. Ga kepikiran bakal tau bahasa sunda dan tinggal di Bandung. Sekarang malah udah 5 tahun di Bandung dan apal teuing jeung tempat2 na lol. Hayang neangan kisah siga Sofi argi tapi mustahil pisan mun ayeuna wkwk
  • Huuu. Cerita melegenda :cry:
  • edited August 2016
    Bang hajji suka cerita ini, dari pada cerita lain yang ecek-ecek yang tidak berkualitas
  • Komen dung, di page berapa ya yang ada cerpen yang dibuat ama Sofi di cerita ini.. plzzzzz kasih tau yaa
  • Kangen arga sofi panji
  • Saking sukanya sama CSK, ane ampe bela-belain tahun kemaren ngambil praktek ngajar disalah satu SMA di belitung 8 selama 4 bulan (ppl), pas awal masuk gedung sekolahnya langsung lah nostalgia ngebayangin Argi lagi ngambilin daun kering sama sofi di lapang bali, ngebayangin argi yang mabal di mushala, atau the trio lagi makan di kantin panji (ada dua kantin di satu gedung) bahkan pas ngajar pun ane suka ngejodoh-jodohin siswa yang karakternya mirip mereka hihi
  • cwatfish wrote: »
    the trio lagi makan di kantin panji (ada dua kantin di satu gedung)

    haaa ? itu yang bagian mana ? please kasih tauk mau baca
    gw soalnya ngacak kalo baca cerita ini :(
  • argi ma sopi maropi haha pas pisan jeung karakterna

    ituu beneran mereka bukan sih?
  • sudah 10 tahun!

    Ditulis 2009...

  • I find no other story with influence to its readers' soul so huge like this. Greatest ever written. A story that inspired Tulus' first album and Dilan series.

  • cerita jaman2 smp..dari dulu pengen kenalan sama mereka..tapi belum kecapaian sampe kuliah sekarang..dan perasaan itu tetep masih ada..kalau ada yang tau mereka atau akun sosmed nya..kasih tau dong siapa orang nya wkwkwk,penasaran..walaupun sekarang udah bapa2 mereka kayanya wkwkwk
Sign In or Register to comment.